6 Hal Yang Wajib Diketahui Ibu Melahirkan Bayi

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
6 Hal Yang Wajib Diketahui Ibu Melahirkan Bayi

By code1name @sxc.hu

Melahirkan merupakan tabiat seorang wanita, bahkan wanita belum dikatakan sempurna bila belum pernah hamil dan melahirkan. Untuk dapat melahirkan dengan lancar, maka ibu melahirkan wajib mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan persalinannya. Tujuannya agar ibu melahirkan dan keluarga dapat berperan aktif dalam proses persalinan dan mengambil keputusan tepat ketika ada masalah persalinan.

Berikut ini ulasan pendek yang wajib dibaca setiap ibu hamil yang akan melahirkan bayinya.

  1. Cara persalinan. Ada beberapa cara dalam proses persalinan, yaitu alami tanpa bantuan alat, dengan alat sederhana seperti forcep dan vacum, serta seksio sesaria. Keputusan untuk melahirkan normal atau dengan bantuan berdasar pada beberapa hal seperti ukuran panggul dan kepala janin, berat badan janin, denyut jantung janin, dan keadaan umum ibu. Apabila kepala janin belum masuk rongga panggul, DJJ buruk, berat janin lebih dari 4.000 gram, serta ibu memiliki penyakit yang membahayakan, maka pilihan terbaik adalah seksio sesaria.
  2. Panjang masa persalinan. Pada persalinan normal ibu melahirkan membutuhkan waktu maksimal 8 jam untuk pembukaan 1-3. Dari pembukaan 4 hingga 10 diperlukan waktu sekitar 6 jam pada ibu primigravida dan 3 jam pada ibu multigravida. Jika lebih dari rentang waktu tersebut, keluarga perlu menanyakan kondisi ibu secara lebih intens.
  3. Denyut jantung janin. DJJ adalah parameter utama kesehatan bayi Anda. DJJ yang normal berada di kisaran 100-140 kali per menit dan bunyinya teratur. Pemeriksaan DJJ dilakukan minimal tiap satu jam sekali.
  4. Tanda-tanda vital. Ibu melahirkan harus dalam keadaan sehat. petugas akan memeriksa tekanan darah, suhu tubuh, pernafasan, dan nadi secara berkala untuk memantau kesehatan. Tanyakan pada petugas apakah tanda vital ibu masih dalam keadaan normal. Kesehatan ibu merupakan salah satu alasan dilakukan tindakan persalinan.
  5. Kemajuan persalinan. Jika persalinan dirasa begitu lama, Anda perlu menanyakan kemajuan persalinan. Kemajuan persalinan dapat diukur dari kontraksi rahim, pembukaan, dan penurunan kepala. Kontraksi yang baik adalah > 40 detik dan terjadi tiga kali dalam 10 menit. Pembukaan serviks harus diikuti dengan penurunan kepala. Oleh karena itu, tanyakan apakah penurunan kepala sudah melewati 1/3, ½, atau telah berada di pintu bawah panggul.
  6. Cairan ketuban. Cairan ini menentukan kondisi janin di dalamnya. Cairan ketuban yang sehat berwarna bening dan tidak berbau. Sedangkan cairan yang berwarna hijau, kental, dan berbau menandakan bahwa janin di dalamnya stres. Cairan ketuban akan pecah beberapa saat sebelum janin lahir. Bila cairan ketuban pecah pada awal persalinan, maka ibu melahirkan perlu penanganan khusus.

Semua pengetahuan dasar di atas harus diketahui ibu melahirkan. Dengan mengetahui proses persalinan, biasanya ibu akan lebih tenang. Sebaiknya, ibu dan keluarga proaktif dalam proses persalinan agar ibu dan janin selamat.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Ibu Melahirkan Anak #Ibu Persalinan Bayi #Kehamilan Trisemester 2 #Melahirkan Bayi #Page

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "6 Hal Yang Wajib Diketahui Ibu Melahirkan Bayi"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.