13 Tanda Awal Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

Seperti tulisan yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa hamil atau tidaknya Anda dapat dengan mudah diketahui melalui alat test pack kehamilan yang keakuratannya hingga mencapai 99%. Setelah hasil test pack positif, selanjutnya Anda dapat memastikan sendiri bahwa Anda hamil dengan melihat tanda kehamilan awal yang umumnya dialami oleh semua ibu hamil. Apa sajakah tanda tanda awal kehamilan itu?

Untuk mengetahui jawabannya, berikut adalah 13 ciri – ciri hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Haid Telat

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Datang bulan terlambat adalah salah satu kemungkinan pertama bahwa Anda hamil. Namun itu juga belum bisa digunakan sebagai pegangan karena haid terlambat juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti: stress, pola makan, gangguan hormonal, kelelahan, obat-obatan, dan sebagainya.

2. Keluarnya Flek Darah

Yang dimaksud flek darah (flek hamil) di sini adalah berupa bercak-bercak darah yang keluar dari dalam vagina yang berwarna merah muda atau merah kecoklatan. Keluar flek darah ini disebabkan karena embrio mulai masuk dan menempel ke dinding rahim. Perlu diingat bahwa, jumlah darah yang keluar ini amatlah sedikit, dan tidak seperti halnya pendarahan. Jadi, Anda harus bisa membedakan antara flek dengan pendarahan.

3. Payudara Terasa Tidak Nyaman

Coba Anda rasakan payudara Anda, apakah terjadi sesuatu yang “aneh”? Biasanya payudara akan lebih sensitif, lunak, gatal, atau seperti berdenyut-denyut, dan akan terasa sakit bila dipegang. Kondisi seperti ini terjadi pada trisemester pertama, saat di mana terjadi perubahan hormon yang berhubungan dengan persiapan ASI bayi. Rasa tidak nyaman ini akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia kehamilan.

4. Mual dan Muntah (Morning Sickness)

Saat hamil muda, hampir 50% wanita mengalami mual dan muntah atau biasa disebut morning sickness. Muntah atau mual saat hamil muda ini terjadi akibat meningkatnya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) atau hormon manusia, di mana tanda bahwa adanya janin di dalam kandungan. Berakhirnya morning sickness ini setiap wanita berbeda-beda, ada yang hanya 1 minggu pertama saja, ada pula yang berlanjut hingga trisemester kedua atau bahkan trisemeter ketiga. Baca: 12 Cara Mengatasi Mual dan Muntah (Morning Sickness) Saat Hamil Muda

5. Sakit Kepala atau Pusing

Wanita hamil, mudah sekali mengalami sakit kepala atau pusing. Ini bisa terjadi karena dipicu adanya perubahan hormon saat awal kehamilan. Selain itu adanya mual, muntah, lelah, pikiran tegang, dan sebagainya, juga menjadi salah satu faktor pencetusnya.

6. Cepat Lelah dan Mengantuk

Meskipun tidak banyak beraktifitas, namun biasanya wanita hamil akan merasa cepat lelah dan mengantuk. Ini tak lain disebabkan karena organ-organ tubuh mulai bekerja lebih ekstra untuk ibu dan janin. Cara mengatasinya yaitu dengan beristirahat (tidur) dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

7. Sering Kencing/Buang Air Kecil

Seiring bertambahnya umur janin di dalam rahim, maka akan terjadi penekanan terhadap kandung kemih, sehingga akan memicu buang air kencing. Adanya peningkatan sirkulasi darah dan hormon kehamilan juga turut andil di dalamnya. Meskipun sering kencing pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi (kekurangan air) dengan cara minum air yang cukup.

8. Temperatur Basal Tubuh Naik

Temperatur basal adalah temperatur yang diambil melalui mulut pada saat bangun tidur di pagi hari. Peningkatan temperatur basal ini bisa menjadi salah satu pertanda awal kehamilan.

9. Sering Meludah

Ciri-ciri wanita hamil yang lain adalah sering meludah. Kondisi ini terjadi akibat meningkatnya hormon estrogen.

10. Sembelit (Susah Buang Air Besar)

Ini disebabkan oleh adanya peningkatan hormon progresteron. Efek hormon ini, selain mengendurkan otot-otot rahim, juga mengendurkan otot-otot dinding usus sehingga dapat menyebabkan susah buang air besar atau sembelit.

11. Mood Naik Turun

Efek lain dari peningkatan hormon menyebabkan perasaan ibu hamil menjadi tidak bisa dikendalikan. Kadang cepat emosional, malas, sedih, khawatir, dan sebagainya.

12. Penciuman Sensitif Terhadap Bau

Tidak sedikit wanita hamil yang sangat sensitif dan benci terhadap bau-bauan di sekitar. Misalnya, bau bawang, bau masakan, bahkan bau badan suaminya sendiri. Imbas lain dari penciuman sensitif saat hamil ini, bisa mual atau ingin muntah.

13. Ngidam

Bagi sebagian ibu hamil, keinginan untuk makan yang nyleneh-nyleneh adalah sesuatu yang biasa. Lakukan saja jika memang itu membuat Anda merasa puas, asalkan sehat.

Tidak semua tanda tanda kehamilan di atas dialami oleh ibu hamil, tetapi salah satu tanda awal kehamilan adalah seperti yang sudah dijabarkan di atas. Artinya, bisa saja seorang wanita hanya mengalami 3 atau 5 tanda-tanda saja, karena semuanya tergantung dari kondisi masing-masing individu.

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas
  1. author

    nuer ahmad3 years ago

    sy ibu nuer yg umur kehamilan sudah 3 minggu. yg sy mau tnyakan. bagaimn mngatasi skit kepala d ubun-ubun. dan makanan apa sj yang baik untuk d komsumsi. terima kasih

    Reply
    • author
      Author

      Catur HP3 years ago

      Apakah sebelum hamil, Anda sudah pernah mengalami hal yang serupa? Jika belum, biasanya itu merupakan salah satu gangguan kehamilan yang biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika gangguan itu berlangsung lama dan menyakitkan, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

      Reply

Leave a reply "13 Tanda Awal Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.