Gerakan Senam Hamil dan Manfaatnya

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Gerakan Senam Hamil Dan Manfaatnya

By a1bargain @morguefile.com

Gerakan senam hamil dikhususkan untuk mendukung kebugaran ibu dan janin. Daerah yang dilatih adalah otot-otot sekitar perut dan panggul. Tujuannya, agar perut ibu tidak menggantung dan mempermudah persalinan. Setiap gerakan mempunyai manfaat tersendiri. Mau tahu lebih lanjut?

Sebelum melakukan senam hamil, pilihlah lokasi dengan udara bebas dan luas, misalnya di taman rumah. Lakukan senam hamil pada pagi hari ketika udara masih bersih. Dengan demikian, Anda akan memperoleh udara bersih yang menyehatkan paru-paru. Ambil nafas dalam-dalam dan hembuskan.

Gerakan senam hamil ini hanya boleh dilakukan ibu dengan usia kehamilan lebih dari 22 minggu. Bagi ibu hamil muda sebaiknya hanya melakukan jalan-jalan pagi saja. Alasannya, kandungan ibu belum kuat untuk melakukan gerakan tersebut sehingga dikhawatirkan akan keguguran. Ibu juga harus bebas komplikasi dan lolos skrining abnormalitas kehamilan apabila ingin melaksanankan senam hamil. Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

1. Gerakan Kepala

Tekuk kepala ke depan dan belakang (seperti orang mengangguk), kemudian ke samping, menengok ke samping, dan terakhir memutar. Gerakan senam hamil ini termasuk dalam pemanasan. Tujuannya untuk melemaskan otot sekitar leher.

2. Gerakkan Tangan Anda

Duduk tegak bersila di atas matras. Tekuk telapak tangan Anda di pundak. Gerakkan keduan tangan memutar ke depan dan kebelakang secara bergantian. Gerakan tangan ini bertujuan memperkuat otot di sekitar payudara agar tidak kendur serta mengurangi pegal-pegal dan rasa pusing.

3. Gerakan Kaki

Luruskan kaki Anda dan gerakkan secara memutar. Setelah itu, angkat kaki Anda secara bergantian. Cara ini bertujuan untuk melemaskan otot kaki dan menghilangkan bengkak. Gerakan senam hamil ini juga dapat melancarkan peredaran darah.

4. Menguatkan otot Perut

Posisikan diri Anda seperti orang yang hendak merangkak. Angkat tumit kaki sehingga hanya ujung kaki yang menginjak lantai. Letakkan tangan Anda di kepala bagian bawah. Berjalanlah ke depan semampu Anda. Tujuan gerakan ini adalah menguatkan otot-otot panggul sehingga memudahkan persalinan.

5. Duduk Berjinjit

Cari alat yang dapat Anda gunakan untuk berpegangan, misalnya kursi atau tembok. Pegang alat tersebut kemudian jongkok dengan mengangkat tumit. Tegakkan badan Anda dan kencangkan perut. Bertahanlah hingga hitungan ke-10, setelah itu berdiri dan ulangi lagi. Gerakan senam hamil ini bermanfaat mengencangkan otot panggul dan perut.

6. Tidur

Sangga perut Anda dengan guling. Silangkan kaki Anda. Cara ini dapat melepaskan kelelahan setelah senam hamil. Posisi tidur yang demikian baik untuk ibu hamil.

Demikian gerakan senam hamil yang mudah dan praktis. Untuk mencegah rasa malas, hendaknya Anda mengikuti kelas ibu hamil. Di sana Anda akan bertemu ibu-ibu hamil yang lain sehingga lebih bersemangat. Selain itu, Anda juga mendapatkan materi seputar kehamilan. Semoga bermanfaat bunda.

Tags: #Kehamilan #Kehamilan Trisemester 2 #Manfaat Senam Hamil #Page #Senam Ibu Hamil

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Gerakan Senam Hamil dan Manfaatnya"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.