11 TIPS MEMANDIKAN BAYI BARU LAHIR YANG BENAR & MUDAH | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

11 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Benar dan Mudah

11 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang BenarMemandikan bayi merupakan aktifitas rutin yang akan dilakukan oleh ibu setiap pagi dan sore hari. Selain bertujuan untuk membersihkan tubuhnya, memandikan bayi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh si kecil dengan adanya usapan (seperti memijat lembut). Memandikan bayi untuk ibu-ibu muda yang baru melahirkan anak pertama, tentu bukanlah sesuatu yang mudah, khususnya saat memandikan bayi yang baru lahir.

Banyak ibu muda yang mengaku masih bingung bagaimana prosedur atau cara memandikan bayi baru lahir yang benar dan Mudah. Karena masih takut atau belum tahu caranya, akhirnya tak jarang aktifitas ini minta digantikan dengan orang lain, entah itu baby sitter atau orang tua. Supaya setelah bayi Anda lahir nanti, Anda bisa langsung memandikan bayi baru lahir sendiri, berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan.

  1. Memandikan bayi baru lahir tidak harus dilakukan di bak mandi, mengingat leher bayi belum kuat. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan permukaan datar seperti tempat tidur yang diberi alas perlak dan handuk.
  2. Jika sudah siap menggunakan bak mandi, gunakan penyangga tubuh bayi agar tidak mudah tergelincir.
  3. Usahakan ruangan hangat dan tanpa menyalakan penyejuk udara/kipas agar bayi tidak kedinginan saat dimandikan.
  4. Siapkan semua perlengkapan bayi, seperti: handuk, waslap lembut, sabun, sampo, minyak telon, baju ganti/popok, bedak, dan sebagainya.
  5. Siapkan air hangat dalam wadah, lalu letakkan wadah air tersebut pada posisi yang tepat dan aman untuk bayi.
  6. Sebelum mulai memandikan bayi, pastikan bayi Anda sudah dalam kondisi kenyang dan tidak mengantuk. Ini dilakukan dengan tujuan supaya bayi Anda tidak rewel atau menangis ketika dimandikan.
  7. Jika semua sudah lengkap, lepaskan seluruh pakaian bayi untuk mulai memandikannya.
  8. Dengan menggunakan waslap, mulailah membersihkan tubuh bayi dari atas, mulai dari mata, hidung, telinga, wajah, kepala, hingga ke seluruh tubuh bagian bawah. Agar lebih mudah, saat membersihkan bagian wajah, Anda bisa melakukannya terlebih dahulu di atas permukaan datar, setelah itu baru diletakkan di bak mandi untuk membersihkan bagian tubuh yang lain.
  9. Jika rambut bayi ingin dikeramas atau dicuci, letakkan kepala dan bahu bayi pada lengan sambil memegang lengan bayi di bawah ketiaknya. Lakukan dengan hati-hati agar air sampo tidak masuk ke mata.
  10. Bilas air sabun yang masih menempel pada seluruh tubuh sampai bersih.
  11. Angkat bayi dari bak mandi, lalu segera keringkan dengan handuk. Setelah itu, Anda bisa memberi minyak telon, bedak, lalu pakaikan pakaian ganti sesegera mungkin.

Selain langkah-langkah di atas, untuk mencegah bayi menangis atau rewel saat dimandikan, nyanyikan lagu untuknya atau ajak anak bayi Anda mengobrol sesuatu. Semoga 11 tips memandikan bayi baru lahir yang benar di atas bisa membuat Anda siap dan berani memandikan bayi sendiri. Dan sebagai gambaran Anda dapat menyaksikan video cara memandikan bayi ini.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

One Comments

  1. Ikut menyimak artikelnya Gan :-)

    Terimakasih sudah berbagi..

    Salam,

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Cari Cepat Artikel via Google

    Social Media & Video

    Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
    Kebun Emas 300 x 250
    Belajar Bahasa Inggris Cepat

    Categories