10 Cara Unik Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Saat Melahirkan Normal

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Cara Unik Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Saat Melahirkan Normal

By sqback @sxc.hu

Membayangkan sakitnya melahirkan normal memang ngeri rasanya. Tapi, melahirkan secara alami tentu memiliki banyak kelebihan dibandingkan seksio sesaria. Salah satunya adalah paru-paru janin dapat berkembang sehingga mempermudah proses penutupan foramen oval. Meski demikian, sebagian ibu hamil takut untuk melahirkan pervaginam.

Apakah Anda juga merasakannya? Jika “ya”, maka Anda wajib membaca artikel berikut ini. Rasa sakit saat melahirkan bisa diminimalkan dengan beberapa teknik distraksi relaksasi. Teknik ini memang tidak sepenuhnya menghilangkan rasa sakit, namun cukup ampuh mengurangi nyeri saat kontraksi.

  1. Mengelus punggung. Mengelus punggung, utamanya di daerah tulang panggul dapat mengalihkan saraf saraf perut sebagai sumber rasa nyeri. Sebagian ibu merasa nyaman jika dielus punggungnya, terutama saat kontraksi.
  2. Mengambil nafas panjang. Teknik relaksasi ini dilakukan dengan mengambil nafas panjang melalui hidung, kemudian melepasnya perlahan lewat mulut. Teknik ini terbukti mampu mengurangi nyeri dan mencegah ibu mengejan sebelum waktunya. Selain itu, oksigen yang masuk sangat diperlukan untuk pernafasan intrasel.
  3. Mendengarkan musik klasik. Alunan nada musik klasik bersifat menenangkan. Efek menenangkan yang berasal dari saraf pendengaran diduga mampu mengurangi rasa nyeri.
  4. Aromaterapi. Bau wangi ruangan akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kenyamanan ini bagi sebagian ibu dapat menurunkan intensitas rasa nyeri pada saat melahirkan normal.
  5. Tidur miring kiri. Posisi ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigen. Berbeda dengan posisi telentang yang menekan otot punggung, pada posisi miring sedikit otot yang tertekan sehingga rasa nyeri berkurang.
  6. Main gadget. Bagi ibu yang maniak gadget dapat menggunakan cara ini untuk mengalihkan perhatian saat melahirkan. Gadget laksana candu tersendiri yang mampu menyedot perhatian. Cobalah cara ini untuk mengurangi nyeri persalinan dengan cara main game, chatting, dll.
  7. Mengobrol. Berbicara dengan teman lama di handphone diduga mampu mengurangi rasa nyeri saat melahirkan normal. Mengapa? Karena saraf otak akan berbagi fokus antara rasa nyeri dengan tema pembicaraan yang menarik.
  8. Hipnotis. Ibu-ibu yang tidak tahan dengan nyeri persalinan mungkin bisa dihipnotis. Dalam dunia medis, cara ini dikenal dengan sebutan hipnobirting. Persis seperti hipnotis yang dilakukan aktor uya kuya, ibu akan dibawa ke alam bawah sadar sehingga melahirkan dengan hipnotis bisa menghilangkan rasa sakit.
  9. Kompres hangat. Nah, salah satu cara unik untuk menghilangkan nyeri persalinan adalah dengan mengompres punggung ibu dengan air hangat. Air hangat dapat mengurangi ketegangan otot sehingga daerah nyeri berkurang. Hindari mengompres hangat di perut ibu karena dapat menghambat kontraksi yang dibutuhkan untuk melahirkan normal.
  10. Berendam. Air memiliki gelombang yang dapat mempengaruhi sel saraf manusia. Berendam di air sebelum melahirkan dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri saat persalinan. Apalagi, bila air yang digunakan adalah air hangat.

Sepuluh cara unik untuk mengurangi nyeri persalinan di atas dapat Anda coba. Tentu, cara tersebut hanya bermanfaat bagi ibu yang melahirkan normal saja. Bagi ibu yang melahirkan dengan cara seksio sesaria tidak memerlukan cara di atas, tapi cara untuk mengurangi rasa nyeri pasca persalinan. Semoga bermanfaat.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Kehamilan Trisemester 2 #Mengurangi Sakit Saat Melahirkan #Mengurangi Sakit Saat Persalinan #Nyeri Saat Melahirkan #Page

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "10 Cara Unik Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Saat Melahirkan Normal"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.