Bahaya Hamil Tua untuk Perkembangan Janin

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Bahaya Hamil Tua Untuk Perkembangan Janin

By veggiegretz @morguefile.com

Hamil tua atau yang disebut post term dalam dunia medis adalah kehamilan yang melewati usia 42 minggu sejak hari pertama haid terakhir. Kehamilan tua ini terjadi pada 10% ibu hamil di dunia. Namun, terkadang diagnosis post term sulit ditegakkan karena sebagian ibu tidak ingat kapan tanggal pasti haid terakhirnya. Untuk menghindari kejadian tersebut, sebaiknya ibu melakukan pemeriksaan USG pada usia kehamilan 6-11 minggu agar usia kehamilan dapat dipastikan.

Penyebab

Kehamilan lewat waktu ini disebabkan kurangnya hormon oksitosin pada akhir kehamilan. Hormon ini diperlukan untuk memicu kontraksi rahim pada proses persalinan. Untuk meningkatkan produksi hormon oksitosis, Anda dapat menstimulasi puting payudara.

Di samping oksitosin, hormon lain yang diperlukan untuk kontraksi rahim adalah prostaglandin. Seharusnya hormon ini banyak diproduksi menjelang persalinan. Apabila ibu kekurangan prostaglandin, maka his persalinan inadekuat karena prostaglandin adalah hormon utama pemicu kontraksi. Salah satu cara untuk mendapatkan hormon prostaglandin secara alami adalah dengan berhubungan intim karena hormon ini terkandung di dalam sperma.

Penyebab lain hamil tua ini adalah kurangnya jumlah air ketuban, stres kehamilan, dan insufisiensi plasenta. Ketiga faktor ini menghambat kontraksi uterus sehingga persalinan normal sulit dilakukan. Oleh karena itu, perlu dilakukan monitoring selama kehamilan berlangsung.

Masalah Perkembangan Janin

Fungsi plasenta pada hamil tua menurun. Akibatnya, pasokan oksigen dan nutrisi terhambat. Padahal, sirkulasi darah utero-plasenta adalah satu-satunya jalan untuk mencukupi segala kebutuhan janin. Penurunan fungsi plasenta ini menyebabkan hambatan perkembangan janin.

Selain menghambat tumbuh kembangnya, penurunan fungsi plasenta juga membahayakan janin. Apabila janin kekurangan pasokan oksigen, maka kejadian hipoksia tidak dapat dihindari. Padahal, hipoksia dapat mengakibatkan kematian sel saraf otak sehingga kecerdasan bayi menurun.

Hipoksia yang tidak ditangani secara cepat dan tepat dapat menyebabkan stres janin, bahkan kematian dalam rahim. Kejadian intra uterin fetal death (janin meninggal dalam rahim) meningkat hingga tiga kali lipat pada hamil tua. Oleh karena itu, Anda perlu waspada dengan kelainan dalam lamanya kehamilan ini.

Jumlah air ketuban yang sedikit dapat menimbulkan abnormalitas jantung. Keadaan ini tentu sangat berbahya karena jantung manusia adalah pusat kehidupan. Mintalah petugas medis untuk selalu memeriksa denyut jantung janin Anda apabila terjadi kehamilan lewat waktu.

Penanganan

Penanganan hamil tua ini disesuaikan dengan keadaan umum ibu dan janin yang didapat dari hasil pemeriksaan. Apabila ibu dan janin dalam keadaan sehat, maka persalinan dapat ditunda hingga satu minggu. Selama masa penundaan ini, ibu perlu memperhatikan gerakan janin dengan seksama. Gerakan janin merupakan indikator kesehatan janin.

Apabila his normal tidak segera muncul, maka dilakukan rangsangan persalinan atau sering disebut induksi partus. Ibu akan diberikan obat-obatan sitostatika untuk memicu kontraksi. Cara persalinan ini boleh dilakukan apabila ibu dan janin dalam keadaan normal.

Persalinan dengan seksio sesaria atau dengan bantuan alat baru boleh dilakukan apabila timbul kelainan seperti ketuban keruh, ketuban mekoneum, dan denyut jantung janin abnormal. Gejala tersebut mengindikasikan persalinan harus segera dilaksanakan dan persiapan penanganan asfiksia neonatorum.

Tags: #Bahaya Hamil Tua #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Kehamilan Trisemester 2 #Perkembangan Janin

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Bahaya Hamil Tua untuk Perkembangan Janin"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.