Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi : Kulit Bintik-Bintik Merah Hingga Lecet

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Cara Mengatasi Ruam Popok BayiRuam popok bayi (diaper rash) adalah gangguan yang umum terjadi pada hampir sebagian besar bayi karena pemakaian popok. Ruam pada bayi ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna merah, lecet-lecet kemerahan, hingga luka ringan pada kulit. Area yang terkena ruam popok biasa ditemukan di bagian pantat/bokong, selangkangan, dekat kemaluan, maupun paha bayi. Bahkan, beberapa anak juga mengalami ruam kulit yang lebih luas, seperti di area perut, wajah, kulit kepala, lengan, dan sebagainya.

Meskipun umum dan biasa terjadi, gangguan pada kulit bayi ini tak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan bayi Anda merasa tidak nyaman jika berlangsung lama. Untuk itu Anda harus cepat-cepat mengatasi ruam popok, agar kulit bayi Anda kembali normal seperti sediakala. Bagaimana caranya?

Berhubung penyebab ruam popok adalah popoknya itu sendiri, maka cara mengatasi ruam bayi pun tak jauh-jauh dari popok, yaitu:

  1. Usahakan secepat mungkin mengganti popok, terutama jika bayi habis buang air kecil atau buang air besar. Ini supaya urin atau tinja tidak kontak terlalu lama dengan kulit bayi yang bisa menyebabkan ruam pada bayi.
  2. Setiap mengganti popok, bersihkan kulit bayi menggunakan kapas (kapas bulat) dan air hangat untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel, lalu keringkan.
  3. Gunakan popok kain yang berbahan dasar dari katun lembut. Meskipun, kurang praktis popok kain bisa mencegah terjadinya iritasi.
  4. Kurangi pemakaian popok sekali pakai (baby diapers), karena popok jenis ini tak jarang menyebabkan gesekan atau iritasi kulit pada bayi. Pakailah seperlunya saja, misalnya saat bepergian jauh.
  5. Untuk memberi sirkulasi udara dan menghindari gesekan, pakaikan popok dengan longgar.
  6. Jika perlu, cucilah popok kain dengan deterjen khusus yang telah disesuaikan dengan kulit bayi.

Apabila dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, ruam kulit pada bayi Anda belum juga sembuh, ada beberapa orang tua yang berhasil mengobati ruam popok dengan minyak zaitun atau VCO (Virgin Coconut Oil). Selain itu, yang lain ada juga yang berhasil disembuhkan dengan menggunakan krim / salep ruam yang bisa dibeli di Apotek, seperti: Bepanthen, Zwitsal Zinc Cream, Myco-Z, Healing Cream, dan lain sebagainya. Semoga, masalah kulit bayi Anda segera sembuh, ya!

Tags: #Bayi Kembar Siam #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan #Kehamilan #Kehamilan #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Page #Page #Persalinan Bayi #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas
  1. author

    Rini11 months ago

    Mohon solusiy.
    Sy pnxa batita usia 1thn 2bln. Mengalami bintik2 merah di area selakangan batita. Awaly sy kasih obt gentamisin tp enggak membaik jg. Trz sy ganti dg betametason, ada perbaikin. Tetapi, terjadi perubahan kulit. Kanyak org panuan. Sy ganti lg pakai momilen utk ruam popok.akhry sembuh jg. Suatu hr tumbuh lagi bintik2 merah di kulit selangkangan batita gara2y enggak tak pakaian selep tsb. Smpi skrg msh ada. Mohon solusi utk penyembuhan supaya enggak tumbuh lagi bintik2 merahy. Trima ksh

    Reply

Leave a reply "Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi : Kulit Bintik-Bintik Merah Hingga Lecet"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.