5 Macam Cara Mencegah Kehamilan

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
5 Macam Cara Mencegah Kehamilan

By jppi @morguefile.com

Untuk mendapatkan generasi yang berkualitas dan keluarga sejahtera bahagia diperlukan rencana kehamilan dan persalinan. Pasangan suami istri perlu memberikan jarak kehamilan demi menjaga kesehatan ibu dan buah hati yang ada di pangkuan saat ini. Lalu, bagaimana cara mencegah kehamilan yang dilegalkan?

Kontrasepsi Alami

Kontrasepsi alami adalah cara mencegah kehamilan yang tidak menggunakan alat dan obat-obatan. Pasangan dapat menunda kehamilan dengan cara coitus interuptus, metode ovulasi billing (MOB), KB kalender, simtotermal, dan metode amenore laktasi (MAL). Semua metode ini hanya boleh digunakan bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan, bukan pasangan yang tidak boleh hamil.

Coitus interuptus adalah mengeluarkan sperma di luar vagina sehingga tidak bertemu sel telur. Cara ini hanya dapat dilakukan oleh pasangan yang telah lama menikah dan tidak mengidap ejakulasi dini. MOB, kalender, dan simtotermal adalah mencegah kehamilan dengan tidak berhubungan seksual pada saat masa subur wanita atau menggunakan kondom jika ingin berhubungan. Sedangkan MAL adalah infertilitas alami selama 6 bulan setelah melahirkan. MAL terlaksana apabila ibu menyusui bayinya secara penuh.

Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal adalah cara mencegah kehamilan dengan menggunakan hormon sintetik yang menghambat ovulasi. Kontrasepsi ini dibagi menjadi tiga yaitu pil, suntik, dan implan. Berdasarkan jenis hormonnya, kontrasepsi hormonal dibagi menjadi KB kombinasi dan progestin saja.

Metode Barier

Metode barier adalah pencegahan kehamilan dengan menggunakan alat tertentu. Pemasangan alat ini bertujuan mencegah pertemuan sel sperma dengan sel telur. Contoh alat kontrasepsi barier adalah cup serviks, kondom, diafragma, spermisida, dan tissue. Metode kontrasepsi barier yang masih banyak digunakan hingga sekarang adalah kondom.

AKDR

AKDR adalah kependekan dari alat kontrasepsi dalam rahim. Alat ini dipasang di dalam organ reproduksi wanita. Tujuannya mencegah pertemuan sperma dan sel telur, mengentalkan lendir serviks, dan mencegah implantasi. AKDR dapat digunakan hingga 8 tahun dan tidak mengganggu sistem hormonal.

Kontrasepsi Mantap

Kontrasepsi mantap adalah cara mencegah kehamilan dengan memutus saluran sel telur atau sperma. Kontap perempuan disebut tubektomi dan kontap laki-laki disebut vasektomi. Kontrasepsi mantap hanya dianjurkan untuk pasangan yang sudah tidak ingin memiliki keturunan lagi karena rekanalisasi tidak menjamin kembalinnya kesuburan. Angka keberhasilan kontrasepsi ini lebih besar dibanding yang lainnya.

Semua cara mencegah kehamilan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memilih metode kontrasepsi yang akan digunakan, pasangan akan di skrining dulu mengenai rencana kehamilan dan status kesehatannya. Pasangan juga akan dijelaskan mengenai alat kontrasepsi satu-persatu sehingga dapat menentukan sendiri pilihannya

Tags: #Agar Tidak Hamil #Bayi Kembar Siam #Cara Mencegah Hamil #Mencegah Hamil #Page #Persalinan Bayi

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "5 Macam Cara Mencegah Kehamilan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.