Asuhan Bayi Baru Lahir : Penanganan Bayi yang Baru Lahir

Asuhan Bayi Baru LahirSebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian bayi di Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan pedoman pelayanan kesehatan pada bayi baru lahir di puskesmas beserta jaringannya. Salah satu pedoman yang berkaitan dengan bayi tersebut adalah Pedoman Asuhan Bayi Baru Lahir, yang mana akan dipergunakan oleh tenaga kesehatan sebagai acuan dalam memberikan pelayanan terhadap bayi yang baru lahir.

Sehingga diharapkan standar pelayanan kesehatan yang diterapkan untuk anak baru lahir ini dapat mengetahui masalah-masalah pada anak bayi baru lahir sedini mungkin serta menjamin kelangsungan hidup bayi sebagaimana tujuan MDGs.

Dalam hal ini, semua tenaga kesehatan yang terlibat, baik itu dokter, bidan, maupun perawat harus dapat melaksanakan layanan asuhan bayi baru lahir sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan. Apabila proses persalinan ibu normal, maka pelaksanaan asuhan bayi baru lahir tersebut dapat dilakukan di dalam satu ruangan dengan ibunya (rawat gabung). Namun, jika proses persalinan ibu caesar, pelaksanaannya dilakukan di ruangan khusus.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Adapun pedoman asuhan keperawatan bayi baru lahir (Askep) yang telah ditetapkan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pemotongan dan perawatan tali pusat bayi.
  2. Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD).
  3. Penilaian awal untuk memutuskan resusitasi pada bayi.
  4. Pencegahan terhadap infeksi.
  5. Pencegahan kehilangan panas dengan cara menunda mandi selama 6 jam, kontak langsung antara kulit bayi dengan ibu, serta menyelimuti kepala dan tubuh bayi.
  6. Pencegahan perdarahan dengan menyuntikkan vitamin K1 dosis tunggal di paha kiri.
  7. Pemberian imunisasi Hepatitis B (HB 0) dosis tunggal di paha kanan (imunisasi pertama ini bisa diberikan hingga bayi berusia 7 hari).
  8. Pencegahan infeksi mata dengan memberi salep mata antibiotika dosis tunggal.
  9. Penanganan atau pemeriksaan bayi baru lahir.

Untuk Anda yang sebentar lagi akan melahirkan bayi, pedoman asuhan bayi baru lahir untuk tenaga kesehatan tersebut bisa Anda gunakan sebagai bekal bertanya ada tidaknya masalah pada bayi Anda. Dan semoga saja semua pedoman pelayanan kesehatan bayi baru lahir tersebut dapat dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang menangani anak bayi Anda dengan baik sesuai dengan semestinya.

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Asuhan Bayi Baru Lahir : Penanganan Bayi yang Baru Lahir"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.