10 Mitos Ibu Hamil yang Membahayakan

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
10 Mitos Ibu Hamil Yang Membahayakan

By chamomile @morguefile.com

Kita seringkali menemui mitos-mitos seputar kehamilan. Beberapa mitos ibu hamil seperti tidak boleh melilitkan handuk di leher, tidak boleh duduk di depan pintu, dan ibu yang bersolek akan melahirkan bayi perempuan tidaklah membahayakan.

Namun, ada beberapa mitos yang membahayakan kesehatan dan kehamilan jika dijalankan. Berikut ini mitos-mitos kehamilan yang membahayakan yang harus Anda tolak.

1.  Minum Jamu Agar Sehat

Fakta: Tanaman herbal tradisional memang mengandung zat-zat yang bermanfaat, namun belum diketahui dosis pastinya dalam sebuah minuman. Jika Anda ingin mengonsumsinya, pastikan dulu bahwa kandungan di dalamnya tidak membahayakan kehamilan. Beberapa sumber mengatakan bahwa jamu tradisional membuat ketuban menjadi keruh.

2.  Makanan Berwarna Gelap Membuat Kulit Bayi Menjadi Gelap

Fakta: Warna kulit lebih bersifat genetik atau diturunkan. Makanan berwarna gelap seperti daging sangat diperlukan karena mengandung protein. Protein berfungsi membentuk sel baru dan mengganti sel yang telah rusak. Selain itu, protein juga mendukung kecerdasan bayi Anda.

3.  Makan Bayam Membuat Kulit Cenderung Lebih Gelap

Fakta: Bayam adalah sayuran tinggi zat besi. Zan besi adalah komponen pembentuk hemoglobin. Pada saat kehamilan menginjak 12 minggu terjadi pengenceran darah sehingga ibu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia. Buang jauh mitos ibu hamil yang satu ini karena sangat merugikan.

4.  Daging dan Ikan Setengah Matang Membuat Ibu Hamil Sehat dan Kuat

Fakta: Daging dan ikan mentah kemungkinan besar masih mengandung kuman seperti toksoplashmosis, streptococcus, dan cacing pita. Jika Anda mengonsumsinya, maka Anda akan mudah terserang penyakit yang disebabkan kuman-kuman tersebut. Selain itu, daya tahan tubuh ibu hamil cenderung menurun sehingga kuman mudah sekali menyerang.

5.  Mengonsumsi Jeruk Membuat Bayi Menjadi Kuning dan Berlendir

Fakta: Warna kulit bayi tergantung pada pigmen yang diturunkan dari orangtuanya. Pigmen ini tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan seperti jeruk. Justru konsumsi jeruk akan meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung asam askorbat yang merupakan antioksidan terbaik.

6.  Minum Air Rendaman Rumput Fatimah Agar Mudah Melahirkan

Fakta: Rumput fatimah mengandung oksitosin, yaitu hormon yang menyebabkan kontraksi. Kontraksi pada ibu yang akan melahirkan terjadi secara alami sesuai dengan penurunan kepala dan pembukaan mulut rahim. Merangsang kontraksi sebelum adanya pembukaan akan berakibat fatal seperti robekan dinding rahim, perdarah, dan stres janin. Sebaiknya hindari mitos kehamilan ini.

7.  Menyimpan Benda Tajam di Saku Agar Tidak Diganggu Makhluk Halus

Fakta: Mitos ibu hamil ini tidak dapat dibenarkan. Lebih baik berdoa atau beribadah jika ingin bebas dari gangguan apapun. Menyimpan benda tajam seperti silet, gunting, dan paku di saku dapat melukai diri Anda. Apalagi jika benda tersebut berkarat, maka Anda kemungkinan akan terjangkit virus tetanus.

8.  Jika Menginginkan Bayi Cerdas Sering-seringlah Berhubungan Intim

Fakta: Mitos ibu hamil tersebut tidak mempengaruhi kecerdasan janin. Terlalu sering berhubungan intim justru membuat ibu menjadi lelah. Goncangan yang mungkin terjadi saat berhubungan dapat menyebabkan keguguran. Namun, bukan berarti tidak boleh berhubungan. Boleh saja, asal tetap pada porsinya.

9.  Penggunaan Sabuk Pengaman Akan Membuat Bayi Cidera

Fakta: Tujuan mengenakan sabuk pengaman adalah agar Anda tidak terpental saat terjadi kecelakaan. Sabuk pengaman yang dipasang secara benar tidak akan membuat bayi cidera, justru melindunginya dari benturan jika mobil mendadakan direm. Jadi, tetap gunakan sabuk pengaman Anda saat bepergian jauh maupun dekat.

10.  Tidak Boleh Tidur Siang Agar Air Ketuban Tidak Terlalu Banyak

Fakta: Ibu hamil perlu banyak istirahat, termasuk pada siang hari untuk menghindari kelelahan yang menyebabkan keguguran. Banyak tidaknya air ketuban tidak dipengaruhi oleh tidur siang. Faktor predisposisi kelebihan air ketuban adalah penyakit jantung, nefritis, edema umum, dan anomali kongenital.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan #Page #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "10 Mitos Ibu Hamil yang Membahayakan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.