Gejala Hamil Yang Paling Mudah Dikenali

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Gejala Hamil Yang Paling Mudah Dikenali

By broadway204 @morguefile.com

Perempuan yang sedang hamil seringkali mendapati kejanggalan yang merupakan gejala kehamilan. Gejala ini disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada sistem endokrin yang kemudian mempengaruhi sistem pencernaan, pernafasan, reproduksi, serta merubah beberapa bagian tubuh.

Gejala hamil ini tidak selalu terjadi pada setiap perempuan. Ada sebagian perempuan yang tidak merasakan gejala tersebut sama sekali.

Sistem Pencernaan

Pada awal kehamilan seringkali perempuan mengalami nausea, yaitu mual muntah yang terjadi di pagi hari. Biasanya gejala ini disebut morning sickness. Gejala kehamilan yang satu ini diperparah dengan indera penciuman yang semakin tajam sehingga ibu hamil akan mual jika mencium aroma tak sedap.

Gejala kehamilan lain yang berhubungan dengan pencernaan adalah konstipasi atau susah buang air besar. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron yang memperlambat gerakan usus halus. Biasanya wanita hamil juga mengalami epulis atau gusi mudah berdarah dan hipersalivasi (pengeluaran air ludah secara berlebihan). Epulis terjadi akibat hipertrofi pada gusi.

Semua tanda gejala di atas menurunkan selera makan sehingga berat badan sedikit menurun. Nah, bagi Anda yang malas makan, bisa jadi sedang berbadan dua. Solusinya adalah makan sedikit tapi sering.

Pernafasan
Gejala hamil yang lain adalah perubahan pada pola pernafasan wanita. Perempuan hamil akan bernafas lebih dalam dan lambat. Ini disebabkan desakan diafragma ke arah dada atau karena kelelahan akibat perubahan yang terjadi.

Kardiovaskuler
Tekanan darah ibu hamil cenderung menurun yang diikuti percepatan denyut nadi. Gejala kehamilan ini terjadi akibat peningkatan kebutuhan darah ibu dan janin. Biasanya ibu hamil akan merasakan jantungnya berdetak lebih cepat.

Reproduksi
Pada beberapa ibu yang peka akan merasakan perut bagian bawahnya menegang dan ada benjolan kecil saat diraba. Mungkin anda akan menemukan gejala ini hampir seperti orang yang sedang menahan kencing. Namun, gejala kehamilan ini belumlah pasti karena bisa jadi anda sedang terserang tumor. Karena rahim membesar, maka kandung kemih akan tertindih. Akibatnya ibu jadi sering kencing. Gejala hamil ini terjadi pada trimester pertama, menghilang pada trimester dua, dan muncul lagi pada trimester tiga.

Gejala kehamilan lain yang masih menyangkut sistem reproduksi adalah amenore. Gejala yang satu ini adalah yang paling dirasakan oleh ibu hamil. Namun tidak menstruasi bukan berarti anda pasti hamil. Bisa jadi menstruasi terlambat karena sedang stres atau sakit.

Payudara
Tanda kehamilan yang biasa terjadi pada ibu hamil adalah payudara bertambah berat, menegang dan membesar. Payudara anda juga akan terasa nyeri jika tersenggol. Pembuluh darah di sekitar payudara akan membesar dan berwarna lebih gelap. Puting susu ibu hamil biasanya menonjol diikuti dengan penonjolan kelenjar montgomeri. Warna di sekitar puting dan areola menjadi lebih gelap. Terkadang areola juga bertambah lebar. Gejala kehamilan seperti ini dirasakan oleh sebagian besar ibu hamil.

Kulit
Perubahan kulit juga biasa terjadi pada kehamilan. Gejala yang paling nampak adalah hiperpigmentasi pada kulit muka yang disebut kloasma gravidarum. Gejala ini tidak selalu dialami oleh ibu hamil. Hiperpigmentasi juga biasa terjadi pada daerah perut. Sebagian ibu akan mendapati garis-garis di perut yang disebut striae atau warna garis perut menjadi lebih gelap. Gejala hamil ini lebih terlihat pada
ibu primigravida.

Semua tanda gejala di atas merupakan ketidaknyamanan yang biasa dialami ibu hamil. Seringkali ibu hamil menjadi mudah lelah akibat perubahan yang terjadi. Selain itu, gejala-gejala tersebut juga membuat psikis ibu hamil terganggu. Akibatnya ibu jadi mudah tersinggung.

Tanda gejala kehamilan di atas bukanlah diagnosis pasti kehamilan. Untuk memastikannya Anda harus melakukan tes kehamilan, merasakan gerakan janin, dan mendengarkan detak jantung janin yang merupakan tiga tanda pasti kehamilan.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Page #Page #Persalinan Bayi #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Gejala Hamil Yang Paling Mudah Dikenali"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.