Demam Saat Akan Melahirkan

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Demam Saat Akan Melahirkan

By tulp @sxc.hu

Proses persalinan yang memakan tenaga dan waktu seringkali menyebabkan demam saat akan melahirkan. Demam ini merupakan indikasi kesehatan ibu yang menurun. Adanya demam saat akan melahirkan harus diwaspadai mengingat dampak negatif yang ditimbulkan setelahnya sangat berbahaya.

Penyebab

Penyebab demam saat akan melahirkan ada berbagai macam diantaranya infeksi dan dehidrasi. Infeksi selama menjalani proses persalinan ini dapat ditularkan melalui petugas kesehatan. Beberapa tindakan yang tidakan seperti pemeriksaan dalam, injeksi, dan infus yang tidak steril dapat menjadi jalan masuk kuman penyebab demam.

Jalan masuk kuman yang lain adalah penggunaan alat-alat kesehatan yang tidak steril. Misalnya handscoen yang dipakai berkali-kali, alat-alat yang kurang bersih, tempat tidur kotor, dan sebagainya. Oleh karena itu, sterilitas alat dan ruangan harus benar-benar dijaga.

Ketuban pecah dini juga berisiko menyebabkan demam saat akan melahirkan. Pecahnya ketuban mempermudah kuman untuk masuk ke dalam rahim ibu. Parahnya, kuman tersebut tidak hanya menginfeksi ibu tapi juga bayi yang dikandungnya. Sebaiknya kasus ketuban pecah dini segera diberi tindakan untuk mempercepat persalinan.

Menahan kontraksi rahim menyebabkan ibu lemas dan haus. Bila asupan cairan kurang ibu dapat menderita demam. Kebutuhan cairan ibu selama persalinan harus diperhatikan agar kejadian dehidrasi tidak berulang. Beri teh manis untuk mencukupi nutrisi ibu.

Dampak

Demam pada saat akan melahirkan tidak dapat disepelekan. Berbagai dampak negatif bisa saja muncul baik selama maupun setelah proses melahirkan. Demam saat persalinan yang tidak ditangani dapat berlanjut hingga masa nifas. Tandanya, ibu mengeluarkan cairan lokea yang amis, hijau, dan gatal.

Infeksi yang terjadi selama proses persalinan tersebut tidak hanya bersifat lokal, namun juga sistemik. Artinya, kuman masuk ke peredaran darah ibu yang mengganggu metabolisme umum. Dampak dari demam sistemik ini adalah penyembuhan luka yang lambat dan kurangnya hubungan ibu-bayi.

Menurut penelitian dari Universitas California, demam dapat meningkatkan resiko autis hingga dua kali lipat. Autis adalah salah satu penyakit mental pada anak yang ditengarai oeh kerusakan lobus tertentu pada otak. Bukan hanya buah hati, ibu juga dapat menderita kerusakan saraf otak apabila demam persalinan tidak segera tertangani.

Dari berbagai dampak negatif yang kemungkinan diderita ibu dan bayi, sebaiknya pemeriksaan suhu selama proses persalinan benar-benar dipantau. Apabila terjadi demam saat akan melahirkan, disarankan untuk segera mendapat antitbiotik agar kuman tidak menyebar ke daerah yang lain.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Page #Saat Melahirkan #Saat Persalinan

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Demam Saat Akan Melahirkan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.