Kebutuhan Dasar Ibu Persalinan

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Kebutuhan Dasar Ibu Persalinan

By zomb_kille @sxc.hu

Melahirkan merupakan momen menegangkan bagi seorang ibu. Ibarat kata, persalinan adalah saatnya bertaruh nyawa. Nah, pada momen ini, seorang wanita memerlukan berbagai kebutuhan dasar yang dapat mendukung kelancaran proses persalinan. Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi oleh keluarga, penolong, dan orang-orang yang mungkin terlibat dalam persalinan tersebut.

Kasih Sayang

Dukungan psikologi terhadap ibu persalinan merupakan kebutuhan dasar yang paling utama. Dukungan ini akan memberikan rasa percaya diri sehingga ibu mampu melewati masa-masa sulit kala I persalinan. Tanpa adanya dukungan dari suami dan keluarga, ibu kemungkinan mengalami stres yang dapat menegangkan otot-otot panggul dan meningkatkan rasa nyeri. Stres ini bisa mengakibatkan hambatan dalam proses persalinan.

Keluarga dapat memberikan dukungan dengan berada di samping ibu, memenuhi kebutuhan ibu, serta memberikan kata-kata motivasi. Kasih sayang suami juga bisa ditunjukkan melalui sentuhan fisik seperti mengusap perut atau mengelap keringat ibu.

Nutrisi

Ibu persalinan juga memerlukan nutrisi yang adekuat. Nutrisi ini diperlukan untuk menahan rasa sakit selama kala I persalinan dan tenaga mengejan saat bayi sudah berada di mulut vagina. Berikan makanan yang mengandung karbohidrat dan mudah dicerna. Ibu tidak harus mengonsumsi makanan berat seperti nasi lengkap dengan lauk-pauknya, namun bisa juga diganti dengan biscuit kering atau camilan yang mengandung gula.

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan ibu karena selama proses persalinan ibu lebih cepat merasa haus. Untuk menambah tenaga, berikan teh manis hangat atau susu hangat. Kandungan gula dalam teh dapat membantu meningkatkan kekuatan ibu persalinan.

Eliminasi

Perhatikan BAB dan BAK ibu selama menjalani proses persalinan. Karena sering minum, biasanya ibu juga sering buang air kecil. Bila pembukaan masih sedikit, temani ibu ke kamar mandi untuk BAK. Namun, bila pembukaan lebih dari 6 dan kepala janin berada di bawah, sebaiknya sediakan pispot untuk BAK.

Anjurkan ibu persalinan untuk tidak menahan BAB! Kotoran yang tertahan di usus bisa mempersempit jalan lahir sehingga kepala janin tak kunjung turun. Menahan BAB juga dapat meningkatkan intensitas rasa nyeri.

Pelayanan Kesehatan yang Profesional

Ibu perlu mendapatkan pelayanan kesehatan yang professional dan bertanggung jawab. Kesabaran petugas dalam menjelaskan setiap fase persalinan dan tindakan yang diberikan akan mengurangi perasaan khawatir di benak ibu. Ibu dan keluarga perlu mengetahui kondisi ibu persalinan, tujuan tindakan medis, dan resikonya sehingga dapat memberikan keputusan yang tepat atas segala tindakan.

Keterampilan petugas dalam setiap tindakan medis juga diperlukan untuk menjamin keselamatan nyawa ibu dan janin. Petugas harus mematuhi prosedur yang ada dan memberikan asuhan sayang ibu yang tidak menyakitkan.

Kebutuhan dasar ibu persalinan tersebut diperlukan untuk menjamin jalannya persalinan yang aman dan meminimalkan rasa sakit. Agar mampu memenuhi kebutuhan ibu selama proses persalinan, hendaknya keuarga mempelajari jalannya persalinan. Disisi lain, petugas kesehatan juga harus mengontrol kondisi ibu sedetail mungkin sehingga dapat memberikan pertolongan yang sesuai.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kebutuhan Ibu Melahirkan #Keperluan Ibu Persalinan #Page

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Kebutuhan Dasar Ibu Persalinan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.