Bayi Berkeringat Banyak di Kepala, Tangan dan Kaki Normalkah?

Kenapa bayi berkeringat banyak ? Pertanyaan ini cukup sering ditanyakan oleh para orang tua ketika mendapati bayinya selalu berkeringat di bagian kepala, tangan, atau kaki saat tidur atau menyusu. Keringat yang keluar di kepala misalnya, biasanya berbentuk butiran-butiran besar, hingga tak jarang membasahi bantal meskipun bayi baru tertidur sekitar 15 menit. Bahkan meski cuaca tidak panas atau di kamar sudah terpasang penyejuk udara (AC) sekali pun, keringat bayi masih tetap keluar banyak. Normalkah ini?

Sebenarnya, bayi sering berkeringat adalah hal yang normal dan umum terjadi pada setiap bayi usia 0 – 12 bulan, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Hal ini disebabkan oleh adanya pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh bayi yang sangat bermanfaat untuk si kecil. Sisa-sisa metabolisme yang dikeluarkan ini bisa berupa garam maupun racun di dalam tubuh. Dengan keluarnya keringat ini pula suhu permukaan kulit bayi bisa tetap terjaga. Seiring, bertambahnya usia bayi, keringat berlebih ini akan hilang dengan sendirinya.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika bayi berkeringat banyak untuk mencegah gangguan kulit pada bayi:

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
  • Sering-seringlah Anda mengelap keringatnya agar tidak menjadi biang keringat pada bayi yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Periksa terus bantal bayi Anda agar tetap kering. Jika bantal bayi basah, segera jemur bantal tersebut agar tidak meninggalkan bau yang berlebih dan gantilah sarung bantalnya secara berkala.
  • Jika bayi Anda masih mengenakan penutup kepala/topi, sebaiknya jangan dikenakan terus menerus. Cobalah buka penutup kepala atau topinya setiap beberapa jam sekali untuk menjaga sirkulasi udara.
  • Pastikan ruangan bayi mendapatkan sirkulasi udara yang baik agar suhunya tidak terlalu panas.
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas
  1. Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi | Pengetahuanku.biz7 months ago

    […] Bayi sering berkeringat & cara mencegah biang keringat […]

    Reply

Leave a reply "Bayi Berkeringat Banyak di Kepala, Tangan dan Kaki Normalkah?"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.