Apa Saja yang Terjadi pada Ibu Hamil 8 Bulan?

In Persalinan Bayi
Apa Saja yang Terjadi pada Ibu Hamil 8 Bulan?

By veggiegretz @morguefile.com

Banyak kejadian yang berlangsung pada usia kehamilan 8 bulan, baik pada ibu maupun janin. Pada masa ini tentunya terjadi perubahan fisiologis dan psikis ibu yang terkadang menimbulkan ketidaknyamanan. Di dalam perut ibu, janin juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat.

Berikut ini perubahan yang terjadi pada ibu yang sedang hamil 8 bulan:

  • Terjadi pengenceran darah hingga 25% yang disebut puncak hemodilusi. Ibu hamil ¬†dianjurkan memeriksakan kadar hemoglobin untuk skrining anemia.
  • Curah jantung meningkat sekitar 30%-50% dan waktu sirkulasi darah sedikit menurun. Akibatnya ibu mudah lelah dan kurang berenergi.
  • Tinggi fundus uteri pada usia kehamilan 8 bulan mencapai pertengahan pusat dan proxesus xifoideus. Jika diukur dengan metelin panjangnya sekitar 29,5-30 cm.
  • Bagian-bagian janin teraba dengan jelas. Bahkan ibu dapat meraba bagian kepala, bokong dan punggung janin.
  • Ukuran rahim yang cukup besar kembali menekan kandung kemih sehingga ibu mengeluh sering kencing.
  • Hamil 8 bulan membuat ibu lebih sering merasakan his palsu. His palsu ini akan hilang jika digunakan untuk berjalan-jalan. Namun, Anda perlu waspada jika frekuensinya meningkat dan tidak hilang ketika digunakan untuk istirahat atau jalan-jalan.
  • Pada beberapa ibu muncul varises dan oedema karena sirkulasi darah kurang lancar dan terjadi penumpukan cairan. Untuk mengatasinya Anda perlu berolahraga dan meletakkan kaki lebih tinggi saat tidur.
  • Kabar yang paling menyenangkan adalah jenis kelamin janin Anda sudah dapat dilihat pada saat hamil 8 bulan. Jadi segera minta dokter kandugan untuk USG janin Anda.
  • Ibu mulai didera rasa takut terhadap proses persalinan yang dihadapinya nanti. Kecemasan ini biasanya lebih dirasakan oleh ibu primigravida atau yang baru hamil pertama kali. Anda dianjurkan mendatangi tempat konseling kehamilan untuk memecahkan ketakutan tersebut.

Pada usia kehamilan 8 bulan tentunya janin juga ikut tumbuh dan berkembang. Apa saja yang terjadi pada janin usia 8 bulan?

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
  • Panjang badan mencapai 40-43 cm dengan berat badan sekitar 1800 gram. Jika ditaksir kira-kira sebesar kepala orang dewasa.
  • Menginjak usia 8 bulan semua organ tubuh telah terbentuk dan berfungsi. Hanya saja kulitnya masih berwarna merah dan keriput.
  • Proses sinaptogenesis dan mielinisasi sedang berlangsung. Sinaptogenesis adalah pembentukan hubungan antar sel saraf, sedangkan mielinisasi adalah proses pembentukan selubung akson, yaitu bagian sel saraf yang bertugas mengirimkan rangsangan.
  • Sistem indera telah terbentuk sempurna. Janin dapat melihat cahaya gelap terang,¬† membedakan bau dan rasa cairan ketuban, mendengar suara dengan frekuensi tertentu, serta menanggapi belaian Anda. Hamil 8 bulan adalah masa yang tepat untuk menstimulasi janin.

Ternyata banyak proses yang terjadi di dalam tubuh ibu hamil 8 bulan tanpa disadari. Ibu dianjurkan memeriksakan diri secara rutin tiap dua minggu sekali untuk mengontrol kesehatannya. Selain itu, ibu juga disarankan melakukan senam hamil untuk menjaga kebugaran dan persiapan persalinan.

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Apa Saja yang Terjadi pada Ibu Hamil 8 Bulan?"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.