TIPS MEMILIH DOKTER SPESIALIS KANDUNGAN TERBAIK UNTUK IBU HAMIL | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Hamil Muda, Saatnya Memilih Dokter Kandungan Terbaik

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Penting tidak sih memilih dokter spesialis kandungan terbaik itu? Jawabnya, jelas sangat penting. Sebab, selama kurang lebih 9 bulan ibu hamil akan selalu berhubungan dengan dokter kandungan, baik pada saat pemeriksaan kehamilan (USG) maupun pada saat proses persalinan/melahirkan nanti. Begitu pentingnya peran dokter ahli kandungan, maka sangat dianjurkan untuk Anda memilih dokter kandungan yang terbaik.

Bagaimana ciri-ciri dokter kandungan yang baik ?

Dokter kandungan yang baik adalah dokter yang bisa “klik” dengan Anda. Masing-masing invidu pastinya mempunyai penilaian yang berbeda-beda soal ini. Tapi yang jelas ciri-ciri dokter kandungan yang bagus di antaranya adalah berpengalaman dan berkompeten di bidang obstetri dan (kandungan) dan ginekologi (kebidanan), bisa berkomunikasi dengan baik kepada pasien alias tidak pelit berbicara, mendukung IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan pemberian ASI eksklusif, serta mampu mengambil tindakan-tindakan secara profesional terutama pada saat proses persalinan nanti.
Selain itu, dokter kandungan juga sebaiknya senang hati pada saat dihubungi melalui telepon, terutama saat kondisi darurat.

Pilih dokter kandungan wanita atau pria?

Ini tergantung dari kenyamanan Anda. Jika Anda nyaman dengan dokter kandungan perempuan, maka carilah informasi mengenai praktek dokter kandungan wanita di kota Anda. Begitu pula sebaliknya.

Kapan sebaiknya mencari dokter spesialis kandungan ?

Setelah Anda diketahui hamil (hamil muda), saat itulah Anda harus mulai mencari dokter kandungan yang bagus. Idealnya ini dilakukan pada saat usia awal kehamilan, karena Anda masih bisa “lincah” bergerak kesana kemari.

Bagaimana cara mendapatkan dokter ahli kandungan yang bagus ?

Banyak. Bisa melalui buku, internet (mailing list, forum, blog, dll), atau referensi dari saudara/teman. Jika sudah mendapatkan “bocoran” dokter, segera kunjungi dokter yang dimaksud. Seandainya Anda kurang cocok dengan dokter tersebut, Anda masih punya waktu untuk mencari penggantinya. “Tour” dari satu rumah sakit ke rumah sakit yang lain memang perlu, selama Anda belum mendapatkan dokter kandungan yang cocok.

Bagaimana fasilitasnya yang diberikan?

Praktik dokter kandungan bisa di mana saja, baik di rumah sakit umum, rumah bersalin, rumah sakit ibu dan anak, atau klinik. Nah, masalahnya bagaimana dengan fasilitas yang diberikan, apakah sudah memenuhi standar atau belum? Biasanya rumah sakit umum mempunyai fasilitas lengkap karena sudah tersedia ruang operasi, inkubator, NICU, ICU, vakum, forsep, induksi, dan mobil ambulance.

Apa pertimbangan lain saat mencari dokter ?

Pertimbangan pertama tentunya adalah biaya, baik saat pemeriksaan bulanan (biaya USG) maupun biaya persalinan. Pastikan juga apakah rumah sakit tersebut menerima klaim asuransi kesehatan, khususnya jika Anda ingin menggunakan fasilitas tunjangan/asuransi yang Anda punya. Selain biaya, Anda juga perlu menimbang lokasi rumah sakit dengan rumah Anda. Jauh dekat lokasi rumah sakit akan sangat berpengaruh pada saat kandungan Anda sudah besar dan proses melahirkan nanti.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih dokter kandungan yang bagus atau baik. Meskipun terlihat agak ribet, tapi Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri bila sudah menemukan dokter spesialis kandungan yang sesuai dengan kemauan Anda.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , Read 140 articles by

4 Comments

  1. rida says:

    Selamat sore admin…
    Saya ibu muda berusia 17 tahun dgn usia kandungan kurang lebih 4minggu
    Saya ingin menanyakan dokter kandungan yg bagus di Kuala lumpur dmna ya ?
    Sebab saya saat ini stay di KL, tapi sebelumnya saat saya masih dibandung saya sempat pergi ke dokter di Borromeus…

    Mohon info lengkapnya ya, soalnya saya gak tau standar and kinerja dokter kandungan disini

    Terimakasih

    • namanakbayi says:

      Selamat atas usia kandungannya ya…
      Untuk dokter kandungan di Kuala Lumpur kami kurang begitu tahu… Tapi sepertinya pelayanan dokter/rumah sakit di Kuala Lumpur rata2 lebih baik…
      Untuk menyiasatinya, coba Anda cari2 di forum atau milis… biasanya ada rekomendasi dokter kandungan bagus…

      Terima kasih

  2. selvi says:

    dok saya sudah periksa di dokter kandungan saya baik, dan suami saya juga periksa hasilnya juga baik, yang saya ingin tanyakan apakah ini pengaruh sel telur saya kecil atau bagaimana? trima kasih atas penjelasan dok

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Cari Cepat Artikel via Google

    Social Media & Video

    Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
    Kebun Emas 300 x 250
    Belajar Bahasa Inggris Cepat

    Categories