CIRI-CIRI ORANG MELAHIRKAN BAYI | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Ciri-ciri Orang Melahirkan Bayi

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Ciri-Ciri Orang Melahirkan Bayi

By bjearwicke @sxc.hu

Pengetahuan ibu hamil perlu selalu di upgrade baik mengenai kehamilan, persalinan dan nifas. Pengetahuan tersebut sangat diperlukan untuk memutuskan atau mengambil tindakan atas kondisi ibu. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai ciri-ciri orang melahirkan yang berbahaya. Ingat! Tidak semua persalinan berjalan normal. Oleh karena itu, kita perlu waspada akan tanda bahaya persalinan.

Terdapat Cairan yang Merembes Lewat Jalan Lahir

Cairan yang keluar sebelum pembukaan lengkap merupakan tanda adanya ketuban pecah dini. Cairan tersebut berfungsi mencegah gesekan janin, sebagai minuman janin, dan menjaga temperatur. Apabila cairan tersebut merembes sebelum waktunya dikhawatirkan orang melahirkan akan kehabisan cairan. Keadaan ini sangat berbahaya karena janin tidak mampu hidup di dalam rahim tanpa cairan ketuban. efek lain yang tidak kalah menyeramkan adalah peningkatan resiko infeksi akibat selaput ketuban yang terkoyak. Padahal, selaput ini merupakan barier agar kuman tidak menginfeksi janin.

Keluar Darah Segar

Keluarnya darah segar menandakan ada kelainan letak plasenta pada orang melahirkan. Plasenta seharusnya terletak di bagian atas rahim. Pada kelainan ini, plasenta berada di bawah menutupi jalan lahir sehingga pembuluh darah terputus pada saat pembukaan. Akibatnya ibu mengeluarkan darah segar dari jalan lahir. Apabila tidak segera ditangani, ibu akan mengalami anemia dan gawat janin. Penyulit ini disebut dengan istilah plasenta previa.

Pusing, Nyeri Ulu Hati dan Sesak Nafas

Ketiga gejala diatas merupakan tanda bahaya bagi orang melahirkan. Gejala tersebut bisa jadi adalah kelainan jantung. Ibu perlu segera dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan karena penyakit ini paling berbahaya diantara penyakit yang lain.

Keluar Darah Kental Terus-menerus

Darah kental yang keluar dari jalan lahir secara terus menerus merupakan gejala solusio plasenta. Penyakit orang melahirkan ini disebabkan lepasnya plasenta sebelum bayi dilahirkan. Bagi janin, plasenta merupakan distributor satu-satunya yang menjadi tempat keluar masuknya oksigen dan makanan. Apabila plasenta terlepas, maka nyawa janin terancam.

Anda harus dapat membedakan darah yang keluar pada persalinan normal dan penurunan kepala dengan darah gejala solusio plasenta. Darah pada persalinan normal hanya sedikit dan berwarna merah. Sedangkan darah pada solusio plasenta berwarna kecoklatan atau merah tua karena telah lama tertimbun di dalam rahim. Pada solusio plasenta darah keluar terus-menerus dengan jumlah yang lebih banyak.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories