JADWAL IMUNISASI PADA BAYI BARU LAHIR : HEPATITIS B & POLIO | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Imunisasi Bayi Baru Lahir : Hepatitis B dan Polio

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Imunisasi Polio pada BayiSesuai dengan jadwal imunisasi terbaru, bayi baru lahir akan diberikan 2 jenis imunisasi pertama, yakni: Hepatitis B-1 dan Polio-0. Dua macam imunisasi ini adalah imunisasi pada bayi yang diwajibkan oleh pemerintah. Imunisasi Hepatitis B pertama dilakukan dalam waktu 12 jam setelah lahir, sementara imunisasi polio pertama dilakukan saat bayi dipulangkan dari rumah sakit untuk menghindari transmisi virus vaksin ke bayi lain.

Tujuan Imunisasi Hepatitis B

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B (VHB) yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun, bahkan hingga berlanjut menjadi kanker hati. Penularan penyakit ini salah satunya berasal dari ibu yang telah mengidap virus Hepatitis B kepada bayinya sewaktu proses persalinan. Manfaat imunisasi hepatitis B sangat besar untuk mencegah penularan penyakit ini. Imunisasi hepatitis B berikan dengan cara disuntik pada bagian paha atau lengan.

Tujuan Imunisasi Polio

Polio adalah penyakit lumpuh layu pada salah satu anggota gerak manusia yang diakibatkan oleh virus polio. Jadi, manfaat imunisasi polio yakni untuk mencegah gangguan-gangguan gerak pada tubuh yang disebabkan oleh virus polio. Imunisasi jenis ini diberikan dengan cara meneteskan vaksin ke dalam mulut. Diharapkan vaksin tersebut nantinya bisa merangsang kekebalan lokal di usus, yang kemudian dikeluarkan melalui feses. Dengan begitu zat kekebalan yang sudah terbentuk dan dikeluarkan melalui feses tersebut dapat membunuh virus polio yang ada di luar. Kontra indikasi imunisasi polio, kemungkinan vaksin tidak bisa bekerja bila anak sedang diare berat karena adanya gangguan penyerapan vaksin oleh usus. Untuk itu, sebaiknya saat imunisasi polio bayi/anak tidak sedang diare berat.

Efek Samping Imunisasi Hepatitis B dan Polio

Efek imunisasi hepatitis B berupa nyeri pada bagian yang disuntik, demam ringan, atau pembengkakan. Efek ini hanya berlangsung sekitar 1-2 hari, kemudian menghilang dengan sendirinya. Sementara efek imunisasi polio dapat berupa kejang-kejang, namun kejadian ini jarang terjadi.

Biaya Imunisasi Hepatitis B dan Polio

Biaya imunisasi hepatitis B maupun polio masih bisa dijangkau oleh masyarakat. Terlebih, 2 jenis imunisasi ini merupakan imunisasi wajib yang diprogramkan oleh pemerintah, sehingga harganya saat ini masih disubsidi. Sebagai gambaran, harga imunisasi Hepatitis B dan Polio sebesar Rp50.000/tahun 2011 di salah satu rumah sakit pemerintah di Bandung (tanpa Dokter Spesialis Anak).

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories