14 CIRI CIRI ANAK BAYI BARU LAHIR NORMAL & SEHAT | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

14 Ciri-Ciri Bayi Baru Lahir Normal dan Sehat

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Ciri-Ciri Bayi Baru Lahir Normal dan SehatAnak bayi baru lahir normal dan sehat adalah harapan semua orang tua. Makanya, tak heran jika banyak orang tua yang begitu anaknya lahir, langsung bertanya “normal, dok?” atau “lengkap, dok?”. Ya, itu adalah pertanyaan “umum” yang sering dilontarkan oleh para orang tua sesaat setelah proses persalinan usai, dengan tujuan untuk segera mengetahui kondisi bayinya. Perlu Anda catat bahwa sebenarnya, untuk mengetahui ciri bayi baru lahir normal atau tidak secara detil adalah tugas dari Dokter Spesialis Anak (DSA), bukan Dokter Spesialis Kandungan yang selama ini sering dimintai tanya oleh banyak orang tua.

Makanya, begitu bayi lahir, bayi akan langsung dibawa keluar dari ruang persalinan untuk segera diperiksa oleh Dokter Spesialis Anak (DSA) untuk mengetahui ada tidaknya infeksi / masalah pada bayi. Ini dengan catatan, jika proses persalinan Anda dilakukan oleh dokter spesialis. Jika tidak, maka sebagai penggantinya penanganan / pemeriksaan kesehatan bayi akan dilakukan oleh bidan atau petugas medis.

Adapun ciri-ciri bayi baru lahir normal dan sehat adalah seperti berikut:

  1. Berat badan bayi normal antara 2500 – 4000 gr.
  2. Tinggi badan bayi normal antara 48-52 cm.
  3. Lingkar kepala bayi 33 – 35 cm.
  4. Lingkar dada bayi 30 – 38 cm.
  5. Detak jantung 120 – 140x/menit.
  6. Frekuensi pernafasan 40 – 60x/menit.
  7. Rambut lanugo (bulu badan yang halus) sudah tidak terlihat, sebaliknya rambut kepala sudah muncul.
  8. Warna kulit badan agak kemerah-merahan dan licin.
  9. Memiliki kuku yang agak panjang dan lemas.
  10. Reflek menghisap dan menelan sudah baik ketika diberikan Inisiasi Menyusui Dini (IMD).
  11. Reflek gerak memeluk saat dikagetkan sudah baik.
  12. Reflek tangan menggenggam sudah baik.
  13. Buang air besar (BAB) pertama atau biasa disebut mekonium akan keluar dalam waktu 24 jam setelah lahir. Ini akan menjadi indikasi apakah pencernaan bayi normal atau tidak. BAB anak bayi baru lahir yang normal akan berwarna hitam kehijau-hijauan dan lengket seperti aspal.
  14. Pada anak laki-laki testis sudah turun, sementara pada anak perempuan labia mayora (bibir yang menutupi kemaluan) sudah menutupi/melindungi labia minora.

Itulah ciri-ciri bayi baru lahir normal dan sehat yang biasa digunakan sebagai parameter oleh petugas medis saat memeriksa anak bayi.

referensi: Mansjoer,dkk.2000. Kapita Selekta Kedokteran edisi III jilid 2. Jakarta. Media Aesculapius

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

4 Comments

  1. christy pakpahan says:

    bersahabat dengan bayi itu menarik

  2. Fuad hani says:

    Anakku pas lahir tingginya hanya 45cm. Apakah n0rmal?
    Sedang yg saya baca diartikel di atas panjang n0rmal bayi 48cm

  3. Dasminah says:

    jika bayi tumbuh besar tanpa minum susu hamil yg teratur bagaimna,dan bayi di dalam kandungan tidakmerasakan kasih sayang seorg bpk,apa kah mempengarui tubuh badan si baayi menjadi lemas/lemah,mohon jwbnya dokter

  4. Dasminah says:

    tolong penjelesanya,bila bayi tidak minum susu ibu hamil apa mempengarui pertumbuhan si bayi,dan saya tidak pernah di setubhi suami selama bayi tumbuh di perut ku,apa bener itu bisa membikin anak jd tidak sehat dan lemah tubuh badanya,tlg jwbnya dokter

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Cari Cepat Artikel via Google

    Social Media & Video

    Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
    Kebun Emas 300 x 250
    Belajar Bahasa Inggris Cepat

    Categories