Imunisasi Campak pada Bayi dan Anak

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Imunisasi Campak Untuk Mencegah Penyakit CampakMasih banyak orang tua yang lupa memberikan imunisasi campak pertama pada anaknya tepat waktu. Padahal, seperti yang dianjurkan oleh pemerintah maupun organisasi kesehatan, imunisasi wajib  ini harus diberikan pada bayi usia 9 bulan untuk pertama kalinya. Kemudian, pemberian lanjutan kedua atau terakhir akan diberikan pada saat anak berusia usia 5-7 tahun. Pemberian imunisasi campak pertama sebaiknya dilakukan sesuai jadwal imunisasi, mengingat bayi masih rentan terhadap penyakit.

Tujuan Imunisasi Campak

Tujuan diberikannya imunisasi campak adalah untuk mencegah anak tidak tertular penyakit campak atau biasa juga disebut penyakit tampek yang disebabkan oleh virus morbili. Ciri-ciri penyakit campak bisa dilihat antara 7-14 hari setelah terinfeksi seperti gejala flu, yakni: panas/demam, pilek, dan batuk. Tanda-tanda campak selanjutnya diikuti dengan mata menjadi merah dan berair, sehingga silau jika terkena cahaya.

Kemudian, akan muncul bintik-bintik kecil berwarna putih di bagian dalam mulut. Setelah itu, yang paling memperlihatkan bahwa itu penyakit campak adalah munculnya bercak-bercak merah yang biasanya dimulai dari daerah telinga, leher, muka, dada, tangan, dan kaki. Campak dapat menular melalui perantara udara atau percikan ludah yang terhirup lewat hidung atau mulut.

Cara Pemberian Imunisasi Campak

Vaksin campak diberikan dengan cara disuntikkan di bagian lengan atas atau otot paha.

Efek Samping Imunisasi Campak

Setelah dilakukan penyuntikanm, umumnya tidak menimbulkan efek samping seperti demam/panas. Beberapa bayi, mungkin merasakan nyeri akibat penyuntikan di bagian yang disuntik.

Biaya Imunisasi Campak

Karena imunisasi campak adalah imunisasi wajib, maka biaya imunisasi ini masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Harga imunisasi campak di Balai Imunisasi di Bandung sebesar Rp10.000/ tahun 2012. (belum termasuk PPN 10% dan jasa vaksinasi). Tarif yang masih terjangkau ini, tentunya bukan lagi menjadi halangan bagi Anda untuk mengimunisasi anak Anda agar terhindar dari penyakit campak atau tampek, bukan?

Tags: #Bayi Kembar Siam #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan #Kehamilan #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Page #Page #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Imunisasi Campak pada Bayi dan Anak"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.