Imunisasi Bayi Baru Lahir : Hepatitis B dan Polio

Imunisasi Polio pada BayiSesuai dengan jadwal imunisasi terbaru, bayi baru lahir akan diberikan 2 jenis imunisasi pertama, yakni: Hepatitis B-1 dan Polio-0. Dua macam imunisasi ini adalah imunisasi pada bayi yang diwajibkan oleh pemerintah. Imunisasi Hepatitis B pertama dilakukan dalam waktu 12 jam setelah lahir, sementara imunisasi polio pertama dilakukan saat bayi dipulangkan dari rumah sakit untuk menghindari transmisi virus vaksin ke bayi lain.

Tujuan Imunisasi Hepatitis B

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B (VHB) yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun, bahkan hingga berlanjut menjadi kanker hati. Penularan penyakit ini salah satunya berasal dari ibu yang telah mengidap virus Hepatitis B kepada bayinya sewaktu proses persalinan. Manfaat imunisasi hepatitis B sangat besar untuk mencegah penularan penyakit ini. Imunisasi hepatitis B berikan dengan cara disuntik pada bagian paha atau lengan.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Tujuan Imunisasi Polio

Polio adalah penyakit lumpuh layu pada salah satu anggota gerak manusia yang diakibatkan oleh virus polio. Jadi, manfaat imunisasi polio yakni untuk mencegah gangguan-gangguan gerak pada tubuh yang disebabkan oleh virus polio. Imunisasi jenis ini diberikan dengan cara meneteskan vaksin ke dalam mulut. Diharapkan vaksin tersebut nantinya bisa merangsang kekebalan lokal di usus, yang kemudian dikeluarkan melalui feses. Dengan begitu zat kekebalan yang sudah terbentuk dan dikeluarkan melalui feses tersebut dapat membunuh virus polio yang ada di luar. Kontra indikasi imunisasi polio, kemungkinan vaksin tidak bisa bekerja bila anak sedang diare berat karena adanya gangguan penyerapan vaksin oleh usus. Untuk itu, sebaiknya saat imunisasi polio bayi/anak tidak sedang diare berat.

Efek Samping Imunisasi Hepatitis B dan Polio

Efek imunisasi hepatitis B berupa nyeri pada bagian yang disuntik, demam ringan, atau pembengkakan. Efek ini hanya berlangsung sekitar 1-2 hari, kemudian menghilang dengan sendirinya. Sementara efek imunisasi polio dapat berupa kejang-kejang, namun kejadian ini jarang terjadi.

Biaya Imunisasi Hepatitis B dan Polio

Biaya imunisasi hepatitis B maupun polio masih bisa dijangkau oleh masyarakat. Terlebih, 2 jenis imunisasi ini merupakan imunisasi wajib yang diprogramkan oleh pemerintah, sehingga harganya saat ini masih disubsidi. Sebagai gambaran, harga imunisasi Hepatitis B dan Polio sebesar Rp50.000/tahun 2011 di salah satu rumah sakit pemerintah di Bandung (tanpa Dokter Spesialis Anak).

Tags: #Cara Tahu Kalau Hamil

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Imunisasi Bayi Baru Lahir : Hepatitis B dan Polio"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.