Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama

By blueprint @morguefile.com

Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan sepanjang hidup. Tentunya, sensasi hamil pertama lebih mendebarkan daripada kehamilan selanjutnya. Perempuan yang belum pernah hamil biasanya kurang pengalaman dan pengetahuan seputar kehamilan. Untuk itu, ibu perlu melakukan kewajiban berikut saat merencanakan kehamilan pertama.

Belajar

Belajar merupakan hal pertama yang wajib dilakukan. Dengan mempelajari seputar kehamilan dan persalinan, Anda akan semakin siap menjalani kehamilan. Beli buku-buku tentang parenting dan tanyakan pada orang yang telah berpengalaman. Meski demikian, sebaiknya jangan bertanya pada sembarang orang karena bisa jadi persepsi mereka salah. Agar lebih aman, bertanyalah pada bidan atau dokter kandungan.

Emosi

Menjadi lebih sabar, terbuka, dan ikhlas adalah hal yang penting saat merencanakan kehamilan pertama. Perubahan yang terjadi pada masa kehamilan membuat ibu stres. Selesaikan berbagai permasalahan hidup Anda saat ini. Andalah yang bisa menentukan apakah akan hamil dengan tenang atau hamil dengan masalah. Ingat, stres dapat mengganggu tumbuh kembang janin Anda kelak.

Perbaikan Status Gizi

Terlalu gemuk atau terlampau kurus bukanlah hal yang baik untuk kehamilan pertama. Terlalu gemuk menyebabkan janin besar, beresiko keracunan kehamilan, hipertensi kehamilan, hamil dengan diabetes, bahkan terserang penyakit jantung. Berat badan Anda akan bertambah saat hamil. Oleh karena itu, lakukan diet sehat saat merencanakan kehamilan pertama.

Terlalu kurus juga kurang baik karena cadangan makanan untuk janin sedikit sehingga mengganggu pertumbuhannya. Usahakan untuk memperbaiki status gizi dengan konsumsi makanan sehat. LILA ibu yang ideal saat hamil adalah 23,5 cm. Bila kurang dari itu, ibu akan menderita KEK, anemia dalam kehamilan, dan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Hentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan merokok dan minum alkohol harus dihentikan ketika Anda merencakan kehamilan pertama. Kebiasaan ini dapat menyebabkan keguguran dan cacat janin. Pasalnya, rokok akan menghambat pengangkutan oksigen dan membawa karbondioksida yang bersifat racun. Sedangkan alkohol dapat merusak sistem saraf sehingga organ vital tidak mampu berfungsi sempurna.

Tes Laboratorium

Anda perlu memastikan kesehatan diri dengan tes darah di laboratorium. Dari tes ini akan diketahui apakah Anda mengidap TORCH, sifilis, gonore, HIV, anemia, dan sebagainya yang dapat mengganggu kehamilan dan membahayakan janin bila sampai terjadi kehamilan. Jika sebelum hamil Anda telah tes darah lengkap, diharapkan kehamilan dapat berjalan lebih lancar dan sehat.

Fasilitas Kesehatan

Karena sedang merencanakan kehamilan pertama, maka ibu dianjurkan untuk mencari informasi mengenai fasilitas kesehatan yang baik. Carilah bidan atau dokter yang memberikan banyak konseling kesehatan sehingga pengetahuan Anda bertambah. Mendapatkan perawat yang dipercaya akan membuat Anda lebih terbuka mengenai kehamilan dan segala permasalahannya.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan yang Pertama #Page #Persalinan Bayi #Saat Kehamilan Pertama

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Persiapan Kehamilan Pasca Keguguran
Persiapan Kehamilan Pasca Keguguran
Keguguran bukan berarti seorang wanita tidak dapat

Leave a reply "Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.