Apa Saja yang Harus Dilakukan Ibu Sebelum Program Hamil ?

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Apa Saja Yang Harus Dilakukan Ibu Sebelum Program Hamil ?

By mconnors @morguefile.com

Setiap pasangan usia subur pasti merencanakan kehamilan. Ups! Tunggu dulu. Anda harus memenuhi persyaratan berikut ini sebelum hamil. Tujuannya agar ibu dan janin yang Anda kandung sehat, bahkan genius. Siapa yang tidak ingin punya bayi cerdas dan sehat? Jadi, simak dan terapkan tips program hamil berikut ini, ya.

Cek Kadar HB

Ibu tidak boleh menderita anemia. Mengapa? Karena saat hamil nanti kadar Hb menurun secara alami. Jika sebelum hamil ibu sudah menderita anemia, tentu kehamilan akan memperparah kondisinya. Anemia kehamilan bukan penyakit ringan lho, bunda. Meskipun mudah ditangani, namun anemia dapat mengganggu perkembangan otak janin dan meningkatkan resiko perdarahan.

Pastikan Status Gizi

Ukur LILA (lingkar lengan atas) sebelum menjalani program hamil. LILA wanita yang ideal untuk hamil adalah 23,5 cm. Pada awal kehamilan, sebagian besar ibu akan mual muntah sehingga pasokan nutrisi menurun. Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin, tubuh akan mengambil cadangan makanan di bawah kulit. Kalau sebelum hamil ibu sudah kurang gizi, lalu bagaimana dengan keadaannya saat hamil?

Skrining Penyakit

Beberapa penyakit seperti TORCH dapat menyebabkan janin Anda cacat. Jadi, pastikan Anda bebas penyakit tersebut. Jika perlu, mintalah imunisasi rubella dan tunda kehamilan minimal 3 bulan setelah diimunisasi. Jika Anda sedang mengidap suatu penyakit, ada baiknya disembuhkan terlebih dahulu sebelum hamil.

Waspadai Penyakit Menahun

Perempuan dengan penyakit menahun seperti hipertensi dan diabetes tentu boleh menjalani program hamil. Namun, perlu pengawasan lebih intensif dibandingkan ibu hamil normal. Kehamilan dapat memperparah penyakit sehingga membahayakan nyawa ibu dan mengganggu tumbuh kembang janin. Penyakit menahun tidak dapat disembuhkan secara total, namun dapat dijaga agar tetap dalam kondisi sehat.

Hentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasan buruk seperti merokok, konsumsi alkohol dan narkotika harus dihentikan saat Anda merencanakan kehamilan. Racun di dalam rokok, alkohol, dan narkoba dapat menembus barier plasenta dan masuk ke peredaran darah janin. Akibatnya janin Anda juga akan menderita kerusakan organ seperti Anda.

Selesaikan Apapun Masalah Anda

Anda punya masalah? Tentu saja. Setiap manusia pasti punya masalah hidupnya masing-masing. Anda harus mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Kehamilan melarang Anda untuk stres, karena janin Anda turut merasakan kesedihan yang dirasakan ibunya. Anda pasti tidak ingin bayi Anda lahir dengan Airmata bukan?

Nah, setelah memastikan Anda sehat secara fisik dan psikis, silahkan merencanakan program hamil bersama pasangan. Bacalah buku-buku seputar kehamilan yang dapat menolong Anda memecahkan setiap pertanyaan dan masalah. Terakhir, jangan lupa berdoa agar cepat dikaruniai momongan yang lucu, sehat, dan cerdas.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Persalinan Bayi #Program Hamil #Program Ibu Hamil #Program untuk Kehamilan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Apa Saja yang Harus Dilakukan Ibu Sebelum Program Hamil ?"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.