CIRI-CIRI WANITA HAMIL PALSU (HAMIL ANGGUR) | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Ciri-Ciri Wanita Hamil Palsu (Hamil Anggur)

Ingin V Rapet, Kesat & Bersih dari Keputihan ? Pakai Tongkat Madura
Ciri-Ciri Wanita Hamil Palsu (Hamil Anggur)

By jak @morguefile.com

Hamil palsu atau yang sering disebut hamil anggur adalah tanda gejala kehamilan yang terjadi pada wanita tidak hamil. Gejala ini hanyalah fatamorgana semata. Terdapat beberapa ciri wanita hamil palsu yang sama persis dengan wanita hamil sungguhan dan beberapa ciri yang membedakan.

Ibu hamil palsu juga merasakan beberapa ciri wanita hamil pada umumnya seperti mual muntah pada pagi hari, pembesaran perut, amenore, bahkan gerakan janin. Sayangnya, ciri kehamilan tersebut tidak diikuti dengan kenyataan. Pada pemeriksaan pasien dengan pseudocyesis (hamil palsu) ini tidak ditemukan pembesaran uterus, DJJ, dan hasil tes kehamilan selalu negatif.

Ciri wanita hamil palsu yang lain adalah keluarnya air susu dan pembesaran payudara. Padahal, air susu atau yang disebut kolostrum pada wanita hamil sungguhan baru keluar pada akhir kehamilan. Jadi, keadaan wanita hamil palsu ini terus berlangsung hingga berbulan-bulan seperti kehamilan sejati.

Penyebab pasti hamil anggur ini tidak dapat dijelaskan. Namun, para ahli medis mempercayai bahwa faktor psikologilah yang melatarbelakangi kelainan ini. Keinginan yang kuat untuk segera memiliki keturunan seringkali menimbulkan gangguan kesadaran. Apalagi, jika orang di sekitarnya ada yang sedang hamil, maka ia akan mengikuti ciri wanita hamil tersebut.

Penyebab lain dari kehamilan seperti ini adalah abnormalitas kelenjar pituitary yang bertugas memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon estrogen dan progesteron menyebabkan seorang wanita mengalami gejala seperti ibu hamil. Peningkatan hormon ini tidak dikarenakan adanya konsepsi (pembuahan ) sehingga kehamilan tidak mungkin terjadi.

Dalam adat Jawa, kehamilan seperti ini sering dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu seperti santet, bayi yang dikandung dipindah ke perempuan lain, dan guna-guna. Padahal, sejatinya ibu sedang mengidap hamil anggur. Terkadang, kurangnya pengetahuan keluarga bisa menyebabkan konflik dengan warga yang tertuduh karena  anggapan seperti ini.

Penanganan wanita pseudocyesis ini adalah dengan terapi psikologis. Ibu perlu diyakinkan bahwa dirinya tidak hamil dengan menunjukkan hasil pemeriksaan. Tanda wanita hamil yang dialaminya hanyalah akibat keinginan memiliki buah hati yang belum terpenuhi. Di sisi lain, keluarga perlu menggali penyebab stres yang dialami ibu dan mencari solusinya.

Pemberian obat-obatan hanya untuk penyembuhan beberapa gejala seperti melancarkan haid, pemenuhan nutrisi (apabila ibu terus mual-muntah), dan pemberian obat mual. Sedangkan untuk menyembuhkan kelainan secara keseluruhan belum ditemukan.Sampai detik ini, penanganan masih pada tahap psikologis.

Pihak medis juga perlu mencermati kemungkinan lain dari ibu yang merasakan ciri wanita hamil seperti mioma uteri atau kista ovari yang terkadang juga diikuti mual-muntah dan pembesaran perut. Pergerakan kista bisa saja disalah tafsirkan menjadi gerakan janin sehingga ibu mengira dirinya tengah mengandung.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories