Ciri-Ciri Orang Hamil yang Jarang Diketahui

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Ciri-Ciri Orang Hamil yang Jarang Diketahui

By xenia @morguefile.com

Wanita hamil tentu memiliki perbedaan fisik dengan wanita pada umumnya. Perubahan ini bisa menjadi ciri atau tanda kemungkinan terjadinya kehamilan. Ciri-ciri orang hamil di bawah ini adalah yang dapat dilihat atau kasat mata, namun jarang diketahui. Apa sajakah itu?

Perut Membesar

Pada awal kehamilan pembesaran perut belumlah berarti dan terlihat sehingga ibu kurang memperhatikannya. Saat trimester pertama mungkin perut hanya terasa tegang saja seperti orang yang sedang menahan kencing. Jika diraba akan terasa adanya ballottement atau massa di dalam rahim. Ballotement dapat diarasakan setelah kehamilan menginjak bulan ke-5. Perut yang membesar bisa jadi hamil atau karena penyakit lain seperti kista ovari dan mioma uteri.

Braxton-Hicks

Ciri-ciri orang hamil ini mungkin kurang populer, namun termasuk salah satu tanda kemungkinan hamil. Brakxton-hicks adalah kontraksi rahim yang dipengaruhi hormon oksitosin. Pada pembesaran perut yang tidak disebabkan kehamilan seperti mioma uteri dan kista ovari tidak ditemukan brakton-hicks, namun dirasakan nyeri yang teramat karena pergerakan massa.

Suhu Basal Tinggi

Suhu basal tubuh seringkali digunakan sebagai skrining kesuburan seorang wanita. Suhu tubuh wanita setelah terjadinya pembuahan akan tetap tinggi, yaitu antara 37,20C hingga 37,80C. Temperatur ini bukan disebabkan penyakit infeksi. Jadi ibu perlu cermat dalam membedakan perubahan tubuhnya; apakah dia sedang hamil atau sedang sakit?

HCG Positif

Hingga kini HCG digunakan untuk menentukan kehamilan seseorang. Alasannya karena human chorionic gonadotropin hanya bisa dikeluarkan jika terjadi pembuahan atau kehamilan. Cara melakukan tes HCG adalah dengan menggunakan test pack kehamilan dari air kencing perempuan. HCG biasanya baru bisa terlihat setelah kehamilan berjalan sekitar dua bulan, namun ada juga yang terdeteksi lebih awal dari itu.

Tanda Piscaseck

Tanda ini merupakan salah satu ciri-ciri wanita hamil yang jarang diperhatikan. Perempuan hamil akan mendapati rahimnya membesar pada salah satu bagian, alias terjadi perubahan bentuk uterus. Hal ini disebabkan uterus lebih cepat tumbuh pada sisi implantasi embrio sehingga menjadi lebih besar.

Tanda Hegar

Tanda ini juga merupakan ciri-ciri orang hamil yaitu terjadinya hipertrofi pada istmus uteri sehingga memanjang dan lunak. Jika Anda meletakkan 2 jari tangan ke dalam fornix posterior dan tangan yang lain pada dinding depan di atas simpisis, maka tidak akan meraba istmus, seolah-olah uterus tidak berhubungan dengan servik.

Tanda Chadwiks

Ciri-ciri kehamilan ini ditemukan pada awal kehamilan. Ibu hamil akan mengalami hipervaskularisasi pada seluruh tubuh, termasuk vulva dan vagina. Akibatnya, terjadi perubahan warna pada vagina yang semula merah menjadi kebiruan. Selain vagina, porsio pun juga tampak kebiruan. Tanda ini disebut tanda Chadwiks.

Demikian ciri atau tanda orang hamil yang merupakan manifestasi dari perubahan fisiologis tubuhnya. Untuk memastikan kehamilan, maka diperlukan tanda pasti hamil seperti denyut jantung janin, USG, dan gerakan janin. Jika Anda merasakan ciri-ciri di atas, segera periksakan ke dokter atau bidan untuk mendapatkan kepastian.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Ciri-Ciri Orang Hamil yang Jarang Diketahui"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.