MENGATASI GANGGUAN KEHAMILAN : GATAL SAAT HAMIL | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Cara Mengatasi Gatal Saat Hamil

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Hamil merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi sebagian besar wanita. Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama yang sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Namun, dibalik kebahagiaan itu tadi, tidak sedikit wanita yang terpaksa “dikurangi” kebahagiaannya saat menghadapi gangguan-gangguan kesehatan selama kehamilan. Selain masalah morning sickness (mual/muntah), gangguan kehamilan lain yang sering dialami oleh ibu hamil adalah gatal saat hamil.

Gangguan kulit gatal-gatal pada ibu hamil tersebut bisa datang kapan saja. Ada yang gatal di trisemester pertama, trisemester kedua, atau di trisemester ketiga. Masing-masing ibu hamil pun mempunyai tingkat sebaran gatal yang berbeda-beda, ada yang hanya gatal di perut saja, tetapi ada pula yang gatal di seluruh badan (seperti: paha, kaki, tangan, dada, wajah, dll). Tak hanya sampai di situ, tingkat keseriusan gatal pun juga bermacam, ada yang hanya berupa bintik-bintik saja, tetapi ada pula yang bintik-bintik berair (sekilas memang seperti nanah, tetapi sebenarnya bukan nanah).

Selain bisa menimbulkan bekas kemerahan, gatal ini juga tidak nyaman jika tingkatannya sudah tergolong serius atau berat. Bahkan, ada pula yang sampai tidak bisa tidur gara-gara gatal yang parah. Jika sudah begini, maka harus secepatnya segera diatasi.

Penyebab Gatal Kulit

Keluhan gatal pada saat kehamilan umumnya terjadi karena adanya perubahan hormon (hormon HCG dan hormon esterogen) dan ini adalah hal yang wajar. Selain itu, bisa juga disebabkan karena kulit kering atau terjadinya peregangan kulit perut.

Cara Mengatasi Gatal Saat Hamil

Inilah beberapa tips/cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atau mengobati gatal pada saat hamil :

  1. Mandilah dengan air dingin agar kulit tidak kering.
  2. Gunakan sabun mandi dengan kadar PH rendah atau bisa juga dengan sabun bayi.
  3. Oleskan minyak zaitun atau virgin coconut oil (VCO) untuk meredakan rasa gatal.
  4. Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan katun dan berukuran longgar.
  5. Hindari menggaruk kulit dengan tangan, karena bisa menimbulkan luka atau infeksi.
  6. Cegah faktor-faktor pencetus gatal lainnya, seperti kebersihan rumah, makanan, dan sebagainya.

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan gatal tetapi belum berhasil, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter spesialis kulit (Ingat! Bukan dokter spesialis kandungan ya?). Mintalah obat yang aman untuk wanita hamil kepada dokter spesialis kulit yang Anda kunjungi. Biasanya dokter spesialis kulit akan memberikan racikan obat gatal yang aman untuk ibu hamil dan janin.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories