BAGAIMANA TERJADINYA KEHAMILAN KEMBAR SIAM? | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Bagaimana Terjadinya Kehamilan Kembar Siam?

Ingin V Rapet, Kesat & Bersih dari Keputihan ? Pakai Tongkat Madura
Bagaimana Terjadinya Kehamilan Kembar Siam

By rmontiel85 @morguefile.com

Kelahiran bayi kembar siam masih tergolong langka, begitu juga di negara Indonesia. Namun, akhir-akhir ini jumlahnya meningkat dibandingkan sebelumnya. Kembar siam diduga kuat sebagai akibat dari faktor genetik dan penggunaan obat-obatan perangsang kesuburan. Lalu, bagaimana proses terjadinya bayi kembar siam ini?

Proses Terjadinya Kehamilan Kembar Siam

Awalnya, sel sperma masuk membuahi sel telur yang telah matang di tuba fallopi. Sel telur kemudian membelah diri menjadi dua bagian atau lebih. Jika pembelahan ini berlangsung sebelum hari ke-13, maka bayi yang dikandung akan kembar identik. Sedangkan pembelahan sel telur yang terjadi pada hari ke-13 atau seterusnya, maka bayi yang dikandung tidak dapat membelah secara sempurna. Dengan kata lain, waktu pembelahan ini telah kadaluarsa sehingga hasilnya tidak sempurna.

Bagian yang Menempel

Bayi yang membelah setelah hari ke-13 kehamilan beresiko menempel pada satu bagian tubuh atau lebih. Bagian tubuh yang menempel biasanya jantung, diafragma, organ pencernaan, hati, tulang tengkorak, kaki, tangan, dan sebagainya. Terjadinya kehamilan kembar siam ini membuat janin nantinya tidak dapat hidup sempurna seperti manusia normal lainnya.

Penanganan

Dari 100% angka kelahiran kembar siam, sebanyak 75% meninggal dunia dan 25% dapat bertahan hidup. Angka tersebut mencerminkan kendala-kendala yang mungkin dialami ibu selama menjalani proses kehamilan kembar siam. Oleh karena itu, terjadinya kehamilan kembar siam perlu penanganan khusus.

Pada dasarnya merawat ibu hamil kembar siam hampir sama dengan kembar biasa. Ibu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi yang tentunya lebih banyak daripada kehamilan tunggal, cukup istirahat, periksa rutin secara berkala, dan berolahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Penanganan berbeda lebih terlihat selama proses persalinan. Terjadinya kehamilan kembar siam mengharuskan keluarga untuk menyiapkan persalinan sesar karena bayi tidak mungkin dilahirkan secara normal. Lebih dari itu, keluarga juga harus menyiapkan perawatan khusus untuk buah hati yang tentunya lebih rentan dibandingkan bayi normal.

Diagnosa kembar siam mungkin membuat ibu depresi dan tidak dapat menerima kenyataan. Hingga detik ini, operasi kembar siam memang masih  sulit dilakukan dan memerlukan biaya yang cukup mahal. Seandainyapun dilakukan, resiko kegagalannya cukup tinggi, terutama jika yang melekat adalah organ penting seperti jantung. Bagi keluarga yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, operasi ini mungkin menyisakan banyak beban.

Mendeteksi Kembar Siam

Terjadinya kehamilan kembar siam dapat dideteksi sejak trimester pertama kehamilan menggunakan alat USG. Dari pemeriksaan tersebut dapat dilihat adanya dua janin tanpa sekat yang menjadi ciri khas kembar siam. Selain itu, data kembar siam didukung oleh adanya hidramnion. Pada kejadian kembar siam yang sebagian besar tubuhnya menyatu, akan ditemukan gambaran bayi tunggal dengan ukuran abnormal.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories