7 Pengertian Kehamilan Normal dan Sehat Berdasarkan Tanda-Tandanya

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

 

7 Pengertian Kehamilan Normal Dan Sehat Berdasarkan Tanda-Tandanya

By deanjenkins @morguefile.com

Pengertian kehamilan normal dan sehat adalah kehamilan dimana kondisi ibu dan janin berjalan dengan baik tanpa keluhan-keluhan yang mengganggu aktivitas dan pertumbuhan janin. Jadi, ada dua penilaian yang menentukan kehamilan sehat yaitu kondisi ibu dan pertumbuhan janin. Lalu, kondisi ibu dan  janin seperti apa yang dimaksudkan?

 

1. Bebas Keluhan

Salah satu pengertian kehamilan sehat adalah bebas keluhan. Keluhan yang dimaksud di sini adalah keluhan abnormal yang mengganggu aktivitas ibu. Misalnya pingsan, perdarahan, nyeri ulu hati berat, mata berkunang-kunang, mual-muntah hingga lemas, dan jantung berdebar-debar. Keluhan tersebut mengarah pada penyakit kehamilan tertentu yang harus diwaspadai. Namun, apabila keluhan yang dirasakan masih bersifat fisiologis seperti mual di pagi hari, mudah lelah, kesemutan, atau susah buang air besar bukanlah kelainan kehamilan.

2. Tanda Vital Normal

Tanda-tanda vital merupakan penilaian awal dalam menentukan kesehatan ibu hamil. Penilaian tanda-tanda vital meliputi tekanan darah, suhu tubuh, denyut nadi permenit, dan pernafasan permenit. Pemeriksaan ini wajib dilakukan tiap pemeriksaan kehamilan. Apabila terjadi kelainan kehamilan akan terlihat dari abnormalitas tanda vital tersebut, baik satu ataupun semua.

3. Tes Laboratorium

Ibu hamil perlu melakukan beberapa tes laboratorium karena pengertian kehamilan sehat juga mencakup hasil tersebut. Tiga tes laboratorium yang wajib dijalani ibu hamil adalah glukosa darah pada trimester kedua, kadar HB pada usia kehamilan 32 minggu, dan tes protein urin pada ibu dengan tekanan darah tinggi atau bengkak kaki.

4. Pembesaran Perut

Berdasarkan teori kebidanan terdapat ukuran khusus untuk menilai pembesaran perut ibu sesuai usia kehamilan. Pembesaran perut yang melebihi ukuran normal dikhawatirkan mengindikasikan kelainan seperti bayi besar, kembar, atau hidramnion. Sedangkan pembesaran perut yang kurang dari semestinya dicurigai sebagai malnutrisi, kehamilan ektopik terganggu, dan IUFD.

5. Denyut Jantung Janin

Penilaian kehamilan sehat berikutnya dilihat dari denyut jantung janin. Pada keadaan normal, denyut jantung janin berkisar antara 120-140 kali permenit. Apabila terjadi gangguan kehamilan, DJJ akan berubah menjadi lebih cepat, kemudian perlahan turun hingga menghilang. Abnormalitas DJJ ini menandakan adanya stres janin dan gangguan lingkungan seperti suara keras, tekanan, atau perubahan temperatur.

6. Perdarahan

Adanya perdarahan selama masa kehamilan menggagalkan pengertian kehamilan sehat. Pasalnya, perdarahan merupakan tanda beberapa gangguan kehamilan seperti solusio plasenta, plasenta previa, atau abortus. Untuk menentukan penyebab perdarahan dapat dinilai dari usia kehamilan. Perdarahan yang terjadi sebelum usia kehamilan 20 minggu diduga kuat sebagai abortus. Sedangkan perdarahan pada trimester ketiga dicurigai sebagai solusio plasenta atau plasenta previa. Bedanya, warna darah pada kejadian solusio plasenta adalah gelap sedangkan pada plasenta previa lebih cerah dan segar.

7. Gerakan Janin

Janin yang sehat akan bergerak lincah dalam perut ibunya. Gerakan ini menunjukkan adanya perkembangan motorik dan saraf otak. Jika janin Anda diam saja selama beberapa hari, maka Anda perlu bergegas ke fasilitas kesehatan guna memeriksakan kesehatan calon buah hati. Pasalnya, pergerakan janin adalah salah satu indikasi pengertian kehamilan  sehat dan tanda adanya kehidupan.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan yang Normal #Kehamilan yang Sehat #Page

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "7 Pengertian Kehamilan Normal dan Sehat Berdasarkan Tanda-Tandanya"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.