AWAL MULA PROSES KEHAMILAN MANUSIA | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Awal Mula Proses Kehamilan Manusia

Awal Mula Proses Kehamilan Manusia

By grietgriet @morguefile.com

Anda penasaran dengan kejadian di balik kehamilan? Apa saja yang menyebabkan seorang perempuan bisa hamil dan bagaimana prosesnya? Kehamilan memang sebuah misteri yang belum dapat terkuak sepenuhnya. Dalam proses kehamilan manusia terdapat berbagai keajaiban yang menunjukkan kuasa Illahi.

Kesempurnaan Organ Reproduksi

Kehamilan hanya akan terjadi apabila seorang laki-laki dan perempuan memiliki alat reproduksi yang sempurna. Kesempurnaan alat reproduksi dapat dilihat dari anatomi (bentuk fisik), hormonal (kualitas dan kuantitas), serta fisiologisnya (proses pematangan). Tanpa adanya kesempurnaan ini, maka kehamilan akan sulit didapat.

Alat reproduksi wanita yang sehat akan menghasilkan sel telur yang siap dibuahi setiap bulannya. Saluran untuk menuju sel telur tersebut juga terbuka lebar sehingga sperma dapat masuk. Sperma yang dihasilkan laki-laki juga harus normal dari segi kuantitas dan kualitasnya. Jumlah sperma normal antara 100-120 juta tiap 3 cc, sedang secara kualitas dapat dilihat dari kelengkapan bagian-bagiannya, yaitu kepala, leher, dan ekor.

Masa Subur

Proses kehamilan hanya akan berlangsung selama masa subur saja, yaitu 14 hari sebelum menstruasi. Sel telur hanya diproduksi satu bulan sekali pada saat masa subur. Oleh karena itu, melakukan hubungan seksual di luar masa subur tidak akan membuahkan kehamilan.

Fertilisasi

Jutaan sel sperma dikeluarkan pada saat berhubungan. Sperma tersebut menembus mulut rahim dan berenang di dalam rahim mencari sel telur. Dalam perjalanannya, sebagian sperma akan mati. Di sinilah terjadi persaingan untuk menentukan sperma yang paling kuat. Sperma yang lebih dulu sampai di tuba fallopi ( tempat bersemayam sel telur) akan mencoba menembus dinding sel (corona radiata) untuk menyatu dengan inti sel telur. Sperma yang dapat menembus dinding sel akan meninggalkan ekornya sehingga tinggal kepala yang berisi inti sel yang kemudian bersatu dengan inti sel telur.

DNA dari ayah dan ibu kemudian melebur membentuk DNA baru. Apabila DNA ayah yang melebur berkromosom X, maka calon bayi tersebut akan berjenis kelamin perempuan. Namun, apabila kromosom ayah adalah Y, maka jenis kelamin anak adalah laki-laki.

Zygot

Pada proses kehamilan manusia selanjutnya, sel telur yang telah dibuahi membelah diri menjadi dua bagian. Pembelahan ini didukung oleh jumlah asam amino dan enzim yang berlimpah. Seluruh kebutuhan yang diperlukan untuk pembelahan dipenuhi oleh sel telur. Inilah alasan mengapa kecerdasan ibu lebih diturunkan daripada ayah.

Morula

Sel telur terus membelah hingga terbentuk beberapa sel berukuran sama. Bagian luar yang merupakan dinding disebut trofoblas dan bagian dalam disebut nodus embrionale. Bersamaan dengan pembelahan sel, bulu-bulu tuba terus menyapu morula menuju kavum uteri melewati pars istmika dan pars interstisialis tuba. Proses kehamilan ini memakan waktu 3 hari. Sementara itu, dinding uterus mempersiapkan dirinya untuk tempat implantasi.

Nidasi

Setelah enam hari pasca pembuahan, morula akan menempel pasda fundus uteri. Trofoblas bekerja menghancurkan dinding endometrium dan membuat akar sehingga bakal bayi dapat menempel pada dinding rahim. Salah satu tanda nidasi adalah keluarnya flek kecoklatan dari jalan lahir akibat rusaknya endometrium.

Setelah embrio menempel, proses kehamilan berikutnya adalah membentuk plasenta, ketuban, dan tali pusat. Semua ini dibentuk untuk mendukung tumbuh kembang janin. Semakin lama, janin akan tumbuh lebih sempurna hingga siap untuk dilahirkan, yaitu pada usia kehamilan di atas 36 minggu.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories