APA SAJA YANG TERJADI PADA IBU HAMIL 7 BULAN ? | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Apa Saja yang Terjadi Pada Ibu Hamil 7 Bulan ?

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Apa Saja yang Terjadi pada Ibu Hamil 7 BulanProses pertumbuhan dan perkembangan janin terus berlangsung hingga terjadinya persalinan. Selama di dalam rahim, janin mengalami perubahan pada tiap detiknya. Begitu pula saat usia ibu hamil 7 bulan. Perubahan apa saja yang terjadi pada janin dan ibu?

Tumbuh Kembang Janin

Janin sudah berbentuk 2/3 manusia dan ukurannya sebesar kepala orang dewasa. Tubuhnya masih kurus dan kecil. Jika pada usia 6 bulan panjangnya hanya 32 cm, kini panjang janin telah mencapai 35 cm. Panjang kaki 59 mm, diameter biparietal 7 cm,  dengan kuku yang sudah mulai terbentuk.  Berat badan janin juga bertambah menjadi 1000 gr. Dengan demikian, maka perut ibu semakin membesar dan bertambah berat.

Pada saat hamil 7 bulan, kulit janin keriput dan berwarna merah. Vernik kaseosa; yaitu lemak yang menutupi kulit mulai diproduksi. Lemak ini berwarna putih dan licin. Kelak, verniks kaseosa ini bermanfaat menjaga temperatur agar tetap hangat saat janin dilahirkan. Semakin bertambah usia kehamilan, semakin banyak verniks kaseosa yang diproduksi.

Paru-paru janin telah matang dan dapat difungsikan. Surfaktan (cairan paru-paru) juga telah diproduksi, namun jumlahnya belum memenuhi. Jika dilahirkan, maka janin akan bernapas lemah dan menangis pelan. Persalinan pada usia hamil 7 bulan dinamakan persalinan imatur.

Indera pendengaran janin telah terbentuk sempurna didukung proses berpikir yang telah berjalan pada usia sebelumnya. Oleh karena itu, ibu perlu menstimulasinya dengan cerita kehidupan sehari-hari yang kelak terjadi di lingkungan hidupnya. Pada usia hamil 7 bulan, ibu juga disarankan mengajaknya berbicara untuk membentuk sinaps (hubungan antar sel saraf).

Indera pengelihatan telah berfungsi. Matanya membuka sebelah dan bisa berkedip pelan. Bulu matanya mulai tumbuh meskipun masih tipis dan jarang. Janin dapat membedakan cahaya gelap dan terang, bahkan sensitif terhadap cahaya. Cobalah merangsangnya dengan berada di tempat gelap dan terang secara bergantian.

Indera pengecap telah terbentuk dan berfungsi. Artinya janin Anda dapat membedakan rasa cairan ketuban yang manis, asam atau pahit. Reflek menelan juga telah sempurna. Kadang dia menelan cairan ketuban Seringkali janin Anda menghisap jempol pada usia hamil 7 bulan.

Perubahan Pada Ibu Hamil

Janin telah aktif bergerak karena ukurannya kecil dengan besar rahim yang memungkinkan. Denyut jantung janin terdengar keras dan bagian-bagiannya dapat teraba jelas. Tinggi fundus uteri pada ibu hamil 7 bulan mencapai 3 jari diatas pusat atau sekitar 26,7 cm. Bentuk uterus tidak lagi bulat, namun lebih lonjong.

Perubahan fisiologis yang lain masih sama seperti sebelumnya. Hanya saja ibu perlu mengonsumsi 2300 kalori perhari untuk pertumbuhan janin dan kebutuhan energi. Jumlah makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi besarnya bayi yang dilahirkan nanti. Jadi, penuhi kebutuhan kalori dengan konsumsi makanan bergizi. Namun tidak disarankan berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis agar pertumbuhan bayi dapat dikontrol.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories