Ciri-Ciri Wanita Hamil Palsu (Hamil Anggur)

In Kehamilan
Ciri-Ciri Wanita Hamil Palsu (Hamil Anggur)

By jak @morguefile.com

Hamil palsu atau yang sering disebut hamil anggur adalah tanda gejala kehamilan yang terjadi pada wanita tidak hamil. Gejala ini hanyalah fatamorgana semata. Terdapat beberapa ciri wanita hamil palsu yang sama persis dengan wanita hamil sungguhan dan beberapa ciri yang membedakan.

Ibu hamil palsu juga merasakan beberapa ciri wanita hamil pada umumnya seperti mual muntah pada pagi hari, pembesaran perut, amenore, bahkan gerakan janin. Sayangnya, ciri kehamilan tersebut tidak diikuti dengan kenyataan. Pada pemeriksaan pasien dengan pseudocyesis (hamil palsu) ini tidak ditemukan pembesaran uterus, DJJ, dan hasil tes kehamilan selalu negatif.

Ciri wanita hamil palsu yang lain adalah keluarnya air susu dan pembesaran payudara. Padahal, air susu atau yang disebut kolostrum pada wanita hamil sungguhan baru keluar pada akhir kehamilan. Jadi, keadaan wanita hamil palsu ini terus berlangsung hingga berbulan-bulan seperti kehamilan sejati.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Penyebab pasti hamil anggur ini tidak dapat dijelaskan. Namun, para ahli medis mempercayai bahwa faktor psikologilah yang melatarbelakangi kelainan ini. Keinginan yang kuat untuk segera memiliki keturunan seringkali menimbulkan gangguan kesadaran. Apalagi, jika orang di sekitarnya ada yang sedang hamil, maka ia akan mengikuti ciri wanita hamil tersebut.

Penyebab lain dari kehamilan seperti ini adalah abnormalitas kelenjar pituitary yang bertugas memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon estrogen dan progesteron menyebabkan seorang wanita mengalami gejala seperti ibu hamil. Peningkatan hormon ini tidak dikarenakan adanya konsepsi (pembuahan ) sehingga kehamilan tidak mungkin terjadi.

Dalam adat Jawa, kehamilan seperti ini sering dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu seperti santet, bayi yang dikandung dipindah ke perempuan lain, dan guna-guna. Padahal, sejatinya ibu sedang mengidap hamil anggur. Terkadang, kurangnya pengetahuan keluarga bisa menyebabkan konflik dengan warga yang tertuduh karena  anggapan seperti ini.

Penanganan wanita pseudocyesis ini adalah dengan terapi psikologis. Ibu perlu diyakinkan bahwa dirinya tidak hamil dengan menunjukkan hasil pemeriksaan. Tanda wanita hamil yang dialaminya hanyalah akibat keinginan memiliki buah hati yang belum terpenuhi. Di sisi lain, keluarga perlu menggali penyebab stres yang dialami ibu dan mencari solusinya.

Pemberian obat-obatan hanya untuk penyembuhan beberapa gejala seperti melancarkan haid, pemenuhan nutrisi (apabila ibu terus mual-muntah), dan pemberian obat mual. Sedangkan untuk menyembuhkan kelainan secara keseluruhan belum ditemukan.Sampai detik ini, penanganan masih pada tahap psikologis.

Pihak medis juga perlu mencermati kemungkinan lain dari ibu yang merasakan ciri wanita hamil seperti mioma uteri atau kista ovari yang terkadang juga diikuti mual-muntah dan pembesaran perut. Pergerakan kista bisa saja disalah tafsirkan menjadi gerakan janin sehingga ibu mengira dirinya tengah mengandung.

Tags: #Ciri-Ciri Hamil Palsu #Hamil Palsu #Tanda Hamil Palsu

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Ciri-Ciri Wanita Hamil Palsu (Hamil Anggur)"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.