USIA BAYI TUMBUH GIGI & TANDA TANDA ANAK TUMBUH GIGI | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Kapan Bayi Tumbuh Gigi Pertama? Tanda-Tanda Anak Tumbuh Gigi Apa?

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Bayi Tumbuh GigiBayi tumbuh gigi adalah proses di mana munculnya gigi susu pertama dari dalam gusi. Proses tumbuhnya gigi susu bayi ini sebetulnya sudah dimulai sejak di dalam kandungan. Hanya saja, karena gigi bayi masih berada di dalam gusi, sehingga kita belum bisa melihatnya. Lalu, kapan bayi tumbuh gigi atau lebih tepatnya giginya mulai muncul pertama kalinya? Pada umumnya, usia tumbuh gigi bayi pertama kali antara umur 4 – 7 bulan. Jika sampai usia 12 bulan, anak belum tumbuh gigi satu pun, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter.

Gigi pada bayi yang pertama kali muncul, biasanya didahului 2 gigi bagian tengah bawah selanjutnya diikuti dengan bagian tengah atas.  Secara bertahap, gigi-gigi bayi akan terus bertambah, baik gigi seri, gigi taring, maupun gigi geraham. Pada sekitar usia 3 tahun, jumlah giginya akan menjadi 20 buah, yaitu 10 di rahang atas dan 10 di rahang bawah. Cepat tidaknya pertumbuhan gigi bayi, juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jadi, jika dulu salah satu dari orang tuanya pertumbuhan giginya cepat, maka anak Anda pun juga akan mengikutinya.

Tanda Tanda Tumbuh Gigi pada Bayi

Ciri ciri tumbuh gigi pertama pada bayi bisa kita kenali, di antaranya seperti berikut:

  • Bayi suka menggigit jari tangan atau benda apapun yang dipegangnya
  • Sering mengeluarkan ludah (ngeces)
  • Panas atau demam rendah
  • Bayi rewel, menangis, dan mudah marah
  • Nyeri gusi dan bengkak
  • Sulit tidur dan gelisah tanda tak nyaman

Gejala tumbuh gigi pada setiap bayi berbeda-beda, ada yang tergolong ringan ada pula yang tergolong berat. Dan yang perlu dicatat, bahwa tanda-tanda anak tumbuh gigi tersebut hanya terjadi pada saat pertama kali saja, tidak pada gigi-gigi berikutnya.

Cara Mengatasi Bayi Saat Tumbuh Gigi

Meski ciri ciri tumbuh gigi tersebut wajar dan umum terjadi pada hampir sebagian besar bayi, namun kita harus tetap membantunya agar si kecil lebih nyaman. Caranya:

  • Temani dan ajaklah bayi Anda bermain untuk mengalihkan perhatiannya.
  • Berikan teether agar bayi menggit-gigitnya.
  • Pastikan kebutuhan minum/ASI tercukupi sebagai pengganti air liur yang banyak dikeluarkan. Selain itu, ASI yang banyak juga akan membantu mengurangi demam pada bayi.
  • Jika bayi Anda sudah MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu), berikan buah-buahan segar dan dingin sesuai dengan usianya.
  • Pijat bayi Anda agar tubuhnya merasa nyaman.

Meskipun saat gigi bayi tumbuh terdapat tanda-tanda seperti yang sudah disebutkan di atas, namun pada kenyataannya tak sedikit orang tua yang “tidak sadar” bahwa anaknya sedang tumbuh gigi. Saat rewel atau demam/panas dikiranya bukan karena tumbuh gigi. Maka dari itu, jika umur bayi Anda sudah seharusnya tumbuh gigi dan saat itu sedang rewel atau demam/panas, Anda coba perhatikan gusinya secara seksama. Siapa tahu, saat itu anak Anda sedang tumbuh gigi!

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories