3 Cara Mengetahui Kehamilan Secara Bertahap

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

3 Cara Mengetahui Kehamilan Secara BertahapAda berbagai macam cara mengetahui kehamilan. Cara tersebut dibagi menjadi 3 yaitu dengan melihat tanda-tandanya, tes kehamilan, serta menemukan tanda pasti kehamilan. Ketiga cara tersebut perlu dilakukan untuk memastikan adanya kehamilan. Mengetahui tanda-tanda kehamilan bisa dilakukan oleh ibu sendiri. Namun, untuk beberapa tipe tes kehamilan harus dilakukan oleh petugas kesehatan.

Cara I

Sebelum melakukan tes kehamilan, biasanya ibu merasakan tanda-tanda kehamilan terlebih dahulu. Tanda kehamilan utama yang digunakan kebanyakan wanita adalah amenore atau telat menstruasi. Jika kehamilan terjadi, maka ovarium akan berhenti memproduksi sel telur matang sehingga proses ibu tidak lagi mendapati haid. Inilah cara mengetahui kehamilan yang paling mudah.

Tanda gejala kedua adalah mual muntah. Ibu hamil biasanya akan mengalami mual muntah di pagi hari yang disebut morning sickness. Gejala ini diakibatkan oleh peningkatan hormon progesteron yang merubah sistem pencernaan. Nah, bila ibu mulai mual-muntah, maka keluarga harus curiga terhadap kondisi ibu.

Akibat dari mual muntah tersebut adalah ingin makan buah-buahan segar. Nah, biasanya ibu akan ngidam rujak buah. Keluarga akan curiga adanya kehamilan bila seorang wanita mulai mual muntah dan suka makan rujak. Selain itu, keluhan ringan seperti lemas, pusing, mudah lelah, dan sesak nafas juga dapat dijadikan diagnosa awal kehamilan.

Cara II

Setelah mendapati tanda-tanda kehamilan, sebaiknya ibu melakukan tes kehamilan untuk memastikan. Anda dapat memilih tes kehamilan yang akan digunakan seperti PP test, USG, dan tes darah laboratorium. Cara mengetahui kehamilan dengan PP tes atau stik adalah yang paling populer. Ibu dapat membeli di apotik terdekat dan menggunakannya sendiri.

Jika ingin mengetahui kehamilan sedini mungkin, ibu dapat melakukan tes HCG dalam darah. Tes ini hanya dapat dilakukan di laboratorium dengan biaya yang lebih tinggi. Cara mengetahui kehamilan yang lain adalah USG. Cara ini tidak hanya memastikan kehamilan, namun juga menentukan usia kehamilan ibu. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG pada trimester I.

Cara III

Setelah dinyatakan positif hamil, ibu masih harus memastikan kehamilan melalui tanda pasti kehamilan. Alasannya, tes kehamilan positif bisa jadi bukan kehamilan normal, melainkan penyakit seperti mola hidatidosa dan kehamilan ektopik. Jika telah menemukan tanda pasti kehamilan, maka ibu dapat dinyatakan pasti hamil.

Tanda pasti kehamilan adalah ditemukannya denyut jantung janin, gerakan janin, dan gambaran janin pada pemeriksaan USG. Denyut jantung janin dapat diketahui mulai minggu ke-20 kehamilan bersamaan dengan gerakan janin. DJJ dan gerakan janin ini menandakan adanya kehidupan dalam rahim. Cara mengetahui kehamilan yang pasti terakhir adalah dengan USG pada trimester II dimana gambaran janin telah terlihat nyata.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Cara Tahu Hamil #Cara Tahu Kalau Hamil #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Mengetahui Kehamilan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "3 Cara Mengetahui Kehamilan Secara Bertahap"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.