IMUNISASI DTP, EFEK SAMPING, BIAYA & CARA MENGATASI PANAS | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Imunisasi DTP pada Bayi

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Imunisasi DTP pada BayiImunisasi DTP pada bayi atau balita merupakan salah satu dari 5 imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah. Menurut jadwal imunisasi Kementerian Kesehatan, imunisasi DTP pertama diberikan pada usia 2 bulan. Kemudian imunisasi lanjutan diberikan pada umur 3 bulan, 4 bulan, 18 bulan, 5 tahun, dan 12 tahun. Sehingga, total pemberiannya sebanyak 6 kali. Vaksinasi DTP dapat diberikan bersamaan dengan vaksin polio.

Tujuan Imunisasi DTP

Tujuan atau manfaat imunisasi DTP yaitu untuk mencegah penyakit Difteri, Tetanus, dan Pertusis. Cara pemberian imunisasi DTP ini dilakukan dengan cara disuntik.

Efek Samping Imunisasi DTP

Efek yang ditimbulkan imunisasi DTP umumnya menderita demam atau panas. Akan tetapi hal itu wajar, sehingga Anda tidak perlu cemas atau khawatir. Efek samping lain yang bisa terjadi pada imunisasi DTP adalah pembengkakan atau nyeri pada bagian yang disuntik.

Cara Mengatasi Bayi Panas / Demam Setelah Imunisasi DTP

Jika badan bayi panas/demam (suhu tubuh di atas 37,5°C), biasanya bayi rewel atau menangis terus karena tidak nyaman. Pada saat seperti ini, tidak sedikit para orang tua yang ingin segera memberikan obat penurun/pereda panas. Tetapi sebaiknya, pemberian pereda/penurun panas seperti paracetamol, diambil sebagai jalan terakhir. Sebelumnya, Anda bisa melakukan cara lain untuk menurunkan panas bayi, yaitu:

  1. Memeluk bayi dengan metode skin to skin (kulit sama-sama bersentuhan dengan bertelanjang), agar panas dari anak dapat berpindah ke ibu/ayah.
  2. Tingkatkan pemberian ASI (Air Susu Ibu).
  3. Kompres dengan air hangat. Mungkin Anda masih dibingungkan dengan  kompres air dingin atau panas untuk menurunkan panas, tetapi belakangan banyak dokter yang menganjurkan kompres dengan air hangat bila anak demam sebab bisa bekerja lebih baik ketimbang kompres dingin.

Ketiga cara ini, selain ampuh mengatasi bayi demam setelah imunisasi DTP juga aman karena tanpa obat.

Imunisasi DTP Panas & DTP Dingin

Saat ini ada 2 bentuk imunisasi DTP, yaitu: DTwP (yang mengandung protein pertusis utuh atau lengkap) dan DTaP (yang hanya mengandung sebagian protein pertusis). Perbedaannya, imunisasi DTwP (biasa disebut DTP Panas)  bisa menimbulkan efek samping panas/demam pasca imunisasi, sementara imunisasi DTaP  (biasa disebut DTP Dingin) jarang menimbulkan efek demam/panas pasca imunisasi. Akan tetapi meski demikian, tidak ada jaminan bahwa setelah diimunisasi dengan DTaP atau DTP dingin, bayi bebas dari demam/panas. Sebab, nantinya akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kondisi balita saat diberi vaksin.

Biaya Imunisasi DTP

Biaya DTP Panas dengan biaya DTP Dingin, terpaut cukup jauh. Sebagai gambaran, harga DTP Dingin bisa lebih dari 10x lipat dari harga DTP panas. Pertanyaannya, berapa harga DTP panas? Harga imunisasi DTP – HB combo (biasa atau panas) di sebuah balai imunisasi di Bandung sebesar Rp25.000/tahun 2012. Vaksinasi DTP – HB combo ini merupakan imunisasi kombinasi terhadap 4 jenis penyakit, yaitu: Difteri, Tetanus, Pertusis dan Hepatitis B, yang hanya dilakukan sekali suntik. Biaya vaksinasi tersebut belum termasuk PPN 10% dan jasa vaksinasi.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

3 Comments

  1. wenny susy says:

    apa akibat bayi tdk di imunisasi sejak lahir dan dia tdk diberikan asi apa kah efeknya

    • Catur HP says:

      Bayi sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit mengingat daya tahan tubuhnya belum sempurna. Nah, untuk mencegah bayi dari penyakit yaitu dengan memberikan ASI eksklusif. Selain ASI, pencegahan penyakit juga bisa melalui imunisasi.

  2. azura says:

    Anak saya bru saja sumtik dpt 2. Pd daerah yg dsuntik trjdi pmbengkakn n skrg sudh masuk hri ke 4, berbahaya kh n cara mengobti ny gimna? Makasih..

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Cari Cepat Artikel via Google

    Social Media & Video

    Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
    Kebun Emas 300 x 250
    Belajar Bahasa Inggris Cepat

    Categories