BERAPA UMUR BAYI TENGKURAP? KENAPA BAYI BELUM BISA TENGKURAP? | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Kapan Bayi Bisa Tengkurap? Atau Berapa Usia Bayi Tengkurap?

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Bayi TengkurapTengkurap adalah fase perkembangan bayi dasar yang lazim dilalui oleh sebagian besar anak sebelum duduk atau merangkak. Pertanyaannya kapan bayi bisa tengkurap sendiri? Atau usia berapa bayi bisa tengkurap ? Meskipun ada bayi yang sudah mulai tengkurap saat usianya menginjak 2 bulan atau bahkan 1 bulan, tetapi pada umumnya bayi bisa tengkurap sendiri saat berumur 3 – 6 bulan. Itu artinya, fase tengkurap setiap bayi berbeda-beda dan tidak bisa disamakan satu dengan yang lain.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa bayi A dan B waktu tengkurapnya tidak sama, yang salah satunya karena dipengaruhi oleh berat badan bayi itu sendiri. Biasanya bayi yang berat badannya gemuk/montok akan mengalami kesulitan untuk bergerak, sehingga bayi malas tengkurap. Sebaliknya untuk bayi yang berat badannya kecil, justru lebih cepat tengkurap, karena berat badannya ringan.

Jadi, jika anak teman atau tetangga Anda di usia 3 bulan sudah bisa tengkurap sendiri, sementara anak Anda di usia 4 bulan belum bisa tengkurap tak perlu khawatir yang berlebih karena masih ada waktu untuk bayi belajar tengkurap. Namun, apabila di saat bayi Anda berumur 6 bulan lebih, bayi belum juga mau belajar tengkurap sendiri, maka Anda patut waspada. Terlebih bila balita Anda memiliki ciri-ciri seperti berikut ini:

  • Tangan dan kaki bayi tidak aktif bergerak.
  • Tangan belum mampu memegang sesuatu.
  • Kepala dan leher bayi tidak bisa tegak, baik pada saat ditengkurapkan atau digendong dalam posisi berdiri.
  • Bayi belum mau memiring-miringkan tubuhnya sama sekali.
  • Berat badan bayi tidak terlalu gemuk.

Melatih Bayi Tengkurap

Meski ada bayi yang secara mandiri bisa tengkurep sendiri, namun bukan berarti Anda sebagai orang tua tidak perlu melatih bayi untuk tengkurap. Anda tetap dianjurkan untuk melatih bayi tengkurap agarĀ  perkembangan motoriknya bisa terpantau sesuai dengan usianya. Berikut adalah beberapa cara untuk melatih bayi tengkurap:

  • Ketika menyusui sambil tidur, biarkan bayi Anda meraih payudara ibu sendiri.
  • Gunakan mainan yang bersuara di samping bayi untuk memancingnya bergerak ke kanan atau kiri.
  • Bantulah bayi Anda memiringkan badannya, sambil sedikit menyilangkan kakinya, hingga ia mau tengkurap sendiri.
  • Biasakan meletakkan bayi tengkurap meski hanya sebentar, lalu telentangkan kembali badannya sambil diarahkan posisinya dengan benar.
  • Membiasakan bayi tidur tengkurep juga bisa merangsang bayi tengkurap sendiri.
Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories