DAFTAR PERLENGKAPAN BAYI BARU LAHIR YANG PERLU DIBELI | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Alat dan Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibeli

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Perlengkapan BayiUntuk Anda yang baru kali pertama akan memiliki anak, belanja perlengkapan bayi baru lahir adalah hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Dan inilah pertama kalinya Anda belanja untuk buah hati Anda yang akan segera lahir ke dunia. Tugas belanja yang pertama ini memang mengasyikkan, meskipun biasanya harus dilakukan pada saat kondisi ibu hamil besar yang tentu saja tidak mudah. Agar kondisi ibu tetap terjaga, akan lebih baik jika Anda berbelanja perlengkapan bayi dengan cara mencicil alias tidak langsung belanja dalam jumlah banyak.

Apabila kondisi fisik tidak memungkinkan untuk belanja langsung ke baby shop, sebagai alternatif sekarang Anda juga dapat belanja melalui toko perlengkapan bayi online yang menjual berbagai macam kebutuhan baby. Supaya Anda tidak bingung saat akan berbelanja, berikut adalah beberapa daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli untuk persiapan si kecil.

1.       Pakaian bayi

Karena perkembangan bayi umumnya cepat, maka sebaiknya Anda tidak perlu membeli pakaian bayi sekaligus dalam jumlah banyak. Belilah secukupnya saja!. Adapun yang perlu Anda beli, di antaranya: topi bayi, celana dan baju bayi (panjang maupun pendek), sarung tangan, sarung kaki, kaus kaki, gurita model perekat, kain bedong, jaket/jumper, dan celemek untuk menahan air liur atau muntahan bayi.

2.       Popok bayi

Sekarang popok bayi ada berbagai macam jenis, mulai dari popok kain, diapers (popok sekali pakai), hingga popok dengan nappy liners atau lapisan dalam. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan yang tak kalah penting pilih yang tidak menimbulkan iritasi kulit atau ruam popok pada bayi.

3.       Perlengkapan mandi

Peralatan mandi bayi antara lain: sabun, shampo, tempat sabun, wash lap, ember untuk mandi, penyangga badan untuk mandi, dan handuk.

4.       Kosmetik bayi

Peralatan kosmetik bayi ini dapat digunakan setelah bayi mandi, ganti popok, atau ingin bepergian. Di antaranya: bedak, minyak telon, parfum, tissu, kapas bulat, dan guntingan kuku.

5.       Perlengkapan tidur

Perlak, alas tidur, bantal, guling, selimut, tempat tidur bayi (baby box), kasur untuk boks bayi, kelambu bayi (jika tidak menggunakan baby box).

6.       Perlengkapan menyusui

Untuk ibu yang tidak bekerja alias ibu rumah tangga saja, mungkin Anda tidak terlalu membutuhkan beberapa perlengkapan menyusui bayi. Akan tetapi untuk Anda yang bekerja, Anda harus membeli beberapa peralatan menyusui bayi, seperti berikut: breast pad agar ASI tidak merembes keluar, botol susu, sikat botol, botol bening untuk wadah ASI perah (ASIP), sabun sterilisasi/pencuci botol, pompa ASI (manual/elektrik), dan penghangat ASI.

7.       Perlengkapan mencuci

Tempat pakaian bayi kotor, hanger (model baling-balinng) untuk menjemur pakaian bayi, dan detergen khusus untuk mencuci pakaian bayi.

8.       Perlengkapan bepergian

Gendongan bayi, tas bayi untuk membawa peralatan bayi, kereta bayi (stroller) untuk mengajak jalan-jalan bayi atau digunakan untuk menjemur bayi, dan car seat atau capsul untuk bepergian dengan mobil.

Mengenai jumlah yang diperlukan masing-masing item peralatan atau perlengkapan bayi baru lahir tersebut, Anda dapat menyesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja budget yang tersedia.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories