12 TIPS MENGATASI MUAL MUNTAH HAMIL MUDA (MORNING SICKNESS) | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

12 Cara Mengatasi Mual dan Muntah (Morning Sickness) Saat Hamil Muda

Morning sickness adalah salah satu gangguan kehamilan yang umum dialami oleh hampir sebagian besar ibu hamil yang biasanya ditandai dengan rasa ingin muntah dan mual saat hamil muda. Lama masa morning sicknes setiap wanita hamil berbeda-beda. Ada yang hanya pada minggu pertama kehamilan saja, 2 bulan, dan bahkan hingga 4 bulan lamanya. Tingkat keparahan morning sickness ini pun bervariasi, ada yang masih bisa makan seperti biasa, tetapi ada pula yang susah “masuk” sama sekali.

Jika sudah parah, dampaknya bisa meluas ke mana-mana, mulai dari enggan mandi, ingin berbaring terus, hilang semangat, malas beraktivitas, kepala pusing, dan lain sebagainya. Sehingga tak jarang beberapa wanita harus dirawat di rumah sakit untuk dilakukan perawatan intensif agar tidak merembet ke janin bayi. Meskipun gangguan kehamilan ini disebut morning sickness, namun gejalanya tidak selalu muncul pada pagi hari. Pasalnya, sejumlah wanita ada yang mengalami pada siang, sore, atau malam hari.

Gangguan kehamilan yang satu ini memang tidak bisa dihilangkan begitu saja, mengingat adanya peningkatan kadar Hormon Chorinic Gonadotropin (HCG) di mana itu biasa terjadi pada ibu hamil. Jika kadar hormonnya sudah kembali normal, maka gejala ingin muntah dan mual saat hamil muda akan hilang dengan sendirinya tanpa diobati.

Meskipun demikian, bukan berarti gejala morning sicknes tidak bisa kita minimalisir. Ada beberapa cara mengatasi mual dan muntah ibu hamil yang bisa kita lakukan sendiri di rumah, di antaranya sebagai berikut:

  1. Jika susah makan, makanlah sedikit demi sedikit tetapi sering.
  2. Untuk mengurangi rasa mual, perbanyaklah makanan yang mengandung karbohidrat, seperti: kentang, biskuit, roti, ubi-ubian, singkong, dan sebagainya.
  3. Agar nafsu makan bertambah, makanlah sayuran yang berkuah hangat, seperti sup atau sayur bening (daun ubi, daun bayam, daun katuk, dll).
  4. Makanlah makanan yang mengandung vitamin B6 yang mempunyai sifat anti mual. Adapun contoh jenis makanan yang mengandung vitamin B6, di antaranya: jamur, hati, ikan, daging, kentang, gandum, ragi, kacang-kacangan, pepaya, pisang, sirup tebu, dan sebagainya.
  5. Konsumsilah buah-buahan segar atau jus buah, seperti: mangga, pepaya, pisang, tomat, melon, pear, jambu biji, dll.
  6. Minumlah susu ibu hamil yang bisa mengatasi rasa mual dan eneg saat hamil.
  7. Pilihlah rasa makanan kesukaan Anda seperti pedas atau asam sepanjang Anda tidak mempunyai pantangan makan.
  8. Sebagai penambah tenaga, konsumsilah sari kurma atau madu asli.
  9. Minumlah air putih hangat agar terasa enak di badan.
  10. Redakan rasa mual dan ingin muntah dengan tidur.
  11. Relaksasikan tubuh Anda dengan pijat lembut atau aroma terapi.
  12. Hindarkan pemicu mual dan muntah, misalnya bau masakan, asap rokok, polusi kendaraan, dsb.

Itulah 12 cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda yang bisa Anda lakukan sendiri. Meskipun cukup berat, pastikan selama morning sickness ini muncul Anda tidak stress dengan cara menikmati kehamilan dengan senang hati.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

2 Comments

  1. liva says:

    hamil mudah membuatku terganggu bawaan munta mual mual malas mcm mw mati je apehal ini macam.

  2. rosa says:

    Makasie infonya. Alhamdulilah ku dah menginjak 7 minggu. Mual muntah sih engga, malah suamiku yg mual dan eneg terus. Aku cuman malas mandi, susah mkn, ga mau ngapa2in, pengennya baring terus, begituuu

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Cari Cepat Artikel via Google

    Social Media & Video

    Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
    Kebun Emas 300 x 250
    Belajar Bahasa Inggris Cepat

    Categories