10 Tanda Dasar Ibu Hamil Sehat

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
10 Tanda Dasar Ibu Hamil Sehat

By drummerboy @morguefile.com

Hamil sehat adalah kondisi fisiologis ibu dan janin dalam batas normal dan tidak terjadi penyulit dalam bentuk apapun. Kehamilan sehat dapat dilihat dari tanda-tandanya saat dilakukan pemeriksaan. Ibu hamil sehat akan mengandung bayi yang sehat pula. Oleh karena itu, ibu harus selalu mengontrol kesehatannya.

Tekanan Darah

Pemeriksaan tekanan darah harus selalu dilakukan saat antenatal care. Tekanan darah ibu hamil yang normal adalah sistol antara 100-140 mmHg, sedangkan diastol tidak lebih dari 90 mmHg. Kenaikan siatol sekitar 30 mmHg dan diastol sekitar 15 mmHg. Perubahan tekanan darah yang signifikan menunjukkan gejala penyakit tertentu yang harus segera diobati.

Denyut Jantung

Nadi atau denyut jantung ibu hamil yang sehat adalah 80-100 kali permenit. Frekuensi nadi yang lebih dari 120 kali permenit menandakan adanya kelainan seperti dehidrasi, perdarahan, atau kurang nutrisi. Frekuensi nadi ini berbanding terbalik dengan tekanan darah; saat tekanan darah naik denyut nadi menurun, sedangkan saat tekanan darah menurun nadi akan meningkat.

Suhu Tubuh

Ibu hamil sehat memiliki suhu tubuh antara 36-37,50C. Suhu tubuh lebih dari 37,50C dikatakan demam yang merupakan manifestasi dari infeksi kehamilan. Demam juga merupakan tanda dehidrasi atau kurang cairan. Oleh karena itu, perhatikan selalu suhu tubuh Anda dan mintalah petugas untuk memeriksanya.

Berat Badan

Penambahan berat badan ibu hamil sehat adalah 0,5 kg tiap minggu, atau sekitar 12 kg selama masa kehamilan. Peningkatan berat badan ini merupakan indikator pertumbuhan bayi. Jika penambahan berat badan jauh di bawah normal kemungkinan bayi Anda akan lahir dengan berat badan rendah yang berisiko terjadi hipotermi dan hipoglikemia.

Bebas Benjolan

Salah satu tanda hamil sehat adalah tidak adanya benjolan abnormalitas. Benjolan yang tidak semestinya dicurigai sebagai kanker atau tumor. Bila benjolan terjadi di leher kemungkinan ada bendungan vena jugularis atau pembengkakan kelenjar tiroid yang menandakan ibu kekurangan yodium.

Pembesaran Perut Sesuai Usia Kehamilan

Tinggi fundus uteri harus sesuai dengan usia kehamilan. Mengapa? Pembesaran perut merupakan indikasi lain kehamilan sehat dan pertumbuhan janin yang baik. TFU kurang dari normal menandakan pertumbuhan yang buruk, sedangkan jika lebih dari normal dikhawatirkan bayi besar sehingga ibu harus di seksio.

Denyut Jantung Janin

Denyut jantung janin yang normal antara 120-160 kali permenit. Denyut jantung janin harus teratur yang dihitung setiap 5 detik sebanyak tiga kali. Denyut jantung iregular dengan frekuensi abnormal menandakan bahaya fetal distres. Harus segera dicari penyebabnya agar tidak terjadi kematian dalam rahim.

Kadar Hb lebih dari 11 gr%

Kadar Hb kurang dari normal menunjukkan adanya anemia kehamilan yang menyebabkan perdarahan saat persalinan. Kurang darah juga bisa menyebabkan ibu sering pusing, lemah, lesu, dan menghambat tumbuh kembang janin. Ibu hamil sehat harus memiliki kadar Hb lebih dari 11 gr%.

Protein Urine dan Glukosa Urin Negatif

Pemeriksaan protein urin perlu dilakukan untuk memastikan ibu tidak menderita preeklampsi atau keracunan kehamilan. Biasanya protein urin positif diikuti dengan gejala lain seperti hipertensi dan oedema. Keracunan kehamilan muncul pada trimester 2 dan 3 kehamilan, jadi ibu perlu cek protein urine secara berkala. Protein urin negatif menandakan hamil sehat.

Pemeriksaan glukosa darah bertujuan untuk skrining diabetes. Glukosa darah positif berarti ada masalah kehamilan yang membuat seorang ibu perlu diperiksa lebih lanjut tingkat keparahan diabetesnya. Pemberian insulin mungkin perlu dipertimbangkan. Ibu hamil dengan diabetes beresiko melahirkan bayi besar dengan hipoglikemia.

Posisi Kepala di Bawah

Pada usia kehamilan 36 minggu seharusnya posisi kepala bayi sudah berada di bawah dan masuk panggul. Persalinan sudah semakin dekat sehingga bagian bawah bayi mulai mencari jalan lahir. Posisi bokong di bawah atau sungsang menjadi indikasi operasi sesar. Posisi kepala di bawah namun belum masuk panggul juga perlu diwaspadai karena bisa jadi ada CPD (Cephalo Pelvis Disproporsi) yang menghambat persalinan normal.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Page

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "10 Tanda Dasar Ibu Hamil Sehat"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.