Apakah Hamil di Luar Kandungan Itu?

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Apakah Hamil Di Luar Kandungan Itu

By xenia @morguefile.com

Mungkin Anda pernah mendengar istilah hamil di luar kandungan atau bahasa medisnya adalah kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi apabila sel telur yang telah dibuahi menempel di luar kavum uteri, misalnya di tuba, kanalis servikalis, rongga perut, atau ovarium. Dari berbagai kasus, kehamilan di tuba lebih sering terjadi daripada di tempat lain.

Hamil di luar kandungan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • Abnormalitas bentuk tuba (sempit, berkelok, silia tidak berfungsi)
  • Tumor
  • Kesalahan migrasi sel telur
  • Pembuahan tidak terjadi di tuba fallopi

Kehamilan di luar kandungan, khususnya yang berada di tuba kemungkinan tidak dapat bertahan lama karena tuba tidak dapat menyiapkan kebutuhan sel telur seperti nutrisi dan tempat untuk berkembang. Ukuran tuba sangatlah sempit sehingga tidak memungkinkan janin untuk tumbuh.

Ada tiga kemungkinan yang akan terjadi pada kehamilan ektopik ini, yaitu janin mati dan kemudian diresorbsi, terjadi abortus, atau terjadi ruptur tuba jika janin terus membesar. Abortus pada tuba biasanya terjadi pada minggu ke-6 hingga ke-10.

Gejala-gejala yang dialami ibu dengan kehamilan di luar kandungan atara lain:

  • Amenore/ tidak menstruasi. Pada dasarnya hamil di luar kandungan sama dengan hamil biasa. Hormon –hormon kehamilan tetap dikeluarkan yang membuat uterus menyiapkan diri untuk tempat implantasi. Jadi, ibu tidak lagi mendapati haidnya.
  • Muncul tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, pusing, sering lelah, dan sering kencing.
  • Perasaan sakit yang teramat sangat di perut, bahkan disertai muntah dan pingsan. Rasa sakit ini muncul akibat pembesaran tuba yang dipaksakan, padahal ia tidak bersifat elastis.
  • Sekitar pusat kelihatan biru hitam dan lebam. Perut akan terasa nyeri bila ditekan.
  • Tekanan darah rendah, nadi cepat dan halus, gelisah, dan pucat.
  • Terjadi perdarahan pada ruang antara vagina dan rektum
  • Kavum douglasi (ruang kosong antara vagina dan rektum) menonjol karena darah terkumpul.
  • Adanya nyeri akut saat dilakukan pemeriksaan dalam dengan menggerakkan mulut rahim dan leher rahim.
  • Jika perdarahan berlangsung lama, maka kadar hemoglobin ibu menurun yang menyebabkan anemia. Keadaan ini memerlukan penanganan segera karena dapat menyebabkan kematian akibat perdarahan.

Penanganan kasus hamil di luar kandungan berbeda-beda menurut kondisinya. Untuk kehamilan ektopik tuba, servik, dan ovarial biasanya tidak dapat berlangsung lama dan perlu tindakan pemusnahan. Sedangkan kehamilan abdominal bisa sampai aterm dengan pengawasan khusus.

Ibu hamil di luar kandungan perlu dirawat di rumah sakit yang menyediakan fasilitas operasi dan persediaan darah. Bila ibu dalam keadaan syok, baik yang diakibatkan perdarahan atau menahan nyeri, maka perbaikan keadaan umum yang diutamakan. Setelah keadaan umum ibu membaik, dilakukan laparatomi untuk menghentikan perdarahan dan mengeluarkan gumpalan darah.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Apakah Hamil di Luar Kandungan Itu?"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.