Fakta Ibu Hamil 4 Bulan

In Persalinan Bayi
Fakta Ibu Hamil 4 Bulan

By kornrolla @morguefile.com

Tentunya keadaan ibu hamil tiap bulan berbeda sesuai dengan perkembangan janin yang ada dalam rahim dan perubahan di tubuhnya. Begitu pula pada ibu hamil 4 bulan. Lalu, apa saja yang terjadi pada ibu hamil usia 4 bulan? Ikuti uraian berikut untuk menemukan jawabannya.

Merasakan Pergerakan Janin

Ibu hamil 4 bulan akan merasakan pergerakan janin untuk pertama kalinya. Gerakan ini mungkin kurang dirasakan oleh sebagian ibu yang kurang peka. Namun, bagi ibu yang dapat merasakannya gerakan janin menjadi sensasi tersendiri. Gerakan janin ini merupakan salah satu tanda pasti kehamilan.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

TFU (Tinggi Fundus Uteri)

Tinggi fundus uteri sekitar pertengahan simpisis-pusat. Janin Anda kini sebesar kepala bayi. Saat meraba perut, Anda akan menemukan bentuk tubuh kecil dari janin yang disebut ballotemen. Anda sudah dapat mulai mengelus janin karena indera perabanya mulai berfungsi.

Nafsu Makan Bertambah

Jika sebelumnya ibu mengalami mual muntal, kini gejala tersebut sudah mereda. Ibu hamil telah dapat beradaptasi dengan baik pada usia kehamilan 4 bulan. Kini saatnya untuk memperbaiki gizi yang terganggu pada trimester awal. Makanlah makanan bergizi seimbang dengan porsi normal. Kalu bisa konsumsi susu hamil setiap hari.

Gairah Seks Muncul Kembali

Keluhan kehamilan pada ibu hamil 4 bulan sudah mereda sehingga gairah seksual ibu mulai bangkit. Keadaan ini didorong oleh pembesaran perut yang belum berarti dan hipervaskularisasi daerah vagina. Anda boleh melakukan hubungan seksual jika tidak terjadi penyulit kehamilan.

Plasenta Mulai Berperan

Plasenta ibu hamil 4 bulan telah terbentuk sempurna. Kini ovarium tidak lagi memproduksi hormon estrogen dan progesteron karena telah digantikan oleh plasenta. Peran lain plasenta adalah sebagai pintu keluar masuknya berbagai zat dari ibu ke janin dan sebaliknya. Oleh karena itu, ibu perlu menjaga kehamilannya agar tidak menularkan penyakit tertentu.

Sesak Nafas

Akibat peningkatan hormon progesteron adalah menurunnya tekanan CO2 dalam paru-paru. Keadaan ini menyebabkan hiperventilasi kehamilan sehingga ibu sukar bernapas. Oleh karena itu, ibu hamil akan bernafas dalam dan pelan. Terkadang keadaan ini membuat ibu sesak nafas saat istirahat.

Sistem Urinaria Lebih Nyaman

Karena rahim sudah keluar dari panggul, maka kandung kemih sudah tidak tertekan lagi. Akibatnya rasa sering kencing yang sebelumnya dialami kini telah reda. Ibu dapat minum sebanyak mungkin dan istirahat dengan tenang tanpa gangguan ingin kencing.

Warna Kulit Lebih Gelap

Hormon estrogen dan progesteron mengakibatkan peningkatan melanin. Hiperpigmentasi terjadi di sejumlah daerah seperti pipi dan perut. Rajin-rajinlah membersihkan wajah dan gunakan krim khusus ibu hamil untuk mencegah flek hitam pada wajah yang mengurangi kecantikan Anda.

Ibu hamil 4 bulan tentu perlu memeriksakan kehamilannya tiap satu bulan sekali untuk memastikan kesehatannya. Keadaan diatas tidak selalu dialami setiap ibu hamil. Ibu tetaplah manusia unik yang mengalami proses fisiologi berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas
  1. Sepatu Bayi Perempuan 4 Bulan - Tips Baju Bayi7 months ago

    […] FAKTA IBU HAMIL 4 BULAN | NAMA BAYI PEREMPUAN & … – Fakta dan ciri-ciri ibu hamil 4 bulan, seperti: merasakan gerakan janin, nafsu makan bertambah, gairah seks muncul kembali, gangguan sesak nafas, warna kulit … Tentunya keadaan ibu hamil tiap bulan …… […]

    Reply

Leave a reply "Fakta Ibu Hamil 4 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.