Latihan Fisik untuk Persiapan Melahirkan

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Latihan Fisik Untuk Persiapan Melahirkan

By k_vohsen @sxc.hu

Melahirkan merupakan momen bahagia bercampur kecemasan. Detik-detik menjelang keluarnya sang buah hati yang telah dinanti selama 9 bulan menyisakan berbagai rasa di benak para ibu. Terkadang ibu merasa takut, gelisah, bahagia, dan sebagainya. Untuk itu, perlu adanya persiapan yang matang.

Bila sebelumnya kita telah membahas persiapan mental dan perlengkapan selama proses persalinan, kali ini kita akan belajar mengenai latihan fisik untuk persiapan melahirkan. Kesiapan secara fisik sangatlah penting agar ibu dapat melahirkan normal dan lancar. Tanpa adanya latihan fisik, ibu akan mengalami beberapa kendala seperti partus lama, tidak bisa mengejan, lemas, dan kehabisan nafas.

Jalan Cepat

Pada akhir masa kehamilan, ibu akan merasa berat untuk berjalan cepat karena beban di perut yang membesar. Nafas ibu menjadi pendek-pendek dan dangkal sehingga malas untuk beraktivitas yang lain. Padahal, nafas pendek tersebut justru bisa disembuhkan dengan berjalan kaki secara cepat. Rongga paru akan terbuka dan terbiasa mengambil oksigen dalam jumlah banyak.

Usahakan jalan kaki cepat di pagi hari ketika udara belum tercemar. Cara ini dapat menguatkan otot kaki dan mempercepat penurunan kepala janin. Selain itu, jalan cepat juga melancarkan peredaran darah sehingga kesehatan ibu dan janin terjaga. Tidak perlu berjalan lama, cukup luangkan waktu 15-20 menit untuk melakukan rutinitas ini.

Senam Hamil

Senam hamil bertujuan membentuk kekuatan otot panggul yang banyak digunakan saat melahirkan. Melakukan senam hamil secara rutin merupakan persiapan persalinan yang wajib. Bila otot panggul kuat akan lebih mudah mendorong bayi keluar serta terhindar dari kram ekstremitas bawah.

Olah Pernafasan

Persiapan melahirkan secara fisik berikutnya adalah olah pernafasan. Ibu harus tahu mengenai teknik mengatur nafas saat kala I dan meneran. Biasakan diri untuk bernafas seperti saat melahirkan untuk mempermudah persalinan. Olah nafas sangat penting agar ibu dapat meneran dengan benar.

Senam Kegel

Senam ini berfungsi untuk meningkatkan elastisitas otot vagina. Selain dilakukan saat senam hamil, kegel juga dapat dilakukan sewaktu-waktu. Bila otot vagina elastik, maka robekan jalan lahir bisa diminimalkan. Jadi, rajin-rajinlah melakukan senam ini untuk menjaga kecantikan vagina Anda.

Perawatan Payudara

Rawatlah payudara Anda dengan teknik khusus sebagai persiapan melahirkan. Bersihkan puting setiap hari dengan kapas dan baby oil agar saluran ASI tidak tersumbat. Perawatan payudara ini aka mempermudah pengeluaran ASI setelah melahirkan. Ibu juga perlu belajar mengenai teknik menyusui yang benar agar berhasil memberikan ASI esklusif.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Latihan Melahirkan Bayi #Page #Persiapan Melahirkan Bayi #Persiapan Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Latihan Fisik untuk Persiapan Melahirkan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.