Fenomena Kehamilan Kembar Identik

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

http://namanakbayi.com/fenomena-kehamilan-kembar-identikKehamilan kembar identik terjadi pada 1 di antara 250 kehamilan. Kembar identik adalah dua janin yang berasal dari satu sel telur yang kemudian membelah. Karena berasal dari satu sel telur, maka fisik kedua bayi biasanya sama persis. Kebanyakan kembar monozigotik memiliki satu plasenta, satu korion, dan satu atau dua amnion.

Jumlah selaput amnion dan korion ini tergantung waktu pemisahan janin. Apabila janin berpisah sebelum 72 jam pertama kehidupan, maka akan terbentuk dua amnion dan dua korion. Pemisahan yang terjadi pada hari ke-4 hingga ke-8 pembuahan akan membentuk dua amnion dan satu korion. Sedangkan pemisahan yang terjadi pada hari ke-8 hingga ke-13 akan membentuk satu amnion dan satu korion.

Berat Badan

Berat badan bayi kembar lebih rendah daripada bayi tunggal karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu harus dibagi. Berat badan antara satu janin dengan yang lain juga tidak sama tergantung tempat implantasi plasenta. Jika plasenta menempel pada dinding yang memiliki banyak pembuluh darah, maka ia akan menjadi janin yang lebih gemuk.

Pembuluh Darah

Pembuhuh darah pada kehamilan kembar identik saling berhubungan antara bayi yang satu dengan yang lain. Saat dilahirkan, penolong harus berhati-hati dalam memotong tali pusat. Setelah tali pusat bayi pertama dipotong, langkah selanjutnya adalah mengikatnya. Jika tidak, akan terjadi perdarahan yang berasal dari bayi kedua yang belum dilahirkan.

Jantung

Pembuluh darah yang saling bersambungan menyebabkan sirkulasi darah tidak seimbang. Pada kehamilan kembar identik, jantung janin yang satu menguasai jantung dan peredaran darah janin yang lain melalui pembuluh darah yang lebih sempurna. Akibatnya, janin yang dikuasai mengalami hambatan tumbuh kembang seperti cacat fisik. Sementara janin yang menguasai peredaran darah beresiko terjadi hidramnion, polisistemia, edema, dan sebagainya.

Meski dikatakan kembar identik, namun bukan berarti seluruh fisik dan perilaku kedua manusia tersebut selalu sama. Janin pada kehamilan kembar identik memiliki beberapa gen yang berlainan sehingga membentuk tampilan fisik dan sifat yang berbeda. Itulah alasan mengapa keduanya bisa terjangkit penyakit yang berbeda saat dewasa nanti.

Keajaiban lain dari kehamilan kembar identik adalah jenis kelamin kedua janin yang selalu sama. Mungkin hal ini disebabkan sel telur hanya dibuahi satu sperma sehingga menghasilkan kelamin yang sama. Selain itu, kembar identik juga dapat bertahan hidup lebih lama daripada kembar dizigotik yang berasal dari dua sel telur. Namun, alasan mengapa hal ini bisa terjadi belum diketahui secara pasti.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar #Hamil Kembar Identik #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan
  1. author

    Novitursari4 years ago

    Assalammualaikum….
    Saya mau bertanya bu seputar kehamilan kembar.
    Kehamilan ptama sy kembar,pd usia kandungan 6bln bayi sy meninggal di dalam kndungan.keduanya tidak dapat terselamatkan..menurut dokter yang menangani saya,bayi sy mengalami lemah jantung.yang ingin sy tanyakan apakah penyebab utama dari kelainan jantung bayi dalam kandungan?atau ada hubungannya dengan makanan yang kita makan,atau virus?
    Bisakah kelainan jantung pada bayi dideteksi lebih dini?terima kasih atas perhatiannya.

    Reply
    • author

      novia syahida4 years ago

      terimakasih atas pertanyaannya. kelainan jantung ada berbagai jenis dan penyebab. untuk kelainan jantung sejak dini (janin) kemungkinan disebabkan oleh faktor keturunan atau virus seperti TORCH. Makanan juga bisa menjadi faktor predisposisi, bukan faktor utama. Asalkan ibu tidak menderita penyakit gizi kronis, biasanya faktor makanan tidak begitu berpengaruh.
      Kelainan jantung mungkin bisa dideteksi sejak terdengar denyut jantung pertama. Jika terjadi kelainan pada jantung, maka jumlah denyut permenit dan ritmenya akan berbeda.

      Reply

Leave a reply "Fenomena Kehamilan Kembar Identik"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.