CARA IBU MENYUSUI BAYI YANG BENAR (GAMBAR MENYUSUI BAYI) | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Cara Menyusui Bayi yang Benar (Gambar Menyusui Bayi)

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Ibu menyusui bayi itu kelihatannya mudah, tetapi tidak bagi sebagian wanita yang baru pertama kali mempunyai anak. Banyak ibu baru yang belum mengetahui cara menyusui bayi yang benar, sehingga sering kali menjadi salah satu penghambat dalam memberikan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Asal tahu saja, meskipun ibu dalam kondisi sakit (misalnya, habis operasi caesar), sebenarnya ibu bisa langsung menyusui anak. Ini karena ada banyak posisi menyusui yang bisa ibu lakukan sambil “bersantai”. Mau tahu seperti apa posisi menyusui bayi yang benar ? Coba perhatikan gambar ibu menyusui bayi berikut ini.

1.       Cradle hold

Gunakan bantal sebagai tumpuan tubuh bayi. Siku dan lengan tangan Anda menopang kepala bayi, sementara telapak tangan melindungi sisi tubuh bayi (seperti mendekap). Posisi seperti ini sangat cocok untuk bayi yang baru lahir atau di awal-awal kelahiran bayi.

2.       Cross-Cradle hold

Siku tangan Anda digunakan untuk melindungi sisi bayi, sementara telapak tangan digunakan untuk menumpu kepala bayi. Posisi menyusui seperti ini sangat baik digunakan untuk ibu yang memiliki puting payudara kecil atau bayi prematur, karena Anda bisa mengontrol penuh tubuh bayi.

3.       Footbal hold

Posisi di bawah ketiak atau lengan ini juga bisa menjadi alternatif Anda. Telapak tangan Anda memegang kepala bayi dengan tumpuan bantal di bawahnya, sementara lengan Anda sambil melindungi punggung bayi.

4.       Lying Down

Posisi menyusui sambil berbaring seperti ini adalah posisi yang sangat dianjurkan ketika ibu belum bisa duduk setelah operasi caesar atau juga pada saat ibu kelelahan. Namun, perlu diingat, jangan sampai hidung bayi Anda tertutupi oleh payudara Anda, sehingga bayi sulit bernafas. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Anda tetap terjaga.

Keempat cara menyusui bayi yang benar tersebut, dapat Anda rubah posisinya secara bergantian, baik kiri atau kanan. Meskipun Anda sudah diperlihatkan gambar / foto menyusui bayi, pada praktiknya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, seiring berjalannya waktu, pasti Anda akan menemukan posisi menyusui yang enak untuk bayi dan Anda sendiri. Selamat mencoba!

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

One Comments

  1. liana ningsih says:

    would you mind to send me every new information about “ibu menyusui”.thanks

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Cari Cepat Artikel via Google

    Social Media & Video

    Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
    Kebun Emas 300 x 250
    Belajar Bahasa Inggris Cepat

    Categories