Apa Saja yang Terjadi Pada Ibu Hamil 7 Bulan ?

In Persalinan Bayi

Apa Saja yang Terjadi pada Ibu Hamil 7 BulanProses pertumbuhan dan perkembangan janin terus berlangsung hingga terjadinya persalinan. Selama di dalam rahim, janin mengalami perubahan pada tiap detiknya. Begitu pula saat usia ibu hamil 7 bulan. Perubahan apa saja yang terjadi pada janin dan ibu?

Tumbuh Kembang Janin

Janin sudah berbentuk 2/3 manusia dan ukurannya sebesar kepala orang dewasa. Tubuhnya masih kurus dan kecil. Jika pada usia 6 bulan panjangnya hanya 32 cm, kini panjang janin telah mencapai 35 cm. Panjang kaki 59 mm, diameter biparietal 7 cm,  dengan kuku yang sudah mulai terbentuk.  Berat badan janin juga bertambah menjadi 1000 gr. Dengan demikian, maka perut ibu semakin membesar dan bertambah berat.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Pada saat hamil 7 bulan, kulit janin keriput dan berwarna merah. Vernik kaseosa; yaitu lemak yang menutupi kulit mulai diproduksi. Lemak ini berwarna putih dan licin. Kelak, verniks kaseosa ini bermanfaat menjaga temperatur agar tetap hangat saat janin dilahirkan. Semakin bertambah usia kehamilan, semakin banyak verniks kaseosa yang diproduksi.

Paru-paru janin telah matang dan dapat difungsikan. Surfaktan (cairan paru-paru) juga telah diproduksi, namun jumlahnya belum memenuhi. Jika dilahirkan, maka janin akan bernapas lemah dan menangis pelan. Persalinan pada usia hamil 7 bulan dinamakan persalinan imatur.

Indera pendengaran janin telah terbentuk sempurna didukung proses berpikir yang telah berjalan pada usia sebelumnya. Oleh karena itu, ibu perlu menstimulasinya dengan cerita kehidupan sehari-hari yang kelak terjadi di lingkungan hidupnya. Pada usia hamil 7 bulan, ibu juga disarankan mengajaknya berbicara untuk membentuk sinaps (hubungan antar sel saraf).

Indera pengelihatan telah berfungsi. Matanya membuka sebelah dan bisa berkedip pelan. Bulu matanya mulai tumbuh meskipun masih tipis dan jarang. Janin dapat membedakan cahaya gelap dan terang, bahkan sensitif terhadap cahaya. Cobalah merangsangnya dengan berada di tempat gelap dan terang secara bergantian.

Indera pengecap telah terbentuk dan berfungsi. Artinya janin Anda dapat membedakan rasa cairan ketuban yang manis, asam atau pahit. Reflek menelan juga telah sempurna. Kadang dia menelan cairan ketuban Seringkali janin Anda menghisap jempol pada usia hamil 7 bulan.

Perubahan Pada Ibu Hamil

Janin telah aktif bergerak karena ukurannya kecil dengan besar rahim yang memungkinkan. Denyut jantung janin terdengar keras dan bagian-bagiannya dapat teraba jelas. Tinggi fundus uteri pada ibu hamil 7 bulan mencapai 3 jari diatas pusat atau sekitar 26,7 cm. Bentuk uterus tidak lagi bulat, namun lebih lonjong.

Perubahan fisiologis yang lain masih sama seperti sebelumnya. Hanya saja ibu perlu mengonsumsi 2300 kalori perhari untuk pertumbuhan janin dan kebutuhan energi. Jumlah makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi besarnya bayi yang dilahirkan nanti. Jadi, penuhi kebutuhan kalori dengan konsumsi makanan bergizi. Namun tidak disarankan berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis agar pertumbuhan bayi dapat dikontrol.

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Apa Saja yang Terjadi Pada Ibu Hamil 7 Bulan ?"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.