5 LARANGAN IBU HAMIL AGAR TIDAK KEGUGURAN | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

5 Larangan Ibu Hamil Agar Tidak Keguguran

Ingin V Rapet, Kesat & Bersih dari Keputihan ? Pakai Tongkat Madura
5 Larangan Ibu Hamil Agar Tidak Keguguran

By bethiebee @morguefile.com

Memiliki buah hati adalah idaman setiap pasangan. Setiap ibu pasti ingin menjaga kehamilannya dengan baik agar tidak keguguran. Betapa sedih hati seorang ibu yang kehilangan bayi tercintanya. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari kejadian yang dapat menyebabkan aborsi dalam uraian 5 larangan ibu hamil berikut ini.

Stres

Berbagai masalah yang dihadapi ibu hamil menyebabkan peningkatan hormon adrenalin. Hormon ini memacu kerja jantung sehingga ibu mengalami hipertensi dan penyempitan pembuluh darah. Tentunya, sirkulasi darah ibu ke janin jadi kurang optimal. Keadaan ini kurang baik bagi perkembangan janin.

Stres juga menyebabkan ibu kehilangan kontrol terhadap perbuatannya, misalnya malas makan, menangis terus-menerus, dan tidak mau minum obat. Jika sudah demikian, darimana janin mendapatkan nutrisi untuk perkembangannya? Janin yang kekurangan nutrisi akan mudah gugur daripada janin dengan gizi cukup.

Banyaknya beban pikiran ibu hamil dapat menguras energi ibu. Pada masa awal kehamilan kebutuhan gizi meningkat dan ibu kurang nafsu makan karena mual sehingga cadangan nutrisi di bawah kulit tidak mencukupi. Peningkatan metabolisme yang tidak diikuti konsumsi makanan akan menyebabkan berbagai keluhan dan melemahkan kondisi ibu. Ketiga alasan inilah yang menyebabkan stres dimasukkan dalam larangan ibu hamil.

Kecapean

Anda wanita karir yang sibuk bekerja? Atau ibu rumah tangga yang memiliki setumpuk tugas rumah? Jika ya, maka berhati-hatilah dengan kehamilan Anda. Pada masa awal kehamilan, janin Anda belum menempel terlalu dalam. Aktivitas berlebihan dapat menyebabkan keguguran.

Selain aktivitas harian, Anda juga tidak diizinkan berolahraga terlalu keras. Misalnya lomba lari lima kilometer, senam aerobik yang berlebihan, berkuda, dan sejenisnya. Olahraga ini dapat membahayakan kehamilan Anda. Larangan bagi ibu hamil ini bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga sama sekali. Pilihlah olahraga yang aman bagi ibu hamil.

Mengangkat Beban Berat

Larangan untuk ibu hamil berikutnya adalah mengangkat beban berat. Sebaiknya, minta bantuan orang disekitar Anda untuk melakukan pekerjaan yang satu ini. Mengangkat benda berat dapat menegangkan otot di sekitar perut sehingga menekan rahim. Hindari pekerjaan tersebut demi buah hati Anda.

Konsumsi Makanan Tertentu

Beberapa makanan mengandung zat yang membahayakan kehamilan. Contohnya nanas dan habbatussauda. Nanas mengandung hormon prostaglandin yang menyebabkan kontraksi uterus. Jangan konsumsi nanas secara berlebihan saat Anda hamil muda karena kontraksi sedikit saja bisa menyebabkan keguguran.

Larangan ibu hamil mengonsumsi habbatussauda karena mengandung zat yang menyebabkan perut menjadi panas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, habbatussauda tidak boleh dikonsumsi pada masa awal kehamilan (hamil muda) hingga usia kehamilan menginjak 28 minggu karena dikhawatirkan menyebabkan keguguran.

Obat-abatan dari golongan sitostatika juga tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena menyebabkan kontraksi. Untuk mencegahnya, sebaiknya ibu tidak mengonsumsi obat yang dijual bebas di pasaran. Konsultasikan dengan dokter Anda jika ada keluhan seputar kesehatan.

Terjatuh

Kata “hati-hati” mungkin memang menjadi nasehat yang paling tepat untuk ibu hamil. Pasalnya, ibu yang kurang hati-hati dan terjatuh dapat mengakibatkan keguguran. Oleh karena itu, sebaiknya ibu tidak melakukan sesuatu yang menyebabkan terjatuh seperti memakai sepatu berhak tinggi, naik sepeda, atau mendaki gunung.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories