Cara Menghitung Usia Kehamilan

In Kehamilan
Cara Menghitung Usia Kehamilan

By mensatic @morguefile.com

Setiap ibu hamil dan petugas kesehatan, khususnya bidan perlu mengetahui cara menghitung usia kehamilan. Tujuannya adalah mengetahui berapa usia kehamilan ibu sekarang, pemberian perawatan, pemberian terapi, stimulasi janin, dan persiapan persalinan. Cara menghitung usia kandungan ibu bermacam-macam, ada yang menggunakan alat, ada pula yang manual. Selain itu, sumber yang digunakan untuk memperkirakan lamanya kehamilan juga berbeda-beda.

Cara Manual 

Cara manual adalah cara yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan dari hari pertama haid terakhir. Misalnya, seorang ibu terakhir haid pada bulan November 2011, mulai tanggal 13 hinga tanggal 20. Maka HPHT ibu tersebut adalah tanggal 13 November 2011. Dari sini kita hitung lamanya usia kehamilan saat ini. Misalnya sekarang tanggal 15 Februari 2012, maka cara penghitungannya:

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

13-11-2011 hingga 30-11-2011 : 17 hari

Bulan Desember                               : 31 hari

Bulan Januari                                    : 30 hari

15-02-2012                                      : 15 hari

Total                                                 : 93 hari

Nah, sekarang kita telah mengetahui usia kehamilan ibu yaitu 93 hari atau 13 minggu lebih 2 hari. Mudah, bukan?

Menggunakan Alat

Alat yang digunakan untuk menentukan usia kehamilan ada dua yaitu USG dan kalender kehamilan. Apabila menggunakan USG disarankan memeriksakan diri sebelum usia kehamilan 12 minggu agar hasil yang didapatkan akurat. Cara ini dapat dijadikan pertimbangan bagi ibu-ibu yang lupa HPHT-nya. Selisih perhitungan dengan usia kehamilan maksimal hanya satu minggu.

Cara menghitung usia kehamilan dengan kalender khusus kehamilan sebenarnya sama dengan cara manual, hanya saja ibu dibantu menghitungnya dengan alat yang mudah dan praktis. Siapapun dapat menggunakannnya dengan mencocokkan tanggal HPHT dan tanggal sekarang. Perkiraan usia kehamilan telah tertera di atas kertas tersebut.

Bagaimana Jika Lupa HPHT?

Tenang, ibu dapat menentukan usia kehamilan dari USG dan beberapa tanda kehamilan seperti tinggi fundus uterus, pergerakan janin, nidasi, dan denyut jantung janin. Tinggi fundus uteri dapat digunakan untuk menentukan usia kehamilan. Setiap pertambahan bulan, maka bertambah pula tinggi fundus uteri ibu. Contohnya pada usia 2 bulan TFU hanya teraba tegang di atas simpisis, usia kehamilan 6 bulan setinggi pusat, 7 bulan 3 jari atas pusat, atau 8 bulan pertengahan pusat dan procesus xifoideus.

Cara lain untuk membantu menghitung usia kehamilan adalah pergerakan janin. Janin akan bergerak pertama kali pada usia kehamilan 16 minggu pada ibu multipara (sudah pernah melahirkan) atau 20 minggu pada ibu primipara (kehamilan pertama). Sayangnya, tidak setiap ibu peka dengan gerakan pertama janin ini sehingga hasilnya kurang akurat.

Ibu atau petugas kesehatan juga dapat menghitung usia kehamilan dari flek kecoklatan yang berasal dari darah nidasi. Saat janin menempel di rahim, ia akan merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan perdarahan kecil. Nidasi terjadi pada bulan pertama kehamilan.Sekali lagi, tidak semua ibu hamil peka dengan tanda ini.

Sumber yang terakhir adalah denyut jantung janin. Denyut jantung janin (DJJ) dapat didengar dengan Doppler pada usia kehamilan diatas 4 bulan. Apabila dalam pemeriksaaan telah didengar DJJ, maka dapat dipastikan ibu sedang hamil 4 bulan keatas. Untuk menentukan bulan kehamilan tergantung tinggi fundus uterinya.

Tags: #Cara Hitung Usia Kehamilan #Cara Menghitung Kehamilan #Cara Menghitung Umur Kehamilan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Cara Menghitung Usia Kehamilan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.