Gizi Ibu Hamil, Apa Yang Harus Diperhatikan?

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Gizi Ibu Hamil

By jppi @morguefile.com

Saat Anda hamil, Anda sudah mulai mempunyai kesadaran bahwa di dalam tubuh Anda ada yang harus diperhatikan, yaitu calon bayi Anda. Jadi, apa yang Anda konsumsi akan berpengaruh bagi tumbuh kembang janin yang Anda kandung.

Kebutuhan gizi ibu hamil bisa dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Selain itu, dibutuhkan juga vitamin atau suplemen penunjang.

Nah, apa saja yang perlu diketahui mengenai pemenuhan nutrisi ibu hamil ? Yang pasti, berikut ini adalah syarat makanan yang sehat untuk ibu hamil:

  • Makanan tersebut tidak membawa pengaruh negatif bagi perkembangan janin
  • Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi  (protein, lemak, mineral dll)
  • Memberikan energi yang cukup bagi perkembangan ibu dan bayi
  • Mendukung metabolisme dalam pemelliharaan kesehatan (berat badan, gula darah dll)

Nah, sekarang mari kita bahasa satu per satu zat yang dibutuhkan dan bagaimana cara memenuhi asupan gizi ibu hamil :

Protein

Berperan dalam pembentukan sel darah, selain untuk kalori. Ibu hamil membutuhkan protein 10 gr lebih banyak ketimbang biasanya. Untuk memenuhi kebutuhan protein, konsumsi ikan (yang aman tentunya), daging dan telur. Sebagai tambahan, konsumsi suplemen kalsium 1000 mg setiap hari untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi.

Asam Folat

Pada hamil trimester pertama, tambahan kebutuhan asam folat sangat diperlukan dalam pembentukan sel-sel dan sistem syaraf. Jika kita kerap mendengar bayi lahir dengan beragam kelainan seperti bibir sumbing, spina bifida (tulang belakang tidak bersambung), itu karena kurang konsumsi asam folat. Nah, bagaimana cara memenuhi kebutuhan zat yang satu ini? Banyak-banyaklah mengonsumsi sayuran berwarna hijau, beras merah dan buah-buahan.

Kalori

Kebutuhan kalori ibu hamil bertambah 300-400 kkal per hari. Anda bisa memvariasikan makanan Anda untuk memenuhi kebutuhan kalori. Idealnya, pemenuhan kalori 55% berasal dari umbi-umbian dan nasi, 35% dari lemak nabati dan hewani, dan 10% sisanya dari buah-buahan dan sayur.

Zat Besi

Zat satu ini tidak kalah pentingnya dengan asam folat. Kekurangan zat besi akan menyebabkan kelahiran prematur, bayi dengan kecerdasan yang rendah dan ibu hamil yang kekurangan zat besi bisa mengalami anemia atau kekurangan darah merah.

Hampir sama dengan asam folat, Anda bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan banyak mengonsumsi sayuran, daging, kacang-kacangan dan telur.

Jangan lupakan juga kebutuhan vitamin dan banyak-banyaklah minum air putih. Jaga selalu kehamilan Anda.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Gizi Ibu Hamil, Apa Yang Harus Diperhatikan?"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.