Hormon Yang Berperan Dalam Persalinan Wanita Hamil

In Persalinan Bayi
Hormon Yang Berperan Dalam Persalinan Wanita Hamil

By planetka @sxc.hu

Siklus hidup wanita tak lepas dari pengaruh berbagai hormon sejak masih di dalam kandungan hingga lanjut usia. Pada saat hamil dan melahirkan, peranan hormon tersebut meningkat guna melakoni proses yang dialami setiap wanita. Berikut ini akan kita bahas mengenai hormon yang bersangkutan dengan persalinan wanita hamil.

Menjelang persalinan terjadi penurunan hormon progesteron. Hormon ini berfungsi menyiapkan kondisi rahim agar dapat dihuni calon janin. Pada masa awal kehamilan, progesteron sangat dibutuhkan agar tidak tejadi keguguran. Namun, menjelang persalinan wanita fungsi tersebut sudah tidak diperlukan lagi sehingga produksinya menurun.

Di sisi lain produksi estrogen, oksitosin, dan prostaglandin meningkat pesat. Peningkatan ini tentu juga dipengaruhi hormon-hormon lain yang dari hipofise seperti somatomamotropin, luteinizing hormon, relaksin, dan sebagainya.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Estrogen

Bersama hormon yang lain estrogen meningkat menjelang persalinan. Hormon ini bekerja merangsang kelenjar mammae dan menyebabkan kontraksi rahim. Hormon ini dihasilkan oleh plasenta selama proses kehamilan terjadi hingga saat melahirkan tiba.

Relaksin

Hormon ini berfungsi melunakkan serviks dan jalan lahir sehingga siap untuk dilalui bayi. Hormon ini diproduksi oleh korpus luteum (bagian tepi rahim). Hormon ini sangat berperan dalam percepatan proses persalinan wanita.

Oksitosin

Hormon oksitosin banyak diproduksi menjelang persalinan. Oksitosis menyebabkan kontraksi otot-otot polos uterus yang berfungsi mendorong penurunan kepala bayi. Disisi lain, hormon oksitosin bertugas menyiapkan laktasi dengan membuka saluran ASI dari alveolus ke puting payudara. Produksi oksitosin bertambah apabila dilakukan stimulasi puting susu. Cara ini dilakukan apabila kontraksi rahim ibu inadekuat.

Prolaktin

Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofise anterior ini bertugas menstimulasi pertumbuhan alveolus pada payudara. Pengeluaran hormon ini dipacu oleh estrogen. Pada akhir kehamilan atau menjelang persalinan wanita prolaktin bertugas memproduksi air susu untuk bayi setelah dilahirkan.

Prostaglandin

Prostaglandin bekerja membantu oksitosin dan estrogen dalam merangsang aktivitas otot polos. Hormon ini dihasilkan oleh rahim dan produksinya meningkat pada akhir kehamilan. Terkadang wanita juga mendapatkan prostaglandin dari sperma saat berhubungan intim. Oleh karena itu, bagi ibu hamil yang waktu persalinannya mundur disarankan untuk berhubungan seks agar mendapatkan pasokan prostaglandin untuk memicu kontraksi uterus.

Tags: #Melahirkan Ibu Hamil #Persalinan Ibu Hamil #Persalinan Wanita

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Hormon Yang Berperan Dalam Persalinan Wanita Hamil"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.