Hari Ini Biaya Melahirkan Masih Gratis

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Hari Ini Biaya Melahirkan Masih Gratis

By ba1969 @sxc.hu

Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Anak (AKA) merupakan dua program utama pemerintah untuk mensukseskan MDG (Millennium Development Goal). Berbagai cara ditempuh agar program tersebut berhasil. Cara tersebut dimulai dari penempatan dua bidan dalam satu desa, Acuan Persalinan Normal, berbagai bentuk pelaporan, standar pemeriksaan kehamilan, hingga biaya melahirkan gratis.

Semula biaya persalinan bagi rakyat miskin dimasukkan dalam program Jamkesmas atau Jamkesda. Bagi yang tidak mendapatkan kartu Jamkesmas maupun Jamkesda bisa melakukan tabulin/ tabungan ibu bersalin. Bidan desa membuat program mandiri untuk membiayai persalinan masyarakat miskin seperti mengadakan program dana sosial.

Kini, seluruh warga Negara Indonesia, baik yang kaya maupun miskin dapat menikmati biaya persalinan gratis. Program ini telah dirilis sejak tahun 2011. Tujuan Kementerian Kesehatan mengadakan program ini adalah untuk mengurangi jumlah kematian ibu dan anak.

Isu Baby Boom Tidak Terbukti

Pada awal pelaksanaan program biaya persalinan gratis ini tersebar isu akan adanya baby boom. Hingga detik ini isu tersebut tidak terjadi. Pola pikir masyarakat Indonesia telah berubah. Bila dahulu sulit ber-KB sekarang justru gemar. Pasalnya, masyarakat tidak hanya memikirkan biaya kelahiran saja, namun juga perawatan, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.

Syarat Jampersal

Syarat yang diajukan pemerintah untuk mendapatkan biaya persalinan gratis cukup praktis. Anda hanya perlu menyerahkan buku merah jambu sebagai dokumentasi pemeriksaan kehamilan, KTP, dan fotokopi kartu keluarga. Syarat tersebut adalah syarat umum. Terkadang masing-masing daerah memberikan syarat tambahan ringan selain ketiga syarat di atas.

Siapa Saja Sasaran Jampersal?

Jampersal melayani pemeriksaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas hingga 42 hari, dan bayi usia 0-28 hari. Paket pelayanannya mulai pemeriksaan ibu hamil sebanyak 4 kali, persalinan normal maupun dengan

Dimana Bisa Mendapatkan Pelayanan?

Sasaran jampersal bisa mendapatkan pelayanan gratis di puskesmas, rumah sakit pemerintah, bidan atau dokter praktek yang telah menandatangani kerjasama jampersal, rumah bersalin dan rumah sakit swasta yang telah berkolaborasi. Semua penerima layanan jampersal di rumah sakit akan ditempatkan di kelas 3. Untuk ibu bersalin dengan penyulit tetap gratis biaya persalinan asal mendapat surat rujukan dari fasilitas kesehatan dasar.

Nah, cukup mudah bukan untuk mendapatkan biaya melahirkan gratis dari pemerintah? Jadi diharapkan tidak ada lagi persalinan yang ditolong oleh dukun atau terlambat ke fasilitas kesehatan dengan alasan biaya.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Biaya Persalinan Gratis #Hamil Kembar Siam #Kehamilan #Melahirkan Gratis #Persalinan Gratis

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas
  1. author

    resva2 years ago

    ada family saya yang mau melahirkan..tapi tak di acuhkan sama pihak rumah sakit.alasannya jampersal nya tidak berlaku..padahal biaya bersalin gratis..bahkan untuk orang kaya atau miskin.padahal family saya itu kurang mampu..tak mempunyai biaya..tolong beri bantuan n tanggapannya bu

    Reply

Leave a reply "Hari Ini Biaya Melahirkan Masih Gratis"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.