IMUNISASI HiB, BIAYA, MANFAAT, EFEK SAMPING & CARA PEMBERIAN | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Imunisasi HiB pada Bayi dan Balita

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Imunisasi HiB pada BayiImunisasi HiB adalah imunisasi tambahan yang diberikan kepada bayi atau balita sebagai pelengkap imunisasi wajib. Sesuai dengan jadwal imunisasi terbaru dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) imunisasi HiB diberikan sejak bayi berumur 2 bulan dengan jumlah ulangan sebanyak 4 kali. Pertanyaannya, perlukah imunisasi HiB ? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak penjelasan berikut.

Tujuan Imunisasi HiB

Manfaat imunisasi HiB (Haemophilus Influenzae type B) adalah untuk mencegah penyakit meningitis. Meningitis sendiri merupakan infeksi radang otak dan  penutup sumsum tulang belakang yang bisa menyebabkan kerusakan otak kekal serta ketulian. Selain itu, imunisasi ini juga dapat mencegah pneumonia (radang paru-paru), pembengkakan parah di tenggorokan yang bisa menyulitkan bernafas, serta beragam infeksi seperti: darah, sendi, dan tulang. Itulah pentingnya imunisasi HiB.

Cara Pemberian Imunisasi HiB

Vaksinasi HiB dapat diberikan secara terpisah maupun kombinasi dengan vaksin lain. Cara pemberiannya disuntikkan di bagian paha kaki bayi.

Efek Samping Imunisasi HiB

Setelah di imunisasi HiB umumnya bayi tidak mengalami efek samping atau dampak buruk yang berarti. Artinya efek imunisasi HiB yang ditimbulkan cukup ringan. Kalau pun ada nyeri di bagian yang disuntik itu merupakan sesuatu yang wajar.

Biaya Imunisasi HiB

Berhubung imunisasi ini tidak disubsidi oleh pemerintah, maka harganya bisa dibilang cukup mahal jika dibandingkan dengan imunisasi wajib yang memang disubsidi oleh pemerintah. Biaya imunisasi HiB adalah Rp228.000/tahun 2012 di salah satu balai imunisasi di Bandung. Harga imunisasi HiB tersebut belum termasuk PPN 10% dan jasa vaksinasi bayi.

Referensi lain: www.cdc.gov/vaccines

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , Read 140 articles by

18 Comments

  1. eko says:

    kalau umur sudah mengijak 3,5th apa masih bisa imunisasi HIB?

  2. Catur HP says:

    Iya pak karena itu imunisasinya di Biofarma produsen vaksin di Indonesia, jadi harganya jauh lebih murah ketimbang ke dokter ;)

  3. tri3 says:

    anak saya imunisasi HIB di RS di bekasi harganya Rp. 226.800 blm termasuk dokter. Atau mungkin imunisasi HIB nya kombinasi dgn DPT? Kalo itu memang harga sekitar Rp. 400-an ribu.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Cari Cepat Artikel via Google

    Social Media & Video

    Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
    Kebun Emas 300 x 250
    Belajar Bahasa Inggris Cepat

    Categories