5 Keluhan Ibu Hamil yang Wajib Diwaspadai

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
5 Keluhan Ibu Hamil Yang Wajib Diwaspadai

By davedundis @morguefile.com

Banyak keluhan yang dirasakan ibu selama menjalani proses kehamilan. Keluhan ibu hamil tersebut ada yang ringan (normal), namun ada pula yang merupakan tanda bahaya kehamilan. Seringkali ibu menganggap keluhan di bawah ini sebagai hal biasa. Padahal, 5 keluhan hamil ini dapat membahayakan kondisi ibu dan janin. Apa saja keluhan-keluhan ibu hamil tersebut?

Pusing, Lemah, dan Lesu

Keluhan ibu hamil ini biasanya dianggap sebagai gejala masuk angin. Padahal, pusing, lemah, dan lesu merupakan gejala anemia kehamilan. Anemia dalam kehamilan dapat menghambat tumbuh kembang otak janin. Mengapa demikian? Karena anemia merupakan penyakit kurang sel darah merah yang berperan penting dalam distribusi nutrisi dan oksigen. Akibatnya, janin akan kekurangan bahan untuk pembelahan dan penyempurnaan sel.

Anemia juga dapat membahayakan nyawa ibu hamil. Anemia merupakan indikasi rendahnya vikositas darah. Darah yang sangat encer lebih mudah dikeluarkan daripada darah yang kental. Oleh karena itu, anemia kehamilan meningkatkan resiko perdarahan saat persalinan nanti.

Nyeri Ulu Hati

Nyeri ulu hati bisa merupakan gejala sakit maag biasa yang disebabkan peningkatan hormon progesteron atau akibat dari desakan diafragma. Nyeri ulu hati yang disebabkan kedua hal tersebut bukan penyakit berbahaya. Namun, apabila keluhan ibu hamil ini terasa sangat berat, bahkan mengganggu aktivitas, maka ibu perlu waspada. Pasalnya, nyeri ulu hati bisa jadi adalah gejala penyakit jantung. Beban jantung yang lebih berat pada wanita hamil meningkatkan resiko serangan jantung.

Sesak Nafas

Sesak nafas bisa jadi keluhan ibu hamil yang wajar. Penyebabnya adalah peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan Anda bernafas cepat dan desakan diafragma sehingga kapasitas paru berkurang. Pada gejala ringan, sesak nafas tidak menimbulkan bahaya.

Sesak nafas berat perlu dicurigai sebagai salah satu penyebab penyakit jantung. Kurangnya jumlah darah yang kaya oksigen ke jantung menyebabkan seseorang terkena serangan jantung. Sesak nafas pada penyakit jantung harus segera ditangani karena dapat menyebabkan kematian. Gejala lain yang menyertai penyakit jantung adalah keluar keringat dingin, denyut jantung tidak teratur, dan lemas.

Bengkak kaki

Keluhan bengkak kaki pada kehamilan tua atau yang sering disebut oedema disebabkan janin menekan pembuluh darah balik. Akibatnya, sirkulasi darah terganggu dan timbul bengkak di kaki. Keadaan ini akan lebih parah apabila ibu terlalu banyak duduk atau berdiri.

Meskipun terlihat sepele, namun bengkak kaki dapat menjadi salah satu tanda preeklampsi. Preeklampsi adalah keracunan kehamilan yang dapat menyebabkan kejang. Selain bengkak, gejala preeklampsi lain adalah hipertensi dan protein urin positif. Oleh karena itu, apabila ibu hamil mengeluh bengkak kaki, maka periksakan tekanan darah dan cek urin untuk memastikan keadaan ibu.

Peningkatan Suhu Tubuh

Peningkatan suhu tubuh merupakan salah satu keluhan ibu hamil muda. Penyebabnya adalah meningkatnya kadar hormon reproduksi dalam tubuh. Reaksi ini juga terjadi pada ibu hamil trimester 3 yang mengalami peningkatan metabolisme tubuh. Peningkatan suhu tubuh yang disebabkan dua hal diatas termasuk keluhan fisiologis/ normal.

Suhu tubuh yang terlampau tinggi bisa jadi adalah gejala infeksi. Karena tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan virus, maka temperatur tubuh meningkat. Infeksi kehamilan perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kelainan pada janin Anda. Semoga bermanfaat.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Page #Page #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "5 Keluhan Ibu Hamil yang Wajib Diwaspadai"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.