5 PERSIAPAN MELAHIRKAN BAYI YANG TIDAK BOLEH DILUPAKAN | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

5 Persiapan Menjelang Persalinan / Melahirkan Bayi

Persiapan melahirkan bayi itu apa saja, sih? Begitulah, kira-kira pertanyaan yang ada di kepala orang tua ketika menjelang kelahiran anaknya. Jika Anda ingin proses melahirkan bayi Anda berjalan lancar, mau tidak mau, sebagai orang tua Anda harus menyiapkan segala sesuatu dengan matang. Semakin matang persiapan yang Anda lakukan, maka akan semakin berjalan lancar pula proses melahirkan Anda.

Setidaknya ada beberapa hal yang tidak boleh dilupakan oleh orang tua saat menjelang persalinan bayi. Apa sajakah, itu? Berikut adalah 5 persiapan melahirkan bayi yang harus Anda lakukan.

1.       Survei Tempat Bersalin

Ada 3 tempat bersalin yang bisa dipilih, yakni: rumah sakit umum, rumah bersalin, dan rumah sakit ibu dan anak. Jika Anda belum mendapatkan tempat bersalin, segeralah untuk mencari tempat bersalin yang Anda inginkan. Idealnya ini dilakukan saat usia kandungan ibu masih muda alias hamil muda, agar ibu bisa lebih leluasa mencari informasi tanpa terbebani dengan berat badan ibu yang semakin membesar. Pertimbangkan fasilitasnya, apakah mendukung IMD (Inisiasi Menyusui Dini) atau tidak, reputasinya, lokasinya dengan rumah, dan lain sebagainya. Tak ada salahnya Anda malakukan tur ke berbagai tempat bersalin sebagai bahan perbandingan. Sebenarnya proses ini, juga bisa dilakukan bersamaan pada saat Anda mencari dokter spesialis kandungan.

2.       Survei Biaya Persalinan

Sambil melakukan survei tempat bersalin, jangan lupa Anda menanyakan biaya persalinan di tempat tersebut. Ini diperlukan agar Anda bisa menyiapkan dana yang diperlukan sekaligus menentukan kelas apa yang akan Anda ambil nanti sesuai dengan dana yang Anda miliki. Hal ini mungkin tidak terlalu penting bagi Anda yang mengandalkan tunjangan / asuransi kesehatan dari kantor, tetapi akan sangat berarti bagi Anda yang membayar sendiri.

3.       Belanja Perlengkapan Bayi dan Perlengkapan Melahirkan

Belanja kebutuhan bayi baru lahir dan perlengkapan melahirkan ini juga sudah pasti akan Anda lakukan sebelum kelahiran bayi. Sekarang ada banyak toko perlengkapan bayi yang menjual berbagai macam produk bayi, bahkan jika tidak ingin repot Anda juga bisa berbelanja perlengkapan bayi dan perlengkapan melahirkan secara online. Proses mencari keperluan bayi ini kemungkinan tidak bisa dilakukan hanya sekali, karena mungkin terlalu banyak yang harus dibeli. Untuk itu Anda harus meluangkan waktu untuk mencari perlengkapan bayi agar barang yang Anda butuhkan bisa terpenuhi.

4.       Menyiapkan Dana Persalinan

Saat menyiapkan biaya persalinan, tetapkan budget dengan biaya tertinggi. Misalnya, Anda ingin melahirkan secara normal di kelas 1, maka sebaiknya Anda menganggarkan dana melahirkan secara caesar di kelas 1/VIP. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Toh, kalau pun ternyata benar bisa melahirkan normal di kelas 1, maka Anda masih punya sisa yang bisa Anda alihkan untuk kebutuhan yang lain.

5.       Acara Syukuran / Aqiqah

Sebagai wujud rasa syukur atas kelahiran anak, umumnya akan diadakan acara syukuran, yang bagi umat muslim disebut aqiqah. Waktu aqiqah dilakukan pada hari ke tujuh dari hari kelahiran bayi. Jika anak laki-laki maka harus memotong 2 ekor kambing, sementara jika anak perempuan maka harus memotong 1 ekor kambing. Dengan begitu, Anda juga harus menyiapkan anggaran serta persiapan untuk acara syukuran ini.

Sekarang, bagaimana dengan persiapan melahirkan / persalinan bayi Anda ? Sudahkah semuanya disiapkan? Jika belum, siapkan sesegera mungkin agar semuanya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories