Ibu Hamil, Perlukah Pemeriksaan Toksoplasma ? Apa Akibatnya Bagi Janin ?


Karena kurangnya informasi, tidak sedikit wanita yang belum mengetahui apa itu Tokso. Tokso adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit toksoplasma gondii yang bisa mengakibatkan gangguan pada janin, seperti cacat bawaan atau bahkan keguguran. Penyakit toksoplasma sebenarnya bisa menyerang siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki, termasuk ibu hamil maupun yang tidak. Hanya saja jika ibu hamil, resikonya jauh lebih tinggi terutama bagi janin yang dikandungnya. Itulah sebabnya, penyakit toxoplasma merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh ibu hamil.

Penyebab Toksoplasma

Penyebab penularan penyakit tokso bermacam-macam, antara lain: sering makan sayuran mentah (lalapan), makan daging/steak setengah matang, memelihara binatang peliharaan (anjing, kucing, burung, babi, kelinci, kambing, dsb), atau kontak langsung dengan penderita tokso.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Pemeriksaan Toksoplasma pada Ibu Hamil dan Biaya Tes Torch

Pemeriksaan / Tes Torch

Tes Torch adalah sebutan resmi dari tes tokso. Kapan pemeriksaan torch sebaiknya dilakukan? Idealnya periksa atau tes tokso itu dilakukan sebelum menikah. Jadi, itulah salah satu alasannya kenapa tes kesehatan sebelum menikah (tes kesehatan pra nikah) sering didengungkan belakangan ini. Tapi untuk Anda yang sudah terlanjur menikah atau mungkin sudah hamil, tes / periksa torch pun masih tetap dianjurkan. Seperti kata pepatah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan pada janin Anda.

Berapa biaya Tes Torch ?

Lumayan mahalnya biaya tes torch menjadi salah satu penyebab banyaknya orang enggan untuk melakukan pemeriksaan. Memang berapa sih, biaya pemeriksaan torch itu? Ini tergantung dari tes-tes apa saja yang Anda ambil dengan mengkonsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Jika Anda sekalian melakukan serangkaian tes lengkap, misalnya: pemeriksaan Hematologi (Hemoglobin, Lekosit, Hematokrit, Trombosit),  Pemeriksaan Kimia Darah (Glukosa, SGOT/AST, SGPT/ALT), dan Pemeriksaan Torch (Toxoplasma IgG/IgM, Rubella IgG/IgM, CMV IgG/IgM, HSV IgG/IgM), biayanya berkisar Rp1.500.000/tahun 2011. Nah, jika Anda hanya melakukan pemeriksaan Torch saja, tentu biayanya sedikit lebih murah.

Bagaimana Cara Membaca Hasil Pemeriksaan Torch ?

Hasil pemeriksaan torch bisa langsung ditanyakan ke dokter spesialis kandungan atau bisa juga dibaca sendiri. Apabila ingin membaca sendiri, berikut adalah cara membaca hasil pemeriksaan torch.

Hasil tes ToksoplasmaIgM PositifMenunjukkan reaksi antibodi terhadap infeksi toksoplasma terjadi di masa kini atau dalam beberapa bulan terakhir.
IgG PositifMenunjukkan pasien pernah terpapar parasit toksoplasma di masa lampau.
Hasil tes RubellaIgM NegatifMenunjukkan reaksi antibodi terhadap infeksi rubella tidak terjadi di masa kini atau dalam beberapa bulan terakhir.
IgG PositifArtinya pernah terpapar rubella di masa lampau.
Hasil tes CMVIgM NegatifMenunjukkan reaksi antibodi terhadap infeksi CMV tidak terjadi di masa kini atau dalam beberapa bulan terakhir.
IgG PositifPasien pernah terpapar CMV di masa lampau.
Hasil tes HSVIgG NegatifMenunjukkan pasien tidak pernah terpapar virus Herpes Simpleks di masa lampau.
IgM Boderline 0,84Ada kemungkinan pasien terpapar virus tersebut di masa kini.

Sumber: buku seri Ayahbunda “9 bulan yang Menakjubkan”

Untuk memastikan keakuratan hasil pemeriksaan torch, tidak jarang dokter menyarankan untuk melakukan tes ulang. Ini tak lain disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya faktor mesin atau akibat penurunan atau peningkatan titer IgG dan IgM sesuai dengan kondisi terbaru pasien.

Tags: #Biaya Persalinan Gratis #Melahirkan Gratis #Melahirkan Ibu Hamil #Melahirkan Normal #Melahirkan Tanpa Jahitan #Persalinan di Rumah #Persalinan Gratis #Persalinan Ibu Hamil #Persalinan Normal #Persalinan Tanpa Jahitan #Persalinan Wanita #Proses Persalinan Normal #Sakit Saat Melahirkan #Tips Persalinan Normal

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas
  1. Ibu Hamil, Perlukah Pemeriksaan Toksoplasma ? Apa Akibatnya Bagi Janin - VIVAforum3 years ago

    […] toxoplasma merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh ibu hamil. Selengkapnya: Ibu Hamil, Perlukah Pemeriksaan Toksoplasma ? Apa Akibatnya Bagi Janin ? Duh, Susahnya Cari Dokter Spesialis yang Komunikatif dan […]

    Reply
  2. author

    Fajar Kuswaya3 years ago

    Berkhasiat untuk membantu menyehatkan rahim dari segala macam penyakit gagal rahim dan penyakit TORCH. Komposisi : Phalariae Fructus, Zedoariae Rhizoma, Morindae Citrifolia, Andrographidis Herba, dll. Harga Rp. 275.000,- (60 kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Pemesanan hubungi : Telp. 021 – 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

    Reply
  3. author
    Author

    Catur HP3 years ago

    Halo mas Anang, beberapa waktu yang lalu saya sempat melihat acara di televisi, di mana seorang laki-laki juga mengalami hal serupa seperti Anda yaitu mata buram akibat toksoplasma. Dan untuk membantu penglihatannya dia menggunakan kaca mata.
    Nah bedanya, dia sudah tahu bahwa matanya buram akibat toksoplasma yang menyerang ibunya dulu saat mengandungnya. Ibunya memang mengakui kalau dulu suka bermain-main dengan kucing. Jadi melalui kucing itulah penularan tokso itu terjadi.
    Yang ingin saya tahu, apakah mata Anda buram sejak kecil atau di usia 19 tahun ini? Soalnya, seingat saya di tanyangan itu matanya buram sejak kecil. Untuk mengetahui Anda tertular tokso dari mana, coba tanyakan pada ibu Anda, apakah ibu Anda dulu suka bermain-main dengan kucing atau binatang lainnya yang menyebabkan tokso atau tidak.
    Saran saya, Anda cari second opinion ke dokter lain.

    Reply
  4. author

    ririn kamila3 years ago

    Dear mas catur,
    saya di vonis dokter terinfeksi virus tokso sejak kecil dan menyerang mata kiri saya. Dan sekarang kondisi saya sedang hamil 6 minggu, sebaiknya langkah apa yang harus saya lakukan berkenaan dengan kehamilan saya ini?
    Terimakasih

    Reply
    • author
      Author

      Catur HP3 years ago

      Sebaiknya Anda bekonsultasi langsung ke dokter kandungan mumpung usia kehamilan Anda masih muda.
      Jangan lupa terus berdoa, agar bayi Anda nanti lahir sehat dan selamat ya….

      Reply
  5. author

    putri peni3 years ago

    mas catur, saya wanita usia 25 tahun. tahun depan saya akan menikah. mama saya merasa khawatir sekali, karena saya suka sekali dengan kucing. saya punya kucing dan tidur bareng kucing saya. mama saya takut saya terkena tokso.saya ingin sekali periksa ke dokter. tp saya takut biayanya mahal. kalo kira2 untuk tes kokso saja berapa ya kira2 biayanya mas? kalo boleh tau masa penyembuhannya itu berapa lama? cara penyembuhannya melalui obat atau apa?
    terimakasih banyak mas catur

    Reply
    • author
      Author

      Catur HP3 years ago

      Biaya untuk tes tokosoplasma saja sekarang mungkin berkisar Rp500.000-1.000.000. Kalo masa penyembuhannya setahu saya tergantung banyak hal ya. Cara penyembuhannya biasanya pasien diberikan obat.

      Reply

Leave a reply "Ibu Hamil, Perlukah Pemeriksaan Toksoplasma ? Apa Akibatnya Bagi Janin ?"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.